Melirik Konsep promosi pariwisata korea: Dari Tour hingga Sparkling Korea

beberapa tahun yang lalu korea belum begitu dikenal secara luas di dunia sebagaimana banyaknya nama sematan untuk korea pada saat ini. Sebut saja Korea dengan sebutan negeri gingseng. Mungkin ini nama paling umum dan tua untuk korea, padahal gingseng sendiri dahulu merupakan komoditi paling terkenal dari cina (setidaknya dalam kenangan masa kecil saya🙂. saya ingat sekali klo gingseng ini sering disebut-sebut dalam film kungfu china yang sepertinya tidak bisa dipisahkan juga dengan nama manchuria). Namun jauh setelah masa-masa itu, saya malah mengenal gingseng sebagai sematan nama identik bagi korea. Hal tersebut kemudian manjadi semakin populer ketika gingseng korea dan cina dinilai memiliki keuningan yang membedakan keduanya. Maka jadilah korea sebagi salah satu negara yang memiliki hak untuk disebut sebagai negeri gingseng.

kali ini saya tidak bermaksud ingin membahas julukkan bagi korea yang sudah makin banyak dari hari ke hari tersebut, termasuk di dalamnya negara drama dan operasi plastik🙂. Saya ingin melirik sejenak saja (iya, benar-benar sekejap saja) beberapa video promosi pariwisata korea. Mungkin pada tahun 2006, korea belum seternar  ini di sektor pariwisata. pada masa itu slogan pariwisata korea adalah “tour korea”. Konsep promosinya unik dan mudah di cerna. mari kita lihat konsep promosi pariwisata yang mengunakan alur cerita seperti film kartun berserial ini

video promosi tersebut bersambung dalam beberapa episode layaknya film animasi. makin kesana sudah pasti makin seru ceritanya. demikian yang diharapkan pembuat iklan sepertinya, menginginkan orang menganggap berkunjung ke korea pasti akan penuh pengalaman yang seru.

lalu pada tahun selanjutnya, slogan promosi korea berupa “Sprakling Korea”.  promosi kali ini ditekankan pada kekhasan korea secara vulgar, saya berasumsi dari sinilah kemudian muncul begitu banyak nama  sandangan bagi korea, salah satunya negeri kimchi. berikut contoh video promosi pariwisata sparkling korea yang di tujukan bagi pasar jepang dan eropa. lihatlah konsep video promosi untuk jepang. Pihak pembuat merepresentasikan korea sebagai wanita. Sudah pasti wanita identik dengan keindahan yang selalu mudah untuk diingat, membuat orang ingin terus kembali menemui (lagi-lagi ini spekulasi saya)

dan ini untuk pasar eropa dan USA

atau video ini, yang membawa pesan bahwa 4 musim di korea itu punya kekhasan yang berbeda dibandingkan dengan negara 4 musim lainnya.

cukup sukses saya kira misi dari promosi video ini. memang akan muncul kesan yang kuat akan keindahan 4 musim dikorea setalah menonton video ini. padaha saya sendiri belum merasakan hal luar biasa itu meski sudah hidup selam satu tahun di korea🙂. terlepas dari itu , saya sudah menjadikan musim semi di korea menjadi musim yang paling saya sukai🙂.

terakhir adalah  “Visit Korea” menjadi  slogan pariwisata korea untuk tahun 2010 ke atas. Korea sudah benar2 siap menjadi kota tujuan wisata dunia. Maka pada masa ini, korea mempromosikan pariwisatanya layaknya sebuah event yang patut didatangi maka dri itu mereka sekarng menyebarkan promosi berupa undangan perjalan, seakan mereka ingin semua warga dunia menjadi tamu mereka.

demikian konsep promosi pariwisata korea yang saya pahami, sekali lagi ini tulisan bebas. tulisan yang saya tulisan 100% menurut pendapat saya. Saya tidak menjamin absahan imiah pendapat ini. Namun, saya berharap suatu saat negara saya bisa menjadi salah satu negara yang maju, namun tidak tercabut dari akar karakternya sebagai bangsa timur yang religius.

mungkin ini video terakhir dalam tulisan ini. namun menjadi video favorit saya

welcome home at diverse beauty🙂

Leave a Reply

