Halal Food Guide For Muslims Living in Korea

Makanan merupakan hal yang paling penting bagi kita. Makanan akan mempengaruhi warna keseharian hidup kita. Islam sangat memperhatikan masalah ini. jangan sampai deh, makanan haram menjadi sumber darh daging kita nantinya. bisa-bisa seumur hidup amalan ibadah kita bisa tertolak. mari kita berikhtiar semaksimal mungkin untuk urusan ini.

Hidup di negara minortitas muslim, seperti korea, kita harus lebih hati-hati dalam mengkonsumsi sesuatu.

berikut ini saya postkan list makan yang dihalalkan Korean Muslim Fondation

Alhamdulillah adadokumen lain yang bisa kita jadikan panduan untuk memilih makan halal.

Halal Food Guide for Muslims Living in Korea

semoga bermanfaat.

selain itu, masak sendiri jauh akan lebih menguntungkan bagi kita, hemat dari segi pengeluaran dan full dari segi kepuasan.

demikian, semoga bermanfaat

sumber: Halal Food Guide for Muslims Living in Korea

9 thoughts on “Halal Food Guide For Muslims Living in Korea

  1. Amna Shifia says:

    Assalamu’alaikum…

    Bapak saya mau tanya yg snack 오! 감자 itu,bukannya haram ya? soalnya saya cek di bungkusnya, ada tulisan 돼지고기. mohon penjelasanya. apakah menurut KMF, 돼지고기 disini maksdnya sdh didistilasi ato mungkin ada alasan yang lain. terima kasih

    1. syahjayasyaifullah says:

      wa’alikum salam wr wb
      nah jika urusan demikian ada kajian panjangnya. namun ada bisa sigkat saja. ada beberapa sudut pandang: 1. ada fenomena unik di Korea jikalau produsen suka sekali mengubah-ubah ingredient produknya, namun secara bersamaan memang mereka melakukannya dengan jujur, artinya perubahan itu selalu di informasikan. terkait dengan pertanyaan nanda (pantaskah saya panggil demkian. jangan2 kita seusia lagi. oh tauanya saya di panggil bapak) amnashifia, maka bisa jadi anda membaca tulisan 돼지고기 itu sesudah atau sebelum revisi, silahkan cek kembali. 2. bisa jadi tulisan 돼지고기 muncul bukan sebagai kata tunggal yang menunjukkan kandungan, melainkan kata dalam kalimat yang berarti sebagai bahan. contoh kasusnya ada di tuna (tidak hanya tuna kaleng tapi juga bisa saus tomat. kebanyakan dari produk ottogi demikian) dari ottogi, di keterangan ingridient tertulis 돼지고기 yang bukan menunjukkan arti bahwa tuna itu mengandung babi, tapi lebih kepada keterangan bahwa tuna diproduksi dengan menggunakan alat yang sama dengan produk mengandung 돼지고기. bagi saya, untuk urusan yang ke2, sudah pasti saya hindari. meski tidak mengadung tapi saya termasuk orang yang masih belum mau deh berurusan dengan namanya kata dalam basa korea satu ini:돼지고기. Toh…masih banyak pilihan produk yang lain kan. ok. demikian semoga bermanfaat….Salam semangat full sabar dan syukur, tentunya semangat untuk menghindari diri dari aktivitas mengkonsumsi 돼지고기 atau 고기 baik sengaja maupun tidak…..waulahu’alam. wasalammu’alikum wr wb.

  2. henny says:

    Terima kasih banyak. Blog ini membantu saya yang sedang kesusahan mencari makanan halal di Korea, terutama di Cheonan dan Seoul.

      1. henny says:

        Di Cheonan kabar baik sekali.
        Cuaca sedang baik. 2 hari berturut-turut hujan sejak pagi hingga malam. Sudah mulai hangat karena sebentar lagi spring. =)

      2. Henny says:

        Masih kuliah kok hehe. Saya baru 2 minggu disini, jadi tidak bisa membandingkan. Mungkin di daerah Sinbudong bisa dibilang “kota”. Sedangkan sisi lain masih penuh dengan ladang pertanian dan jalan tol.

      3. syahjayasyaifullah says:

        Kuliah dimana?. Anseong?. Banyak mulim Indonesia di sana. Anseong tidak begitu jauh dari Cheonan, sekali naik bus saja.
        semoga sukses dan tetap merasakan nikmatnya berislam.
        salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s