Aigo Koleksi Penelitian ku diserang bakteri

Setelah ditinggal liburan sehari kemarin koleksi penelitian saya diserang bakteri. Serangan tersebut baru terdeteksi ketika saya melakukan pengamatan pada sebuah cawan petri yang digunakan untuk membiakan bahan penelitian saya. Ringkasnya, saya bernawaitu untuk membiakan bahan penelitian di dalam 3 cawan petri, eh yang didapat malah sesuatu yang tidak dikehendaki kehadirannya. ibarat cerita, Saya niatnya menanam padi, yang didapat malahan sebuah fakta bahwa bibit padi saya adalah rumput liar. ai..ai…macam mana pula ceritanya ini.

Sebenanya saya sudah curiga ketika kultur bahan penlitian yang sudah saya pelihara selama 6 bulan tersebut memiliki waktu kuras media lebih cepat dari hari-hari sebelumnya. Ibarat sebuah akuarium, media cair dimana bahan penelitian saya disimpan lebih cepat keruh. Padahal sebelumnya butuh waktu nyaris satu minggu untuk merubah media cair segar menjadi keruh dan butek. Nah ini, media langsung menjadi keruh setiap 2 hari setelah pengurasan. ck..ck..ck…bisa kawan bayangkan bukan betapa “seteres”nya aku. Masya’allah, ini hasil kerja 6 bulan. Kerja rutinitas untuk merawat bahan penelitian kandas hanya dalam hitungan hari. wah-wah, ini mungkin yang namanya cinta bertepuk sebelah tangan…loh kok?.

***

Kejadian inipun kemarin berbonus. Bonusnya adalah saya mendapat wejangan panjang dari babeh. Babeh yang secara kebetulan sudah nongkron di lab sejak pagi -tumben juga babeh menyempatkan diri yak?- tiba-tiba keluar dari clean room dan berteriak memanggil saya yang sedang asyik masyuk di depan si Dell. Firasat saya sudah menerka hal yang kurang “seru” akan terjadi. Dan benar saja, di clean room saya mendadak merasa berubah menjadi murid lugu yang penuh kebodohan sedunia. Saya merasa memang pantas untuk dipersalahkan ini dan itu. It’s okay, namanya juga calon master, namanya juga belajar sesuatu yang baru. Sepanjang kelas dadakan antara saya dan babeh, saya berusaha menata hati dengan baik. menata pandangan baik pada jendela-jendela baik sangka dan membuang busuk pikir dan perasaan ke keranjang buruk sangka dan menghapusnya dengan formula penghapus tak bersisa paling mujarab sedunia. Alhasil, saya banyak belajar hari ini. Hmmmm gomawoyo kyosunim.

Paska kelas dadakan. Saya langsung mengeksekusi rencana kerja saya terhadap sekumpulan gelas laminar yang berisi bahan penelitian yang bernasib apes tersebut. Sudah pasti apes. Jika setelah uji keberadaan bakteri selesai. Semua gelas yang terdeteksi bersekutu dengan bakteri akan dibunuh dalam sebuah alat suhu tingi (210 derajat) dan tekanan tinggi. kebayangkan penderitaan jenis apa yang akan dihadapi para bekateri dan bahan penelitian ketika dimasukkan kedalam alat tersebut?…subhanallah..semoga manusia yang menjadi pelaksana kegiatan ini bisa mengmbil banyak pelajaran.  ai…ai..seteres juga saya memikirkannya serangan bakteri ini.

Sudahlah apalagi yang mau dikata. Semua tinggal menunggu hasilnya saja. Saya akan menunggu hasil yang memastikan berapa banyak gelas berisi bahan penelitian saya yang terserang bakteri sampai besok hari. Mudah2an dari 18 gelas masih ada yang berstatus bersih dari KKN, eits maksud aye, bersih dari serangan om bakteri yang tidak dikehendaki. Selepasnya saya akan berusaha ikhlas dan introspeksi diri mengapa hal ini bisa terjadi. astaghfirullah…Allah yang telah menetapkan ini semua…

setelah semuanya berkahir, saya kembali ke ruang kerja. Mencurahkan kata-kata yang ber-ruh segar perasaan saya ke om Dell.  Masih seteres saja saya. Semoga Allah gantikan dengan yang baik. Saya habiskan waktu dengan berselancar didunia maya semua waktu yang tersisa hari itu. Setelah perasaan menjadi lebih baik. Saya selesaikan kerja yang tersisa dan sesegara mungkin pulang, berbuka dan menikmati malam bersama toshiba tercinta.

Gomawoyo my Allah. Surely, You know every best thing for me. mashaallah.

note:

1.  Aigo: Oh my Allah

2. Gomawoyo: Terima kasih

3. Kyosunim: Prof, “babeh”

Leave a Reply

