Tip dan Trik Belajar (Bahasa Inggris) repost.

ada sebuah pertanyaan yang sering diajukan kepada secara berulang sejak kuliah dulu….Wa aha. Tunggu dulu, ini pertanyaan retoris dari sang penanya yang kebetulan berada di depan saya?. Atau memang ditujukan untuk saya. Masalahnya adalah: pertanyaan ini seperti salah sasaran. I’m not an expert of this field. Ya kok sepertinya saya merasa tidak pantas untuk menjawab pertanyaan tersebut. Tapi baiklah, jika ditanya bukannya harus menjawab ya?. setidaknya menjawab dengan jawaban “tidak tahu, saya bukan ahli. tanyakan kepada yang ahlinya saja”.

Kita gunakan konsep berbaik sangka. Pertanyaan ini kita anggap sebagai sebuah opsi topik pembicaraan dalam sebuah latihan diskusi amatiran. Jadi ukuran jawabnya menjadi jelas: jawabannya juga akan berkualitas seadanya🙂. uraian jawabannya bisa benar dan lebih mungkin  juga salah. Bahkan kemungkinan salahnya  bisa lebih besar. (Walah menyesatkan donk). apa sih?. Kok tulisan ini dibuka dengan sesuatu yang tidak jelas arahnya. emang apasih pertanyaan yang dikira pertanyaan retoris tersebut?.

Begini kurang lebih pertanyaannya:

“Mas, gimana sih belajar bahasa inggris (otodidak)?”.

hoi..hoi…benarkan, makin tidak pede saya menjawab pertanyaan tersebut setelah pertanyaanya tendesius itu dituliskan. namun demikian karena sudah kudung kepalang banyak pertanyaan itu ditujukan kepada saya (meski sepertinya tetap salah sasaran). Saya akan coba menjawab. Karena saya masih belum pede, ya saya mohon maaf  jika nanti ada hal yang dirasa kurang tepat. mari kita berlajar bersama….

***

Mari kita coba mulai untuk berdiskusi beneran: menurut saya, semua dimulai dari 1) sebuah komitmen. Bukankah komitmen yang bernas akan dipenuhi oleh butiran rigid pemahaman?. Pemahaman kita atas sebuah pertanyaan retoris untuk diri kita dengan bahasa inggris sebagi objek pertanyaan tersebut: mengapa saya harus berkomitmen untuk bisa berbahasa inggris?. Maka seakan menjadi sebuah hyperlink yang telah dikonstruksi, pertanyaan ini akan terhubungkan langsung dengan list beberapa poin seputar mengapa saya ingin dan harus bisa berbicara bahasa inggris. Dan yang terpenting adalah link lanjutan dari ini semua: “dengan segala cerita senang dan sedih di dalam proses pembelajaran yang akan saya temui”. Maka bersiaplah untuk berjibaku dengan komitmen yang telah kau tabur untuk tumbuh dan kemudian mekar menjadi buah yang diharapkan. Setelah itu, 2) mari kita bangun wadah uji, aplikasikan dan dewasakan komitmen kita. mulailah dari wadah uji yang sederhana. Ajak temanmu yang juga memiliki komitmen bernas yang sama. wadah uji?. Iya. Wadah dimana kita akan menggulir proses yang sudah pasti akan menguji komitmen kita. Apalah artinya sebuah konsep dan sarana belajar spektakuler jika subjek pelakunya tidak memiliki komitmen yang cukup bernas. Maka dewasakanlah komitmen kita. Mari kita memulai dari wilayah yang paling nyaman untuk kita. Wilayah nyaman yang saya maksud adalah suatu wilayah yang terkontrol secara baik dari variable yang menungkinkan komitmen kita langsung mati muda.

