[JADI Korea] “Intip” Korean Style: nurongji (누룽치)

Bismillah

Sobat di rubrik JADI Korea (TO BE KOREA, english) kali ini saya akan menampilakn Intip.

intip merupakan nama sebuah makanan khas Indonesia. Banyak daerah di indonesia memiliki intip dengan kekhasan masing-masing.  Kerak adalah bagian nasi yang mengeras ketika nasi ditanak dengan menggunakan periuk (kamsut/ 가마솥) atau alat sejenis. Penanakan nasi dengan alat memasak nasi tradisional tersebut, memungkinkan beras yang berada di dasar wadah akan bersentuhan langsung dengan sumber panas akibatnya beras akan masak terlebih dahulu sementara bagian lain belum. Ketika bagian lain masak dan berubah menjadi nasi, bagian dasar tadi sudah pasti menjadi terlalu masak sehingga sudah tidak berwujud nasi lagi melainkan sudah berubah menjadi kerak. Singkatnya kerak adalah nasi yang mengeras.

Di Indonesia, kerak yang tidak dikonsumsi secara langsung sebagai makan pokok bersama lauk ini, biasanya diolah kembali dengan cara digoreng tengelam secara keseluruhan di dalam minyak panas serta diberi bumbu sesuai selera. hasil akhir berupa kerak goreng inilah yang dinamakan intip.

intip solo (sumber:http://solomania.my-place.us/index.php?option=com_content&task=view&id=27&Itemid=2)

Namun ketika berjalan-jalan mengunjungi beberapa pasar tradisional, saya sempat menjumpai makan khas korea yang sejenis dengan intip tersebut. Dan secara kebetulan pula saya berhasil mengabadikannya di sebuah pasar tradisional Daejon. berikut hasil jepretannya:

alat pemasaknnya. periuk (rejangness sumatra)/ (냄비):)

dan berikut intip korea, kerak yang tidak digoreng melainkan fresh from the oven (eh…periuk). Dari informasi seorang teman, saya mendapat tambahan informasi  jikalau intip khas korea ini pun acap kali dioleh persis seperti foto intip solo yang ada di atas.

monggo di intip (누룽치)

 demikianlah.

Ketika korea juga punya intip dan bisa maju mestinya kita bisa lebih maju dari Korea karena kita tidak hanya punya intip.

2 thoughts on “[JADI Korea] “Intip” Korean Style: nurongji (누룽치)

  1. Kuntjoro Sukardi says:

    jauh sekolah ke Kroya, eh Korea – ternyata menemukan sesuatu yang ‘nostalgic’. ada juga pemuda yang masih jejeg pikirannya. Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Terus carilah hal-hal di Korea yang bisa dijadikan pembanding untuk memajukan manusia-manusia di Indonesia. Salam hangat.

    1. syahjayasyaifullah says:

      terima kasih sudah mampir…

      salam kenal mas…..

      ups….maaf ya….sedikit di edit….

      inshaAllah maksud saya baik mas. akan ada edisi hitam putih Korea dalam tulisan…..sebaik-baiknya Korea, tetap jauh lebih baik bumi dan langit sendiri: Indonesia……
      apa yang saya lakukan hanya untuk berbagi. semoag menjadi inspirasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s