KAIST Scholarship 2011. Batas terakhir tgl 2 mei 2011

Bismillah.

ada sedikit informasi beasiswa yang ingin saya bagikan kepada sobat sekalian.

kali ini, sebuah penawaran beasiswa datang dari KAIST (Korea Advace Institute of  Science and Technology). KAIST termasuk universitas kenamaan di Korea maupun Asia. KAIST bisa dikatakan sebagai ITB-nya Korea.  Penggunaan istilah ini mungkin lebih membantu saya untuk menjelaskan kedudukan dan peran KAIST di dunia pendidikan Korea.

dari pengamatan saya, persyaratan yang mereka minta nyaris sama dengan jenis beasiswa lainnya.

Selain Beasiswa untuk program master dan doktoral (lihat selengkapnya disini), KAIST juga menawarkan beasiswa untuk progarm S1 (undergraduate) [baca selengkapnya].

kedua beasiswa tersebut adalah beasiswa lokal dari KAIST dimana nilai nominalnya termasuk kategori rendah,  terutama untuk mahasiswa yang sudah berkeluarga. Namun, bagi mahasiswa singel, menurut mata-mata penulis, beasiswa ini cukup terbilang “aman” . KAIST memiliki kebijakan unik dalam bidang ‘ekonomi” internalnya. Menurut mahasiswa indonesia penerima beasiswa ini, mereka cukup tertolong dangan adanya kebijakan penjualan kebutuhan sehari-hari mahasiswa yang terbilang miring di dalam kampus KAIST. Mungkin bagi sobat yang berminat, berkoresponden langsung dengan teman-teman mahasiswa di KAIST akan memberikan sebuah titik terang terkait urusan keuangan beasiswa ini.

Ups…jangan putus harapan dahulu. Ada kabar gembira untuk sobat pemburu beasiswa

Sejak satu tahun yang lalu. Beasiswa KGSP atau yang dikenal dengan NIIED atau mudah dijelaskan dengan menggunakan terminolog: beasiswa pemertintahan Korea, mulai menggunakan dua jalur dalam penyaringan calon penerimanya.

Jalur pertama adalah jalur lama. jalur yang digawangi oleh kedutaan korea di masing-masing negara calon penerima beasiswa. Dan ini bukan jalur yang terkait dengan tulisan saya kali ini.

Jalur yang kedua adalah jalur dimana KGSP mempercayakan penyaringan calon penerima beasiswa kepada universitas-unversitas Korea yang ditunjuk. Sistem ini memungkinkan peran lobi-lobi pemburu beasiswa kepada pihak universitas di Korea sebagai salah satu jalur lain untuk mendapat pembiayaan oleh NIIED. Menurut informasi yang penulis terima, bisa jadi trend kebijakan mempertimbangkan rekomendasi manusia setengah dewa yang bernama kyosunim (prof) dari universitas yang ditunjuk, bisa menjadi pilihan alternatif  bagi sobat pemburu beasiswa dalam rangka memperebutkan tiket emas beasiswa ini. jadi cobalah sobat lakukan komunikasi dengan prof dari universitas yang diincar. Dan…..kebetulan KAIST termasuk salah satu universitas yang dimaksud.

Jika sobat berhasil meraih beasiswa jalur kedua ini. InshaAllah, beasiswa ini masuk dalam kategori beasiswa “darah biru” Korea. Jadi inshaAllah kondisi sobat akan berada di status lebih dari aman karena memang jumlah nominalnya terbilang besar.

untuk mengetahui secara lengkap hubungan KGSP dengan KAIST silahkan klik disini.

Selain kedua jalur tersebutm, terdapat jalur lain untuk menjadi mahasiswa baru di KAIST, yaitu jalur khusus. Yang dimaksud dengan jalur khusus di sini adalah jalur yang dibuka bagi mahasiswa yang berminat di bidang-bidang tertentu. Sejauh ini dari informasi yang saya dapat, bidang Nuclear safety merupakan salah satu bidang yang ditawarkan. untuk bidang lain, saya belum menemukan informasinya. Untuk Nuclear safety-pun itu hanya master saja. Beasiwa ini merupakan bentuk kerja sama antara KAIST dan KINS (institusi sejenis BAPETEN-nya Korea). dan perlu dicatat, beasiswa ini membuka peluang untuk siapa saja yang berminat di bidang Nuclear Safety, tidak hanya diperuntuhkan bagi PNS dari institusi tertentu.

dan yang terakhir namun tak kalah penting. Untuk beasiswa KASIT-KINS ini termasuk dalam kategori “aman” dari segi nominalnya. lihat saja cuplikan informasi terkait beasiwa tersebut dibawah ini:

…Full-Scholarship KW900,000 per month
Intl. MS Program Announcement for 2011
Content International Nuclear Safety School (INSS) is proud to announce the third round of “KINS-KAIST International Nuclear Safety Master’s Degree Program”, which will start on September 1, 2011. The deadline for application is March 31, 2011.

