JAYA; CERITA; DUNIA, karya

kumpulan CERITA tentang JAYA dan DUNIA yang pernah, sedang dan akan ia jelajahi. [Berusaha] menemukan, mengumpulkan dan berbagi hikmah melalui KARYA

Khasnya Musim Dingin Korea [setidaknya bagi saya]

6 Comments

Subhanallah, Allah memberikan kesempatan kepada saya untuk hidup di negara 4 musim. Allah pun memilihkan tempat yang paling baik bagi saya sebagai sosok manusia tropis. Adalah Korea, sebuah negara 4 musim yang Allah pilihkan untuk saya tempati sejak 1,5 tahun yang lalu. Berbeda dengan Kanada atau negara-negara yang berlokasi dekat dengan kutub utara seperti Rusia, Cina serta daerah sekitarnya, atau pun negara dataran Eropa, musim dingin di korea belum pernah menjadikan air raksa termometer menyentuh garis di angka minus 30 ke bawah. Sedangkan di negara-negara yang saya sebutkan tadi hal itu adalah mungkin dan biasa.

sebuah sore peenghujung musim gugur di tepi danau dankook

sebuah sore peenghujung musim gugur di tepi danau dankook

Musim dingin di Korea bisa dikatakan cukup serius dan panjang jika dibandingkan dengan negara-negara 4 musim tanggung seperti Taiwan maupun Hongkong. Di kedua negara terakhir, salju pun kadang tidak bisa ditemui meski mereka sedang berada di pertengahan musim dingin. Inilah alasan saya menggunakan istilah “negara 4 musim tanggung” untuk pengkategorian kedua negara tersebut.

Berbeda lagi jika dibandingkan dengan Jepang. Musim dingin Korea bisa dikatakan masih lebih panjang dan serius. Ini bisa dilihat dari pergerakan masa mekarnya sakura. Di jepang musim dingin sudah berakhir secara perlahan ketika bulan februari memasuki masa-masa tutup usianya. Suhu minus 20 kebawah bisa dikatakan nyaris tidak pernah singgah di dataran negeri samurai tersebut. ini fakta lain yang menunjukan jika musim dingin di Korea lebih seirus dari musim dingin Jepang.  Sedangkan di Korea bunga khas jepang ini baru bisa dinikmati ketika bulan april mulai memasuki pertengahan masa usia hingga menjelang tutup usia. dengan kata lain, musim dingin di Korea baru berakhir secara penuh di awal bulan april.

Demikianlah, begitu indah skenario Allah dalam memilihkan saya tempat tinggal yang paling baik untuk menikmati negara 4 musim. Allah mengizinkan saya untuk menikmati indahnya musim dingin bersalju tebal dengan masa yang panjang di Korea. Allah menginginkan saya menjadi sosok manusia tropis yang mampu bertahan dalam kondisi dingin namun masih dalam batas kewajaran seorang manusia tropis. Mungkin dengan ini Allah sedang menyiapakan sebuah tempat yang akan lebih dingin bagi saya untuk menuai pengalaman baru suatu masa nanti. Bisa jadi negara-negara yang saya sebutkan di awal tulisan ini tadi adalah negara tujuan petualangan hidup saya selanjutnya [amin]. Ibarat kata, di Korea, Allah mentraining saya sebelum ditempatkan di suatu daerah yang lebih dingin. Namun Allah juga tidak ingin membiarkan saya sekedar merasakan dingin tanpa bisa menikmati salju dan fenomena perubahan sepanjang proses perguliran dari musim satu ke musim yang lain. Sebuah proses pergantian musim yang sangat eksotik dan khas karena tidak dimiliki negara tropis.  hal terakhir mungkin menjadi alasan mengapa Taiwan dan Hongkong  bukan negara yang Allah pilihkan untuk saya dahulu. maka satu saja kesimpulan saya saat ini. Korea merupakan negara pilihan Allah secara langsung untuk saya dengan segala kebaikannya yang juga datang dari Nya.

***

suatu sore di penghujung winter

Tulisan diatas merupakan buah pikir yang terlintas begitu saja dalam benak saya pada sepotong sore penghujung musim dingin 2011 . Terlepas benar dan tidaknya dugaan itu. Saya hanya ingin mengekspresikan kesyukuran saya kepada Allah sang penentu perjalanan hidup seseorang. Sejauh ini saya memahami bentuk syukur itu salah satunya adalah dengan cara memelihara praduga positif kita kepada Rabb pemilik kehidupan. Agar Dia berkenan menjadikan praduga-praduga kita menjadi nyata suatu saat kelak. Saat dimana kita tak pernah tahu kapan dan apa yang akan terjadi meski hanya seperdetik masa depan kita dari saat ini. Sungguh saya sangat bersyukur dengan pilihan Allah untuk saya sampai hari ini. Hari dimana musim semi 2011 akan datang menyapa.

bismillah. akan saya sambut esok pagi dengan praduga-praduga baik lainnya. selamat datang musim semi 2011.

Pertanda musim semi tlah tiba

About these ads

Author: syahjayasyaifullah

seorang anak petani yang punya cita-cita tinggi

6 thoughts on “Khasnya Musim Dingin Korea [setidaknya bagi saya]

  1. subhanallah.. kerennya….

    hanya sebuah pohon saja, banyak momen menarik yang bisa dijepret :D

  2. aku mau banget jalan-jalan ke Korea . . tp skadar jalan-jalan saja, kalo menetap sih nggak dehh . .
    sy paling gak tahan ma dingin . .
    so, jalan-jalannya pas musim panas ajja . .

  3. Waaaah aq pingin banget ke korea.

  4. Ass. wr. wb,
    Nama saya Fitri, dari Perpustakaan Nasional RI. Kita pernah bertemu di Itawon, persisnya di mesjid terbesar di Seoul, skitar september 2011 yang lalu. Kalo anda ingat, kita sempat bercakap2 sebentar, ada beberapa percakapan ttg Al hikmah di jl. Bangka, jaksel.
    Mudah2an anda masih ingat.
    Jazakallah,
    Wass. wr.wb

    • wa’alikum salam wr wb.
      saya ingta dengan jelas. di mana dengan siapa dan apa serta lalu bagimana kita berpisah.
      insyaAllah.
      terima kasih atas silaturahminya mbak fitri.,
      bagaimana kabar indonesia dan perpustakaan kita?.
      wasalammu’alikum wr wb

  5. Tulisaanya bagus sekali.. :)
    ingin rasanya pergi ke Korea. Tapi, Tuhan mungkin belum memberi kesempatan untuk saya pergi kesana. semoga saya bisa pergi ke negara ginseng itu juga -AMIN – :D

    posting yang menarik ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 965 other followers