Dan Akhirnya Beliau meninggalkan Kami (I)

“Dari Auf bin Malik ia berkata: Saya telah mendengar Rasulullah SAW – setelah selesai shalat jenazah-bersabda:` Ya Allah ampunilah dosanya, sayangilah dia, maafkanlah dia, sehatkanlah dia, muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah kuburannya, mandikanlah dia dengan air es dan air embun, bersihkanlah dari segala kesalahan sebagaimana kain putih bersih dari kotoran, gantikanlah untuknya tempat tinggal yang lebih baik dari tempat tinggalnya, keluarga yang lebih baik dari keluarganya, pasangan yang lebih baik dari pasangannya dan peliharalah dia dari siksa kubur dan siksa neraka.” (HR Muslim).

Sekitar pukul 6 pagi KST kami sudah bersiap diri. Bang Andrey, Bang Firman dan saya sudah bergerak meninggalkan apartemen. Pada kesempatan ini Mas Udin tidak bisa bergabung karena istri beliau sedang kurang enak badan. Boemgye- Suwon cukup dekat, hanya butuh beberapa menit saja untuk menempuhnya. Bang firman langsung memburu tiket sesaat setelah kami melewati pintu masuk-keluar Suwon yok. Sementara saya dan Bang Andrey takjub karena menemukan logo KTX di tepat penjualan tiket. Untuk sementara saya belum mengetahui fakta terkait ditemukannya logo tersebut. Sepertinya…. informasi kecil seperti ini sangat perlu untuk diketahui terutama saat kita sangat membutuhkannya. Info remeh temeh ini akan sangat menolong dalam bertindak cepat dan tepat  seperti saat di Menjenguk Mas Herlambang. Kami bertolak meninggalkan Suwon sekitar pukul 7.10 dan sampai di Daejon sekitar pukul 8.20 dengan kereta Semaeul.

Cukup mudah menemukan lokasi Eulji University Hospital. Hanya berbekal SMS dari seorang senior saya di Daejon. kami dapat sampai ke Lokasi dengan selamat tanpa agenda tambahan yang bertitel tersesat. Alhamdulillah. lagi-lagi, bang firman berhasil melobi salah satu perawat yang menangani mas Herlambang sehingga kami bisa masuk menemui beliau meski saat itu bukan jam besuk. Kami mendapat  waktu lima menit saja untuk bersua muka dengan mas Herlambang. Mas Herlambang saya jumpai sebagai sosok kurus yang tertidur dengan tenang di sofa ICU. Dada beliau naik turun perlahan memompa udara. Selang-selang bergantung membantu pernapasan dan pemasokan kebutuhan akan nutrisi selama perawatan. Saya hanya bisa berdoa. Khusuk. Saya membayangkan jika saya yang berada pada posisi beliau.  “Siapkah saya jika berada pada kondisi seperti beliau saat ini?”. Ya….Rabb…saya bergetar dan tak bisa berbuat apa-apa. Saya hanya bisa melantunkan doa untuk beliau seraya  memanjatkan ampunan atas diri saya yang hina dan lemah ini. Ya Rabb curahkan berkah mu atas kami semua.

Kami pamit dengan diam kepada mas Herlambang ketika waktu lima menit yang diberikan berlalu. Bang Firman dan Bang Andrey segera pulang menuju Beomgye, sedangkan saya menunggu mas Arif di ruang tunggu rumah sakit. Kami berpisah. Semoga Allah mudahkan urusan kita dan semoga Allah mencatat semua sebagai sebuah amalan. Ya Rabb jadikan kami golongan orang yang mampu memetik hikmah.

***

Saat waktu jenguk tiba (10.30 – 11.00 am KST) saya segera bergabung bersama mas Arif dan Pak Ghufron yang sudah berada di dalam ICU mendampingin Mas Herlambang. Saat saya masuk, tampak mas Arif sedang khusuk membisikan bimbingan syahadat di dekat telinga mas Herlambang. Ya Rabb bimbinglah beliau. Karena saya asyik dengan laptop selama di ruang tunggu tadi, saya terlambat sehingga saya hanya bisa bergabung mendampingi mas Herlambang di ruang ICU tersebut beberapa menit saja. Setelah jam besuk berkahir. Kami segera menuju ruang tunggu di beranda ICU. Saya sempat bertemu dengan Mbak Rita (istri Mas Herlambang). Dari obrolan yang saya lakukan, hanya satu kesan yang bisa saya rasakan: Beliau begitu tabah. Subhanallah. Semoga Allah mekaruniakan  kesabaran sebgai sahabat yang betah menemaninya.

Leave a Reply

