Arti penting Nasehat dalam agama islam. [ditulis oleh bk dan bj untuk disampaikan pada ta’lim DAEJON]

Setiap manusia di dunia pasti bersalah., sebagaimana sabda nabi SAW

“Kullu bani adam al khotoun”.

Tidak ada manusia yang terbebas dari kesalahan kecuali sang al maksum, Nabi Muahammad SAW. Sehingga dalam islam secara umum dan kehidupan seorang muslim secar khusus, nasihat dan menasihati (tausiah) menjadi suatu perkara yang sangat penting.

Banyak sekali ayat-ayat Allah swt yang menyeruh agar kita saling bertausiah. Diantaranya terdapat dalam surat yang sungguh popular bagi kita: surat al ashar ayat 2-3 yang bermakna

“2. Sungguh, manusia berada dalam kerugian

3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebaikan serta saling nasehat dan menasehati untuk mentaati kebenaran, dan saling menasehati untuk menetapi kesabaran”

di dalam tafsir ibn kasir diterangkan terkait makna dari dua ayat di atas. Allah telah bersumpah dengan sebuah perkara yang teramat penting bagi kehidupan manusia yaitu waktu. Allah menjamin jikalau manusia dalam keadaan rugi dan binasa. Namun kemudian Allah memberikan pengecualian dari golongan manusia mana saja yang tidak mengalami kerugian dan kebinasaan yaitu orang yang beriman dengan hati mereka dan mengerjakan amal shalih melalui anggota tubuh mereka.

Selain itu, terkait dengan judul tausiah kali ini, ada syarat lain ketika manusia itu dikeluarkan dari golong orang yang rugi dan binasa, yaitu bagi mereka yang mewujudkan semua bentuk ketaatan dan meninggalkan semua yang diharamkan. Dan mereka bersabar atas segala macam cobaan, takdir, serta gangguan yang dilancarkan kepada orang-orang yang menegakkan amar ma’ruf nahi mungkar.

Surat adz dzariyat ayat 55 yang berbunyi

﴿وَذَكِّرْ فَإِنَّ الذِّكْرَى تَنفَعُ الْمُؤْمِنِينَ ﴾


“tetap berilah peringatan, karena peringatan itu BERMANFAAT BAGI ORANG-ORANG BERIMAN”

Allah tetap menyuruh kita saling mengingatkan, sekalipun yang diberi peringatan sudah tahu tentang hal itu. Jika demikian bagaimana dengan orang yang belum tahu atau terlihat belum tahu?. Sudah pasti akan lebih dianjurkan lagi. karena, tabiat manusia itu sering lupa. makanya harus sering2 diingatkan. Di masa kemajuan teknologi informasi saat ini aktivitas tausiah ini dapat dilakukan makin mudah misalnya dapat melalui sms, email, telepon, dsb.

banyak juga hadits Nabi saw yang menyuruh kita supaya saling bertausiah

misalnya sebuah hadis dari Abi Amer atau Abi Amrah Abdullah, ia berkata, Nabi saw. bersabda,

“Agama itu adalah nasehat.” Kami bertanya, “Untuk siapa, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Untuk Allah, untuk Kitab-Nya, untuk Rasul-Nya, untuk para pemimpin umat Islam dan orang-orang biasa.” (HR. Muslim). Dari hadist ini bisa mengetahui jikalau agama itu nasihat. Artinya, inti dari agama adalah nasihat. Nasihat, untuk siapapun dia. baik pejabat tinggi atau rakyat jelata. Untuk mahasiswa ataupun pekerja, untuk pegawai ataupun pengusaha. Untuk semuanya.

Hadits lain tentang pentingnya nasihat, bahwa, salah satu kewajiban seorang muslim atas muslim lainnya adalah saling memberkan nasihat “Hak seorang muslim pada muslim lainnya ada enam: jika berjumpa hendaklah memberi salam; jika mengundang dalam sebuah acara, maka

datangilah undangannya; bila dimintai nasehat, maka nasehatilah ia; jika memuji Allah dalam bersin, maka doakanlah; jika sakit, jenguklah ia; dan jika meninggal dunia, maka iringilah ke kuburnya.” (HR. Muslim). Setiap muslim berhak untuk MEMINTA NASIHAT kepada muslim lainnya, karenanya hendaklah jangan menolak, bilamana kita diminta untuk memberikan tausiah!!!!. Pihak yang diimintai tausiah berkewajiban untuk memberikan tausiah, jika saudaranya meminta

kesimpulan dari tulisan ini adalah: Saling bertausiah itu sangat penting dalam Islam. Oleh karena itu tulisan ini mengajak sobat semua termasuk penulis untuk

1. membudayakan budaya saling tausiah, agar kita tidak termasuk orang yang merugi

2. biasakanlah saling tausiah, sekalipun kita tahu orang itu sudah tau tentang hal tersebut karena mungkin saja dia sedang lupa

3. jangan ragu untuk meminta tausiah kepada sesame muslim dan bagi yang dimintai tausiah harus memenuhi permintaan saudaranya yang sedang butuh tausiah *karena itu hukumnya wajib baginya.

sumber tulisan:

1. Alquran nul karim terjemahan indonesia

2. tafsir ibu katsir bahasa inggris

8 thoughts on “Arti penting Nasehat dalam agama islam. [ditulis oleh bk dan bj untuk disampaikan pada ta’lim DAEJON]

  1. Abdul Haris says:

    Assallamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

    SubhaanALLAH..Ilmu yng sangat Manfaat,Mohon sangat Ijin tuk menyebarkan Ilmu tuk pembinaan Akhlak dan kepada saudara2 kita yg memebutuhkannya…Syukron.
    Salam Silaturahmi dan Ukhuwah Fillah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s