Gagwonsa Buddhist temple at Cheonan City

Ini adalah sesi jalan-jalan pertama saya bersama prof dan anggota lab. Selepas acara olah raga bersama departemen (atau tepatnya fakultas ya?), prof mengajak saya untuk berkunjung ke lokasi ini.  Sebuah Kuil budha yang berlokasi di bukit Taejosan. Kunjungan ini berlangsung kira-kira dibulan Oktober awal.

salah satu aktivitas ivitas biksu penunggu
tempat ibadah beratap hanok
atap hanok

seperti asal kebudayaannya, bangsa korea dengan budhanya juga percaya akan ramalan. Pengunjung tempat ibadah ini yang didominiasi dengan tujuan jalan-jalan juga menggandrungi ramalan melalui aktivitas klinik yang syarat dengan sebuah kepercayaan yang seirama dengan kepercayaan keberuntungan bangsa cina. Berikut salah satu bentuk aktivitas kepercayaan yang mereka lakukan yaitu menulis harapan-harapan dalam batu hitam yang kemudian di

susun dan disimpan disuatu tempat.

sebuah harapan yang dipercayai terkabul (?)
admnistrasi batu harapan

dan inilah landmark tempat tersebut, sebuah patung budha raksasa duduk yang terbuat dari perunggu. Hmmmm…sejauh ini saya melihatnya hanya sebatas objek wisata. Orang korea mengunjungi patung yang menunggu sambil duduk sebagai objek wisata saja, tak lebih.

Patung budha duduk terbuat dari perunggu: tinggi 15 m, diameter 30m dan berat 60 ton

saya melihat satu lagi hal yang mereka sering lakukan. membakar sebuah lilin hias yang ditempatkan dalam sebuah kotak secara beramai-ramai. Hmmmmm…saya kurang tahu ini dari mana kebiasaan ini bersumber, bisa jadi lokal di korea. atau bisa juga bentuk lain dari membakar dufa.

lilin-lilin dibakar

Demikianlah sesi jalan2 pertama saya bersama prof. hingga hari ini sesi kedua jalan2 kami belum pernah terjadi kambali. Sempat diakhir tahun kemarin kami akan berkunjung ke jeju namun batal dengan alasan pesawat yang akan kami tumpangi tiketnya terjual habis. hm…..semoga rencana jalan2 kami senin besok tidak tertunda lagi (tanggal 7 Februari). bismillah

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s