Trip for Cheonan immigration office

Sebagai warga negara asing (kayaknya keren sekali menyandang sematan frase ini. Kesannya gimana gitu..halah lebay :)) yang tinggal di negara asing pula (dah deh mulai punyeng pilihan katanya). Selain perlu mengetahui kedutaan negara sendiri, kita juga akan sering berurusan dengan perwakilan negara yang kita tempati. Dalam hal administrasi kependudukan kita akan banyak berurusan dengan kantor yang satu ini: kantor imigrasi.

Dari namanya, bukan berarti mensifati kantor yang suka berpindah-pindah atau berimigrasi🙂. Kantor inilah yang wajib kita kunjungi manakala ingin mengurus surat-surat ataupun dokumen lain terkait urusan kependudukan di negara asing tempat kita menetap.

Dahulu kala -jiah, seperti mendongeng :P-, dari info yang diberikan “generasi pendahulu”, kota Cheonan masih menumpang urusan keimigrasiannya dengan kota tetangga bernama Daejon. Namun baru-baru ini saya mendapat khabar bahwa kota Cheonan sudah memiliki kantor imigrasi sendiri. Setidaknya ini menjadi lebih baik, meskipun Cheonan-Daeojon cukup dekat, tapi sudah pasti akan lebih baik jika Cheonan memiliki kantor imigrasi sendiri.

Beberapa bulan yang lalu, tepatnya 3 bulan yang lalu, alien card (KTP negara asing (Korea) untuk warga planet asing, eh salah, negara asing (Indonesia)) saya hilang. demi keamanan pribadi dan tertib administrasi kependudukan, saya harus membuat ulang alien card tersebut. Kebetulan karena kampus saya memberikan fasilitas layanan pembuatan ulang alien card, maka saya percayakan kepada mereka untuk membuatnya. Saya hanya menerima jadi dengan membeli semacam materai sebagai biaya pembuatan (lihat: https://syahjayasyaifullah.wordpress.com/2010/09/15/ketika-alien-card-hilang/) sebesar 10.000 won. alhasil saat itu saya belum berjodoh untuk bertamu ke kantor imigrasi🙂.

Namun kali ini, ada satu dan lain hal yang memaksa saya untuk berkunjung ke kantor imigrasi Cheonan secara langsung. Saya mendapatkan kepastian lokasi kantor tersebut dari seorang senior yang kebetulan sudah pernah berkunjung ke sana. Dengan demikian mudah2an infonya valid🙂. Dari informasi yang saya peroleh, lokasi kantor yang menjadi target “kunjungan kenegaraan” saya kali ini berdekatan dengan stasiun KTX Cheonan-Ansan.

Berikut saya akan berbagi cerita bagaimana menuju ke kantor imigrasi berdasarkan pengalamn pribadi. Ahay…aseli..pengalaman pribadi nan berkesan karena saya nyaris menjadi patung es di kota Asan saat mulai tersesat sementara suasana pagi itu mulai mendingin😦.

Ada dua cara mencapai lokasi tersebut dari City Hall kota Cheonan (depan pusat perbelanjaan Ya Woo Ri).

Ya Woo Ri pusat perbelanjaan

Cara pertama adalah dengan menggunakan  bus. Sepengetahun saya bus 20 berwarna hijau menuju stasiun Cheonan-Ansan secara langsung. Cara kedua adalah dengan menggunakan sub way dan berhenti di stasiun Asan. Untuk cara kedua, kita harus menggunakan bus yang melewati Stasiun Cheonan terlebih dahulu dan berhenti di sana. Diantara bus yang melewati stasiun Cheonan adalah bus 11, 14, 400, 700, 701, 200 dan banyak lagi. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan sub way dari stasiun Cheonan menuju stasiun Asan. Jarak kedua stasiun cukup dekat, mungkin tidak lebih dari 15 menit saja di perjalanan. Sebagai catatan, seperti yang saya sebutkan tadi, semua perjalanan di mulai dari halte bus tepat di depan gedung utama Ya Woo Ri tanpa perlu menyebrang yang akan menyebabkan arah bus yang dituju akan berbeda. waspadalah🙂.

