Antara kereta jurusan Depok-Stasiun Kota dan Cheonan-Seoul

Sebuah kalimat pendek tiba-tiba muncul di dalam chat box saya. Pengirimnya sedang berada di  koridor tunggu kereta api di stasiun Tebet sana, Indonesia. Tebet adalah sebuah kota kecil yang dilewati lintasan kereta api (KA) jurusan Bogor-Stasiun kota (berada di jakarta pusat). Mungkin KA ini merupakan satu-satunya jalur paling sibuk di Jakarta dan sekitarnya. Ya, bisa juga mungkin kita sebut sebagai jalur masa depan, Metro Seoulnya, Indonesia, amin.

Kalimat tersebut berbunyi:

“Abang, adek sekarang berada di Tebet sedang menunggu bus”

saya, menunggu kalimat lanjutannya. beberapa saat kemudian belum ada juga yang kalimat lain menyusul masuk. saya perhatikan casio yang sudah menunjukkan pukul 18.34 WIB.

“tumben, on the way ke rumah kan?” 

 “Biasanya turun di kalibata bukan?” tanya saya beruntun memastikan

“Iya nih. Tadi kereta ekonominya tidak berhenti di kalibata. malah sedikit melambat  sesaat setelah melewati Kalibata. Mungkin pak masinisnya ngantuk kali, jadi kelewatan. Dan mau berhenti juga sudah tanggung. Ya gitu deh….:). Bahaya juga klo tadi dipaksa turun tuh. Padahal mencari bus menuju rumah dari Tebet cukup susah, mana jam segini akan macet banget. Sabar deh”

“Iya sabar. Hati-hati ya”

***

Saya baru saja pulang dari Seoul. Kebetulan saya hari ini juga memilih menggunakan kereta api Seoul-Cheonan. Mendengar curhatnya istri dari indonesia yang realtime tersebut, saya jadi senyum-senyum sendiri. Hal yang baru saja istri saya laporkan tadi, mungkin tidak pernah terjadi di jalur metro seoul. Bukan maksud takabur juga sih, jadi wajar saja jikalau di korea, kasus kecelakaan kereta relatif rendah dibandingkan di jakarta kali ya🙂. Walah, komparasi dua kondisi transportasi dari dua ibu kota negara yang sama-sama masih di Asia ini menohok saya. Ya mudah2an suatu saat keadaan transportasi masal di negara saya bisa menajadi lebih baik suatu saat nanti.

berarti jangan membandingkan hal-hal demikian dulu kali ya🙂

pengan cerita detil keadaan metro Soeul atau yang dikenal sub way ini suatu saat. mudah2an punya waktu🙂. Hidup metro Jakarta🙂

Leave a Reply