“Saya malu kak untuk memulai. Gak pede gitu dengan bahasa inggris saya”. Paradigma ini acap kali menjadi hama bagi komitmen kita. Maka untuk komitmen yang masih rentan, mari kita mulai dari kondisi dimana kita akan merasa pede dan baik saja, jika terjadi kesalahan yang tidak kita inginkan. Mulailah dari komunitas yang kita percaya akannya. Misal belajar secara praktis bersama teman2 yang punya komitmen sama dengan kita. Kita buat konsensus yang sangat memihak dan mengamankan ketakutan kita. Misal: berkomitmenlah secara bersama untuk tidak saling melecehkan dan mentertawakan kalau selama proses belajar terdapat kesalahan yang “menjatuhkan harkat dan martabat kita” (segitunya). Atau konsensus-konsensus lainnya. setelah kita rasakan bahwa komitmen kita sudah cukup dewasa, mari kita ajak komitmen kita ke medan yang sedikit lebih berat. Misalnya kita sudah sedikit terbiasa dengan kendali percaya diri, kita ajak teman kita untuk melakukan diskusi-diskusi dengan bahasa inggris di waktu, tempat dan kondisi yang sedikit lebih terbuka secara umum, tidak seperti semula yang hanya menjadi “rahasia” diantar kalian berdua saja. Setelah itu, 3) janganlah pernah bosan untuk berevalusai dan berimprovisasi. iya tepat sekali. kita evaluasi sejauh mana perkembangan kita di setiap waktu berkala yang disepakati. Ada baiknya kita juga memperkaya skill kita dengan kembali membaca ulang materi secara komprehensif. Proses pengkayaan ini bisa bernilai tambah ketika kita langsung praktik melalui proses re-teach dengan partner dan juga melalui praktik bercas-cis-cus ria. Berimprovisasilah terhadap pilihan cara yang ingin kita gunakan. Ayolah you are the king in your ownway buka?. kita bebas memilih, menysusun bahkan kemudian memodifikasi semua jenis metode belajar bersama yang telah pernah ada. Maka setelah kita menyadari cara yang kita gunakan paling nyaman, akan ada sebuah keyakinan bahwa kita siap untuk lebih mahir berinteraksi dengan bahasa inggris. dan terakhir yang ingin saya berikan ialah 4) Nikmati proses dan hasilnya. Sebuah proses, seperti yang saya utarakan sebelumnya akan penuh kejutan. Jadi bersiap siagalah untuk itu. Logikanya sangat sederhana, banyak bukan wahana yang sedang trend akhir-akhir ini berkaitan dengan pemacuan adrenalin kita. Misalnya wahana yang hanya menjual “ketakutan dan keterkejutan kita”, Kita sebagai “wahaner” akan sangat menikmati kondisi yang secara normal sangat menyebalkan itu, bahkan kita mau mengorek kocek hanya untuk dikerjai agar “taku dan terkejut”. Tapi dalam konteks wahana ini, kita sudah siap dengan nawaitu untuk menikmati bukan?. demikian pula dengan proses belajar apapun dengan metode otodidak ataupun tidak, kita akan menemukan banyak sekali rintangan yang akan menguji kesabaran kita dalam berazzam. Nah, jika kita sudah paham dan meproyeksikan ini jauh sebelum itu terjadi, maka kemudian apapun yang terjadi kita akan siap bahkan bisa sampai tahap mampu menikmati ujian tersebut. Bahkan tanpa sadar kita bisa saja masuk ke wilayah unforgattable momment.

Menjadi jelas bukan?. Ketika kita yakin sebuah komitmen akan diuji dalam perjalanan sebuah proses yang akan banyak sekali cobaannya, maka syarat agar semuanya menjadi mudah ialah: nawaitu kita untuk menikmati, sederhana sekali. Ok selamat belajar bersama ya….

See you in somewhere as one of indonesian who can speak english well….

Okay, You shouldnot wait for long time, if you can enjoy everything which could bring you to your dream…

note: dengan berkembang pesatnya internet, bahan ajarpun bisa diperoleh dengabn mudah dalam bentuk yang sangat2 variatif….

sugohaseyo……:)

2 thoughts on “Tip dan Trik Belajar (Bahasa Inggris) repost.

  1. Chanchan says:

    Wah manteb bgt tuh pnjelasan.a
    tapi saya jg mw bgi” ilmu nh bwt mpermdah jg mnambah kleksi kosa kata d otak qt
    yaitu dgn cr maen game adveture
    dlm hal ini sy mmlih PS dan game.a resident evil (atau game sejenis.a jg bs) tp dlm vrsi b.Ing y
    krn d dlm gem it qt slalu d sru untk mmcahkan mslh entah untk bk pntu tow nyari knci byr bs msk ksuatu tmp,nah bys.a qt d bri pnjelasan/klu brupa tlsan untk mmcah kn mslh it,,dstu deh qt bka kmus dan arti.n satu/satu kata dmi kta,,dan bys.a sbagian dr kta” trsbut d ulg kmbli d klu brkt.a jd tsrah tmn” mw nbak kta it aty ap trz bk kamuz bnr pa g,tow laen.a,,bgt strus.a smpe gem.a tamat yaa
    itu smua pngalaman pribadi sya,,
    smpe skrg sy msh maen gem advent untk nmbhin kleksi kosa kta d otak sya…
    Mngkin kl d itg” ud serubu lbh kosa kata yg sy sdh inget
    jd sok lah bwt aa’ n teteh yg mw nyba
    tq,,

    1. syahjayasyaifullah says:

      terima kasih sudah mampir, di rumah maya saya. benar juga demikian. intinya, adalah baik media belajar yang kita bisa menikmati prosesnya. tapi jangan jadi addict loh pada proses main gamenya, sehingga tujuan intinya berubah menjadi main game bukan belajar bahasa lagi……:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s