How to reach An-Noor (Indonesian’s Mosque (MASJID) at Daejon City)/ Menuju Masjid An-Noor

Bagimana menemukan Mushollah An noor Daejon dari koridor kedatangan stasiun Kereta api jenis mugunghwa dan Saemaul?

Pada kesempatan ini, saya mengunjungi  Daejon dari arah Cheonan. Seoul dan Cheonan berada di arah yang sama jika ingin menuju Daejon. Hanya saja, waktu tempuh dari Seoul akan lebih lama dibandingkan dari Cheonan yang hanya membutuhkan waktu 45 menit dengan mugunghwa (lihat cerita terkait disini).

Dalam tulisan ini saya menggunakan Kereta api Mugunghwa, yang selanjutnya saya sebut dengan nama mungunghwa saja.

Mugunghwa akan berhenti di Koridor 5 dari arah Cheonan. Dari Pemberhentian ini sobat harus sedikit berjalan guna menemukan eskalator (tangga jalan) menuju lantai dua di mana jalan menuju pintu keluar berada.

Kooridor 5. Tampak Mugunghwa yang sedang berhenti menurunkan penumpang. Sebuah eskalator menuju lantai dua.

Setelah sampai dilantai dua, sobat harus emilih jalan kanan yang berbelok 360 derajat dari arah eskalator tadi. Perhatikan papan tanda bewarna kuning. Disana akan telihat tanda 1 dan 2. Ikuti arah pintu keluar nomor Dua.

Ketika sampai di lantai dua setelah menaiki eskalor, temukan papan kuning ini. Papan dapat dilihat bilamana sobat berbelok kanan dengan putaran 360 derajat .

Di lantai dua, sobat tidak akan menemukan pintu keluar yang menjadi tujuan kita. Sobat hanya melintasi lantai dua di mana tempat penjualan karcis berada.

loket pembelian tiket idi lantai dua. Saat berjalan lurus menuju papan kuning selanjutnya, loket akan berada di sebelah kanan sobat. Lewati saja.

Lintasi tempat penjualan tiket yang akan berada di sebelah kanan sobat. Terus berjalan lurus menjauhi loket dan berusaha lah untuk menemukan kembali papan tanda berwarna kuning. Kali ini papan kuning ini tergantung diatas sebuah tangga menurun.

Diujung tangga akan sobat temukan pintu keluar. Keluarlah dari pintu nomor 1. Dari arah dalam bisa jadi sobat akan menemukan tulisan “Enterance 1”. Keluarlah dari pintu tersebut yang akan menghantarkan sobat secara langsung dimulut tangga menurun menuju stasiun bawah tanah stasiun daejon. Ketika sudah memasuki stasiun Daejon berarti sobat sudah relatif dekat dengan lokasi masjid.

terlihat pintu menuju ruangan bawah tanah. Sobat akan menuruni sebuah eskalator. Perhatikan langkah dan bersiaplah untuk berbelok kiri.

Perhatikan dengan seksama. Dari tangga berjalan yang menurun ini sobat harus berbelok kiri. Amati kembali papan tanda berwarna kuning yang memuat tanda panah ke arah kanan dan mulailah fokus dengan pintu keluar nomor 2.

Tujuan kita nomor 2.

Selepas belok kanan, tak berapa lama sobat haru berbelok kiri kembali yang segera diikuti dengan berbelok kanan kembali menuju sebuah lorong bawah tanah. Lorong ini berbeda dengan lorong dengan definisi umum. Sepanjang lorong ini sobat akan menemukan deretan took-toko yang menjual berbagai macam produk mulai dari oleh-oleh khas korea sampai produk serba 10.000. Susuri saja komplek perbelanjaan bawah tanah yang bernama 역천 (Yoek-Joen) ini hingga toko terakhir.

역천 underground shopping center.

Setelah sobat menemukan ujung dari kompleks perbelanjaan  bawah tanah ini.  Sobat akan menemukan dua buah pintu keluar. Pilihlah pintu keluar paling kanan setelah sobat menghadap kiri di penghabisan lorong ini. kurang lebih dapat diperlihatkan dengan jelas melalui gambar berikut ini:

Pilih pintu keluar yang sama dengan bapak yang berada dalam gambar.

dan sobat akan bergerak ke luar menatap “dunia” daejon seungguhnya. jika cermat dari tanjakkan ini, sobat sudah mulai bisa melihat plang nama musollah An-Noor.

 
masih samar...karena baru melek dari bawah tanah...berjalan terus sembari sedikit mendongakkan kepala ke atas

 

Dan inilah tujuan dari perjalanan kita kali ini, Mushollah An-Noor tercinta. Siapkan diri untuk melangkah dengan kaki kana dahulu, luruskan niat dan sholat dua rakaat untuk memuliakannya.

dan ucapkan “Assalammu’alikum wahai saudara ku yang hatinya terpaut di masjid”, saat memasukki pintunya (kalimat wahai dst (diucapkan dalam hati juga sudah dari cukup :))

4 thoughts on “How to reach An-Noor (Indonesian’s Mosque (MASJID) at Daejon City)/ Menuju Masjid An-Noor

  1. yassier says:

    assallamualaikum wr wb
    bro,sy dah search ke website univ yg jaya blg tp disitu gx ada tuk jur biotek,tlg ksh link yg laen ya ato yg menurut jaya ok tuk sy coba,trims b4

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s