Jadwal subway metro seoul cepat (급헁)jurusan Yongsan (용산)-Cheonan(천난)

stasiun yongsan

setelah menemani seorang teman berkeliling mall di Yongsan untuk keperluan menservis laptop, saya memutuskan untuk pulang lebih awal setelah mendapat info jikalau waktu yang dibutuhkan untuk mengisntall ulang widow vista toshibanya kurang lebih dua jam. Saya pamit dan kami berpisah.

Sebagai informasi bagi sobat, tepat di pintu keluar stasiun Yongsang terdapat sebuah pusat elektronik yang mirip ITC mangga dua-Indonesia. Dari informasi teman2 yang lebih dahulu tinggal di Korea, jika ingin mencari barang elektronik maka Yongsan bisa menjadi salah satu pilihannya. Ini kunjungan pertama saya. Sekilas sih mirip juga dengan pusat eletronik yang saya sebutkan tadi. mungkin perbedaannya terletak pada design bangunan pusat eletroniknya yang dibangun menyatu dengan stasiun subway secara langsung. Jadi ketika keluar pintu subway, kita sudah berada di gerabang utama mall. untuk perbedaan harga?, dari survey kecil-kecilan saya, sepertinya kebenaran hipotesa awal saya bahwa harga laptop tidak berbeda nyata dengan harga di indonesia semakin mendekati kebenaran. wah…gak asyik nih di korea untuk urusan laptop. eits…tapi kabarnya klo urusan per-Ip**-an, bisa jauh lebih murah tuh…fuh..mudah2an bisa beli suatu saat, sih apel tergigit…amin

salah satu sudut di dalam pusat elektronik yongsan bagian penjualan laptop

Kebetulan yongsan berada di line satu, jadi untuk pulang menuju cheonan saya tidak perlu repot2 transfer. setelah menindai kartu T-money (deposit tiket subway), saya langsung mencari penunjuk arah menuju platform (koridor tunggu) jurusan cheonan. ups…saya sudh berada di jalur 3 untuk jurusan cheonan. Di atas koridornyapun tertulis jelas Cheonan yang diikuti tanda anak panah warna biru yang semakin meyakinkan saya jikalau saya tidak salah posisi. Tapi……Setelah menanti cukup lama, subway yang ditunggu tidak kunjung tiba. saya mulai tidak sabar. mana dingin banget lagi…br..br..br.., saya berusaha mencari info lebih detail, dan akhirnya bertemulah sebuah papan pengumuman yang berisi info berikut:

jadwal kereta express subway metro seoul

woalah, ternyata saya menunggu di koridor untuk kereta cepat.

warna merah menunjukkan jurusan cheonan.

bertambahlah sedikit ilmu saya seputar per-subway-an….

memang selama ini saya mengetahui jikalau metro seoul menuju cheonan terdiri dari 2 tipe. tipe normal yang berhenti diseluruh stasiun sepanjang line 1, dan tipe express yang hanay berhenti di stasiun tertentu saja. secara prisip sih, ekspress lebih saya pilih karena akan lebih cepat dengan bayaran yang sama. hmmm…setelah larak lirik lebih serius..eh…akhirnya saya menemukan sebuah penunjuk arah lain yang meninformasikan jikalau jurusan menuju cheonan bisa pula ditunggu di koridor 5. hmmm…saya yakin ini adalah koridor tunggu untuk subway tipe normal. ya sudahlah, saya melirik waktu di samsung saya sudah menunjukkan pukul 17.20 yang bearati sebentar lagi kereta espres jurusan cheonan akan segera tiba…..

akhirnya…..

sampai tulisan ini dibuat saya penasaran sekali mengapa jumalah kereta menuju cheonan sedikit sekali dibandingkan jurusan incheon yang melimpah ruah….hmmmm bikin iri saja.

2 thoughts on “Jadwal subway metro seoul cepat (급헁)jurusan Yongsan (용산)-Cheonan(천난)

  1. Nandra says:

    Annyeong haseyo..

    aku nandra, mungkin tahun depan aku pergi ke korea, boleh nanya ga ??

    Kalo misalnya dari line 1 terus mo pindah line 2 kan transfer tu,,ntar bayar lagi ga yaa subwaynya ??

    Tq ^ ^

    1. syahjayasyaifullah says:

      Boleh…..dengan senang hati…
      sistem subway di korea telah mengadopsi sistem eletronic ticketing yang canggih. ada dua tipe tiket semacam voucer isi ulang (direcomendasikan bagi orang yang akan tinggal lama di korea) dan single journey. kedua tiket itu memiliki sistem kalkulasi total perjalanan jadi transfer tidak dihitung sebagai perjalanan baru sehingga tidak dikenai tambahan biaya. nandra bisa juga coba-coba berkunjung ke link web saya yang bernama soul metro map, disana nandra bisa coba-coba perjalanan dengan subway seoul secara virtual. salah satu info yang bisa diperoleh dala perjalanan virtual ini adalah estimasi biaya dan waktu tempuh…..gampang…

      terima kasih sudah mampir di rumah maya saya…..

      wasalammu’alikum wr wb

Leave a Reply

