Repoja: Lebaran di Korea

pra-lebaran

1. sampai hari kamis saya masih berada di lab. Masih dikejar-kejar abstrak untuk apply conferensi dan berhasil di kirim dari standing internet service di Line 3 subway: bu terminal express.

2. sebelum berangkat menyempatkan diri untuk menyiram tanaman dan kontrok layar penutup green house terlebih dahulu. Biasanya jikalau ingin meninggalkan Cheonan, sebaiknya green house ditinggal dalam keadaan tertutup total agar tanaman tidak mati kekeringan. Pada musim panas, termasuk dipenghunjung musim panas, suhu ruangan di dalam green house bisa mencapai 40 derajat. Untuk menjaga agar suhu tidak demikian, digunakan layar yang berfungsi sebagai peneduh.

3. akhirnya berhasil meninggalkan kampus pada pukul 5.00 sore. Dengan motor lee berangkat menuju terminal cheonan. dan akhirnya dapat bus dengan keberangkatan puku 5.45 KST. sayang, akhirnya, buka terakhir kali ini hanya bisa dilakukan di atas bus, termasuk sholatnya.

4. Setelah kontak bang Firman gagal. diputuskan akan berangkat ke KBRI langsung. Di KBRI, tidak ada seorangpun mhs yang bisa ditemui. Saat naik ke lantai dua, bersua dengan sigit. Saya belum begitu kenal, jadi ketika bertemu sigit, beliau langsung lewat saja tanpa bertegur sapa. meski saya sudah melemparkan senyum. saat masuk ke ruangan dimana biasanya kami beriftar bersama dengan WNI lain. Sepi. Wus…padahalan perut sudah berkonser dengan ketukan 1/1. wow…woo, alhamdulillah, tiba-tiba muncul bapak staff KBRI dari balik lift dan memboyong saya ke lantai satu dimana tersembunyi banyak harta karun. Subhanallah disana sudah tersedia bakso, dendeng dan aneka feature pendukung lainnya. subhanllah.

5. satu persatu teman2 berdatangan. kita bertakbiran, meskipun aktivitas ini tidak pernah menajdi aktivitas dengan rate yang tinggi. Kebanyakan lebih senang chit chat ini  itu dengan teman yang dijumpai. jadi banyak dan tidaknya teman di KBRI kala itu tidak berpengaruh nyata dengan aktivitas zikir di malam ied fitri. Semakin rindu rasanya dengan suasana leabran di tanah air.

6. menunggu bang firman tak kunjung datang. akhirnya datang juag khabar jikalau beliau tidak datang. beliau kemalaman di Itaewon dan memutuskan untuk segera pulang ke rumah. Duh pupus, harapan saya untuk ikut ke rumah beliau. Pada dasarnya saya hanya ingin numpang nyetrika bekal baj lebaran besok ang belum disetrika. lag-lagi Allah beri jalan yang mudah. Saya bertemu dengan seorang bapak, suami seorang diplomat di KBRI. Alhamdulillah, beliau percaya saya dan mau memberikan izin saya meminjam ruangan setrikaan di rumah beliau. Akhirnya saya tidak jadi ke rumah bang Firman yang cukup jauh. Sangat menolong, terlebih karena Saetgang diguyur hujan deras hari itu.

7. bertemu dengan mas Arief yang bertugas sebagai khatib pada sholat kali ini. Alhamdulillah bisa menemani beliau untuk tidur di salah satu kamar apartemen KBRI.

Hari H….

1. Hujan mengguyur seoul sejak pagi. Memulai hari dengan sholat shubuh berjamaah. menikmati suguhan roti yang menjadi menu sarapan pagi ini. menikmati beberapa butir tamar dan dodol garut yang saya bawa dari cheonan. Alhamdulillah saya tidak mengalami kesulitan mandi pagi, karena kamar kami memiliki kamar mandi di dalamnya. subhanlah.

2. menjalankan tugas kepanitian menjadi pengedar kotak infak di lantai 2. alhamdulillah berjalan dengan baik meski ada sedikt kesalah pahaman dengan teman. saat sholatpun saya mendapatkan tempat dilantai 2. meski berdesakan dan sujud kurang sepuran karena kecilnya ruang sujud. Alhamdulillah, sholat berjalan lancar. menikmati suguhan khotbah mas arif yang menggugah.

3. ngantri makan. Karena ngatri bersama teman2 indonesia, jadi nuansa antrinya ya indonesia style. hmmmm, tak apalah mumpung lebaran. akhirnya bisa juga memperoleh makanan khas indonesia. Mudah2an makananya terjamin halal dan toyib. bermaaf2pun terjadi sepanjang hari di KBRI.

4. Setelah makan berkemas dan janjian dengan teman untuk berangkat ke itaewon guna menjalankan sholat jumat. Saya memilih mendirikan sholat jumat karena say pikir saya ada waktu dan saya butuh sholat ini. Jadi meskipun ada mazhab yang berpendapat bahwa boleh meninggalkan sholat jumat ketika hari raya jatuh pada hari jumat, saya memilih yang menganjurkan untuk tetap melakukannya.

5. Bertemu pak irfan yang akan menjadi iman dan khatib di masjid Guro (slah satu masjid warga indonesia di Korea). kamipun akhirnya berangkat bersama untuk melakukan sholat jumat. tak kurang dari 30 menit kami sudah sampai stasiun Guro. Senangnya bisa berlebaran bersama teman-teman pekerja

6. saya dan pak irfan berpisah. saya memilih tinggal di Guro. Alhamdulillah,  malamnya bersama saudara-saudara di Guro kami bersilaturahmi ke Rumah mas Olin. Seorang warga negara indonesia yang bekerja di KBRI sebagai asisten plus sopir atase pertahanan. Subhanllah..beliau sekeluarga menjamu kami makanan khas lebaran: KETUPAT. subhanllah….

7. mabit di Masjid Guro….saya habiskan malam bersama keluarga di Indonesia melalui skype. Bersyukur saya atas adanya koneksi internet yang bagus di masjid Guro. Bersyukur rasannya atas pilihan saya memilih untuk tinggal di masjid guro.

8. Pulang menuju rumah di Cheonan. berangkat pagi-pagi saat hujan rintik2 menuju cheonan. Alhamdulillah saya mendapatkan kereta secara langsung. kereta dengan jam keberangkatan 5.45. Sampai di Cheonan, terkoneksi dengan teman2 beberapa saat melalui skype untuk sebuah janji.

9. Menuju Daejon. Saya berangkat ke daejon untuk menghadiri halal bi halal di masjid Daejon : Masjid An- Noor. Masjid ini juga merupakan masjid milik warga indonesia di Korea. Alhamdulillah, masjid ini merupakan masjid yang sudah mendapatakn pengakuan pemerintah lokal Daejon. Masjid penuh sesak. Semua undangan hadir. setelah ceramah, saya memilih pulang bersama pak rak rahayu sebagai pembicara saat itu. saya diajak beliau langsung menuju Boemgye.

10. Menuju Boemgye dan silaturahmi kecil. Alhamdulillah waktu tempuh 1.5 jam menuju boemgye. disambut hidangan lontong dan kue lebaran. Menjelang maghrib, kami isi dengan diskusi riangan seputar kehidupan dan agam islam. subhanllah….sebuah sdiskusi yang menarik

hari saya ditutup dengan perjalan pulang dari Boemgye menuju cheonan. Subhanallah, indahnya lebaran hari ini…..

Leave a Reply