Stasiun Cheonan (천난 역) di malam hari

Setelah sampai di Stasiun Asan dan Cheonan-Asan (Dua stasiun ini memang berbeda, namun berlokasi secara berdampingan)

Pilihlah pintu keluar yang berada disebelah kiri (berdasarkan pengalaman saya untuk sementara waktu. Saya berfirasat kok keluar dari pintu sebelah kanan juga bisa dan lebih dekat dengan kantor imigrasi ya ?.he..he..tapi tunggu dulu, untuk edisi ini akan saya tulis persis seperti pengalaman pribadi saya yang masih belum lekang dari ingatan ini :)). Saat sudah keluar dari pintu secara sempurna, berjalanlah terus tanpa berbelok menyusuri koridor stasiun KTX Cheonan Ansan.

Koridor itu....

Saat menemui pintu masuk stasiun Cheonan-Ansan yang berlokasi tepat di bawah sebuah jalan layang yang membentuk terowongan, menyebranglah dan bergerak menuju sebuah taman yang berada di sudut kanan posisi anda sekarang.

Taman yang dimaksud. Setelah taman ini akan ada jalan utama yang menjadi patokan kita selanjutnya.

Setelah melewati taman secara menyeluruh anda akan bertemu jalan besar. Susuri troktoarnya dengan berbelok ke kanan dan lanjutkan perjalanan dengan terus berjalan lurus dengan 3 kali penyebrangan di sisi kanan jalan yang sama. ingat lurus saja dan tetap menyusuri sisi jalan yang sama.

Setelah melewati jalan layang besar anda akan menemukan penyebebrangan kecil menuju sebuah gedung perbelanjaan bernama Shin shegae (sekarang sedang dikontruksi). lanjutkan perjalanan kembali, tetap dsisi dan garis jalan yang sama, dan menyebrang jalan kecil kembali yang akan menghantarkan anda bertemu Ymall atau YojinMall (juga sedang dalam tahap pembangunan).

Susuri troktoar Ymall hingga area Ymall berakakhir.

신 세계 (Shin Shegae) Departement Store
Ymart compleks

Ujung kompleks Ymall ditandai dengan sebuah penyebrangan kecil. Tak jauh dari penyebrang tersebut anda siap-siap untuk meneriakkan aba-aba hadap “kiri grak” dan seberangi jalan besar yang sekarang tepat berada di depan anda. tepat di seberang jalan besar tersebut akan anda jumpai sebuah gedung dengan lantai satu berwaran cokelat. Ciri lain dari gedung ini adalah terdapat IBK bank di lantai dasar. Kebetulan sekali bank ini memampang secara terang dan jelas papan namanya.

Sip. disanalah kantor imigrasi kota Cheoan bersemayam, tepatnya di lantai 4. masuklah dengan membaca bismillah, agar urusan keimigrasian anda yang rada ribet (sekali lagi karena kendala bahasa) dapat diselesaikan dengan baik dan mengundang senyum.

This slideshow requires JavaScript.

alhamdulillah dengan ditemukannya kantor target kita kali ini. Saya nyatakan bahwa tulisan ini berakhir dengan hasil gemilang🙂. Semoga bermanfaat. salam semangat hari jumat nan indah.

2 thoughts on “Trip for Cheonan immigration office

    1. syahjayasyaifullah says:

      annyong…
      saya tidak mengerti maksudnya mas/mbak. kebetulan klo membuat alien card bukan wewenang saya…pastinya ya🙂. silahkan coba datang ke kanotr imigrasi dan bawa dokumen seperti passport dan foto, saya kira gampang.
      ada pertanyaan lain?.maaf saya tidak mengerti maksud komennya mas/mbak. bisa di perjelas?.

      terima ksih kunjungannya

Leave a Reply

