a glance of WSK (World Student in Korea)[WSK, sebuah perkenalan singkat]

beberapa bulan yang lalu saya mendapatkan info seputar program WSK dari seorang teman yang kebetulan menjadi peserta angkatan ke-3.  Saya langsung tertarik dengan program ini sejak pertama kali dikenalkan. Oleh sebab itu ketika pendaftaran angkatan ke-4 dibuka, saya langsung mendaftarkan diri untuk bergabung. Alhamdulillah saya menjadi salah satu dari 52 peserta yang lolos terpilih. Menurut informasi yang saya peroleh pada acara peresmian anggota angkatan 4 WSK, sekaligus pemberian hadiah bagi peserta angkatan 3 yang mendapatkan penghargaan dari kategori yang diperlombakan. Jumlah peserta yang mendaftarkan diri kali ini cukup banyak, ratusan. Sekali lagi, saya bersyukur sekali menjadi salah satu peserta yang dipercaya untuk berkompetisi di WSK kali ini.

WSK atau WORLD STUDENT in KOREA adalah program yang diperuntuhkan bagi mahasiswa asing yang sedang belajar di korea. Program kompetisi ini menjadikan aktivitas blog di dunia maya sebagai kegiatan utama yang diperlombakan. Bagi pihak korea sebagai penyelenggara, WSK adalah salah satu strategi untuk menjadikan korea lebih menggelobal atau mendunia. Kegiatan ini nanti akan dievaluasi disetiap akhir angkatan. Setiap angkatan berusia kurang lebih 6 bulan, jadi dalam satu tahun akan ada 2 angkatan. Selain aktivitas ngeblog seputar kehidupan pesertanya di korea, WSK juga memberikan fasilitas yang sangat menggiurkan. Iya, sebuah aktivitas “wah” bagi para mahluk bernama mahasiswa ini. Selama 6 bulan tersebut WSK sudah mengemas programmeanrik seperti  jalan-jalan keliling Korea secara GRATIS. Tak hanya gratis kawan, menurut khabar burung yang ditiup angin🙂, meski bertitel GRATIS, semua fasilitas kegiatan ini cenderung dekat dengan standar pelancong berdarah biru alias  “serba kelas satu”. Mungkin di Korea, makna gratis tidaklah berkonotasi  “ala kadarnya saja”. Nah lo, klo sudah demikian siapa sih yang tidak pengen?🙂. kapan lagi bisa mengeksplorasi negeri kebon gingseng dengan suasana nyaman di hati dan kantong🙂.

Disamping 2 hal yang saya sebutkan di atas, bagi saya ada poin lain yang menarik minat saya yang tak kalah berartinya. Poin tersebut adalah interaksi sosial berlevel internasionalnya. Karena WSK diperuntuhkan bagi mahasiswa asing yang sedang berada di korea otomatis pesertanya berasal dari berbagai negara dunia. Sejak kecil, ketika sahabat pena sangat populer kala itu di indonesia. Saya suka sekali berkorespondensi dengan teman-teman baru di seluruh indonesia. banyak hal yang bisa diperoleh ketika kita membangun dan menjaga hubungan baik dengan siap saja. Terlebih jika mereka adalah para mahasiswa dengan latar belakang yang sangat beragam. Dalam pandangan saya, WSK bisa menjadi ajang interaksi level internasional yang sangat baik. Di dalamnya bisa mulai dibangun jejaring yang tidak saja akan bemanfaat selama WSK itu belangsung, namun juga untuk jangka panjang. setidaknya, melalui interaksi ini kita akan bisa lebih saling menghargai dan belajar untuk membangun komunikasi sosial yang jujur. Saya sangat bahagia jika suatu saat bisa membangun hubungan interaksi yang baik untuk menghasilkan hal-hal yang beguna baik bagi diri saya dan orang lain nantinya. Wah, serius sekali ya pembahasan. di dalamnya bepeluang tejadi tukar menukar ide, saling berdiskusi, dan juga bermain untuk membangun keakrban. siap tahu nanti, masing-masing negara peserta, dikemudian hari akan dipimpin oleh seorang presiden yang merupakan alumni WSK. subhanllah.

oh iya,  berikut sedikit daftar kegiatan yang akan dilakukan selama satu periode:

1. orientasi. biasanya diselenggarakan di museum nasional korea (http://www.museum.go.kr/main/index/index002.jsp). Kegiatan berupa pekenalan singakt seputa WSK. Penyerahan anugrah pagi peserta angkatan sebelumnya. Plus tour keliling museum. oh iya, bagi peserta diluar Seoul, transportasi ditanggung panitia loh..he..he..he..

2. camp batch. perjalanan 2 hari satu malam menuju tempat2 eksotik korea. Menurut khabar dai panitia untuk angkatan kali ini camp akan diselenggarakan di 3 kota yaitu: Asan, Namyangm dan Jeonju.Dari tempatnya sih terlihat akan sanagt menarik. Mudah2an saya bisa ikut bergabung deh. amin.

berikut ada sedikit video dari angkatan 3:

terima kasih untuk mas febi atas videonya. selamat juga ya atas terpilih menjadi best blogger🙂

3. dan banyak acara jalan-jalan, seminar, dan pelatihan menarik lainnya. plus suvenir2 asyiknya.

oh iya, WSK ini di gerakkan oleh sebuah lembaga bernama Presidential Council om National Branding (http://www.koreabrand.net/en/show/show_event_list.do) yang didukung penuh oleh seluruh raksasa bisnis korea. nah jadi tahukan mengapa uangnya banyak🙂

demikian itu dulu a glance of WSK kita kali ini.

sampai jumpa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s