Semarak Fasilitas bersepada umum di Seoul

Saat mempublikasi sebuah tulisan yang mengulas aktivitas bersepeda orang korea, saya menjadi teringat dengan seorang teman yang gemar bersepeda di Indonesia. Suatu ketika beliau pernah mengeluh betapa termarginalkannya orang-orang bersepeda di indonesia. Selain menjadi pengguna jalan yang terkucil bersama pejalan kaki, bersepeda di Indoesia harus siap dengan banyak resiko. Resiko menghirup udara yang kotor dan sesekali siap menahan emosi karena diserobot sana sini oleh pengguna jalan Indonesia yang makin meraja (baca pengendara sepeda motor).

Maka tak kala saya berkunjung ke sebuah pasar murah musiman disebuah kota bernama Boemgye dan bertemu sebuah sepeda lipat yang proposional bagi saya (baik secara harga maupun desain…banyak yang jauth cinta loh dengan sepeda ini..he..he..). Saya akhirnya memutuskan untuk membeli Kirin (panggilan sayang bagi sepeda saya). Alhamdulillah, saya telah menjadi salah satu orang yang beraktivitas dengan sepeda di Korea, minimal di kampus dan sekitarnya.

The Kirin- my loved bicylce

Nasib yang berbeda berlaku bagi pengendara sepeda di Korea. Mereka sungguh beruntung. Pemerintah korea sepetinya memiliki komitmen yang sungguh-sungguh dalam gerakan pembudayaan bersepeda ini. Mereka mendukung program tersebut dengan kerja total  yang tercerminkan dalam banyak kebijakan publik. Contoh sederhana dapat kita temukan pada berbagai fasilitas publik yang seakan memang dirancang juga untuk pengendara sepeda. Jalur khusus sepeda diseantero jalan raya korea bukan menjadi pemandangan yang langkah lagi. Pembangunan dan kontruksinyapun bukan sebatas ala kadarnya. Fasilitas khusus bagi pendara sepeda di angkutan umum seperti bus way pun secara paripurna ada dan bisa digunakan dengan angka keluhan yang rendah. serta banyak fasiltas pendukung lainya, termasuk fasilitas sewa sepeda yang makin memberikan kemudahan bagi siapa saja yang tetap ingin bersepeda meski berada jauh dari lokasi domisilinya. jadi sepertinya aktivitas bersepeda di korea tidak lagi berada pada tataran kampanye bike to work tapi sudah menjadi aktivitas bike to act the life…..waw asyik kan?. berikut saya berikan sedikit oleh2, seperti apa sih rental sepeda tersebut. berikut hasil jepretan sebuah titik mangkal sepeda sewaan yang berlokasi berdekatan dengan KBRI, Seoul.

jangan lupa baca "perjanjiannya", ada versi bahasa inggris juga loh🙂
layanan otomatis pembelian tiket dan voucher isi ulang
masih: beli tiket
ini dia si baik-e yang sedang mangkal....ngelihatnya saja sudah menggiurkan🙂
ini dia jalur yang akan dilewati....ups itu bukan berarti jalurnya diekspansi oleh mobil bak. Kebetulan saat saya mengambil gambar ada sebuah perbaikan suatu hal yang tidak saya ketahui.🙂

demikian….selamat bersepeda…..:)

2 thoughts on “Semarak Fasilitas bersepada umum di Seoul

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s