Profile transportasi masal masa depan Jakarta: MRT-Jakarta. Ketika Seoul Bisa, Jakartapun mesti demikian

alhamdulillah, meski baru sekedar konsep yang sedikit demi sedikit sudah mulai dieksekusi, usaha memperbaiki kondisi transportasi publik di Jakarta mulai terlihat. klo dilihat-lihat, konsepnya tak jauh berbeda dengan Metro Seoul juga, atau memang semua jenis transportasi sub way seluruh dunia sama kali ya. hmmm…dari namanya saja sama: sub way, atau dalam bahas indonesianya diterjemahkan menjadi kereta bawah tanah.

terlepas dari itu semua, semoga pihak-pihak yang diamanahi tugas ini dan sedang aktif terlibat di dalamnya berjiwa amanah dan jujur, sehingga projek ini berkah agar membawa manfaat sesuai tujuan diatas kertas. saya dukung dengan doa untuk sementara ini๐Ÿ™‚. jadi semakin antusian untuk menulis seputar sub way Korea nih๐Ÿ™‚.

berikut sekilas fitur MRT Jakarta (Metro Rapid Train Jakarta) yang saya peroleh dari situs resminya. Mudah2an dengan melihat langsung, harap dan doa kita akan terucap untuk kebaikan pelaksanaanya. Selamat membangun Indonesia, optimis, inshaAllah kita bisa.

Jaringan MRT Jakarta

Mass Rapid Transit Jakarta (MRT Jakarta) yang berbasis relย  rencananya akan membentang kurang lebih ยฑ110.3 km , yang terdiri dari Koridor Selatan โ€“ Utara (Koridor Lebak Bulus – Kampung Bandan) sepanjang kurang lebih ยฑ23,3 km dan Koridor Timur โ€“ Baratย  sepanjang kurang lebih ยฑ87 km.

  • Pembangunan Koridor Selatan-Utara dari Lebak Bulus โ€“ Kampung Bandan dilakukan dalam 2 tahap:
    • Tahap I yang akan dibangun terlebih dahulu menghubungkan Lebak Bulus sampai dengan Bundaran HI sepanjang 15.2 km dengan 13 stasiun (7 stasiun layang dan 6 stasiun bawah tanah) ditargetkan mulai beroperasi pada akhir 2016.
    • Tahap II akan melanjutkan jalur Selatan-Utara dari Bundaran HI ke Kampung Bandan (8.1 Km) yang akan mulai dibangun sebelum tahap I beroperasi dan ditargetkan beroperasi paling lambat 2020
  • Koridor Barat-Timur saat ini sedang dalam tahap pra-studi kelayakan . Koridor ini ditargetkan paling lambat beroperasi pada 2027.

JARINGAN MRT JAKARTA

Peta Jaringan MRT JAKRTA-mudah2an tidak hanya baik di atas kerta namun juga baik di lapangan, amin

Jaringan MRT-Jakarta dan sekitarnya

Peta Jaringan MRT-Jakrta dan sekitarnya

Fitur proyek MRT-Jakarta

Koridor Selatan โ€“ Utara

Total Panjang Lintasan: 23.3 Km

Koridor Timur – Barat

Panjang Lintasan: 87 Km

Tahap I

Lebak Bulus โ€“Bundaran HI

Tahap II

Bundaran HI โ€“ Kampung Bandan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DALAM

PRA- STUDI KELAYAKAN

Panjang Lintasan

15.2 Km (9.2 Km layang,

6 Km bawah tanah)

8.1ย  Km

Station

13 (7 layang,

6 bawah tanah)

+8 stasiun bawah tanah dari Bundaran HI โ€“ Kampung Bandan

Waktu Tempuh

30 menit

22.5 menit (Lebak Bulus โ€“ Kampung Bandan: 52.5 menit)

Jarak Antar Stasiun

0.8 โ€“ 2.2 km

0.8 โ€“ 2.2 km

Headway

5 menit (2016)

5ย  menit (2018)

Target Penumpang/hari

412.000 (2020/tahun ketiga operasi)

Dengan Traffic Demand Management (TDM) dan Transit Oriented Development (TOD)

630.000 (2037)

Dengan Traffic Demand Management (TDM) dan Transit Oriented Development (TOD)

Target Operasi

November 2016

2018

2024-2027

Rancangan stasiun bawah tanah

Rancangan stasiun bawah tanah: mudah-mudahan tidak hanya baik di atas kertas namun juga baik di lapangan, amin
Rancangan stasiun bawah tanah: mudah-mudahan tidak hanya baik di atas kertas namun juga baik di lapangan, amin

Rancangan Statsiun di permukaan

 

Rancangan  stasiun permukaan tanah: mudah-mudahan tidak hanya baik di atas kertas namun juga baik di lapangan, amin
Rancangan stasiun permukaan tanah: mudah-mudahan tidak hanya baik di atas kertas namun juga baik di lapangan, amin

sumber: http://jakartamrt.com/index.php/bahasa/Project-Feature.html

 

Koridor Selatan โ€“ Utara

Total Panjang Lintasan: 23.3 Km

Koridor Timur – Barat

Panjang Lintasan: 87 Km

Tahap I

Lebak Bulus โ€“Bundaran HI

Tahap II

Bundaran HI โ€“ Kampung Bandan

DALAM

PRA- STUDI KELAYAKAN

Panjang Lintasan

15.2 Km (9.2 Km layang,

6 Km bawah tanah)

8.1ย  Km

Station

13 (7 layang,

6 bawah tanah)

+8 stasiun bawah tanah dari Bundaran HI โ€“ Kampung Bandan

Waktu Tempuh

30 menit

22.5 menit (Lebak Bulus โ€“ Kampung Bandan: 52.5 menit)

Jarak Antar Stasiun

0.8 โ€“ 2.2 km

0.8 โ€“ 2.2 km

Headway

5 menit (2016)

5ย  menit (2018)

Target Penumpang/hari

412.000 (2020/tahun ketiga operasi)

Dengan Traffic Demand Management (TDM) dan Transit Oriented Development (TOD)

630.000 (2037)

Dengan Traffic Demand Management (TDM) dan Transit Oriented Development (TOD)

Target Operasi

November 2016

2018

2024-2027

3 thoughts on “Profile transportasi masal masa depan Jakarta: MRT-Jakarta. Ketika Seoul Bisa, Jakartapun mesti demikian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s