For any questions or further information, please contact the corresponding staff indicated in the Program Announcement or Dr. Yun Hyung CHUNG at yhchung@kins.re.kr (Tel: +82-42-868-0245). untuk informasi lebih lengkap klik di sini

 

Ada hal terakhir yang ingin saya sampaikan. Meski terakhir namun ini merupakan hal yang paling penting. Menurut sumber informasi yang saya peroleh. Khusus beasiswa di lingkungan KAIST.  Semua mahasiswa program under graduate dan graduate telahdibebaskan dari kewajiban membayar biaya sekolah. Artinya nominal nilai yang tertera seperti beasiswa lokal KAIST 300 ribu won (ada subisid asrama yang sangat murah), KAIST-KINS: 900 ribu won dst adalah nilai nominal bersih yang akan calon penerima gunakan secara bebas untuk keperluan hidup. Sudah pasti termasuk di dalam adalah untuk biaya rumah, makan dan lainnya. Sebagi informasi kasar hidup dengan 400 ribu won di korea adalah lebih dari cukup.

Demikian wahai sobat pemburu beasiswa yang saya sayangi. untuk sementara hanya info ini yang bisa saya bagikan pada kesempatan ini. Mudah2an sukses dan semangat selalu hingga beasiswa yang diimpikan ada di dalam genggaman sekian. sampai jumpa…….:D

28 thoughts on “KAIST Scholarship 2011. Batas terakhir tgl 2 mei 2011

  1. albashir says:

    mas bukannya deadline aplication nya tgl 25 feb 2011 ya?? Kok bs tgl 2 mei anda mengatakan??

    Trus ternyata 1 negara di jatah 1 anak tuh mas yg dpt beasiswa.. padahal yg dftr dr indonesia aja ratusan.. susah mas..

    1. syahjayasyaifullah says:

      assalammu’alaikum salam wr wb

      salahkah saya?.

      tidak saya tidak salah jika anda membaca dengan baik judul dan isinya sangat berkaitan erat.

      mari coba yang tgl 2 mei, jika anda membaca dengan baik. semangat.

      terima kasih sudah mampir….

      selamat membaca lagi…

      NB: tgl 25 feb itu untuk NIIED
      sedangkan 2 mei itu ya beasiswa KAIST. meski diketahui keduanya merupakan opsi untuk masuk menjadi mhs KAIST.

      wasalammu’alikum wr wb

    1. syahjayasyaifullah says:

      wa’alikum salam wr wb
      sudah pasti ada prosedurnya. klo gak ada saringannya adikku yang masih di sd bisa langsung jadi mahsiswa KAIST donk🙂.

      anyway, sugohaseyo…man jadda wa jadda….
      semangat…..

  2. albashir says:

    wa’alaykumussalam warohmatullohi wabarokatuh…

    jangan merasa bersalah gitu ta mas..saya jd ndak enak.. hehehhehehe…
    klo pun salah,, biar saya saja deh yg ga paham apa2 ini..

    oia mas,, sy mw tanya lagi..
    NIIED kan sudah ditutup, padahal besar bgt tuh beasiswanya,, berarti kesempatan tinggal beasiswa KAIST itu sendiri,, kyaknya beasiswa itu pas2an ya bwt hidup..??

    trus toefl yg dipake yang diakui di KAIST apa ya mas?? harus IBT kah??
    maksih..99x..

  3. albashir says:

    yang tgl 2 mei kan brusan dibuka pengumumannya tgl 2 maret ini mas .. pantesan mas baru jawab tgl 2maret ini..hehehhe…

    oia mas utk program graduate (master) baru dibuka 1 april,, masih lama ya..

    Tp btw..thanx bgt infonya..sangat membantu..
    mas ini pernah kuliah di KAIST ya??

    1. syahjayasyaifullah says:

      saya menemukannya sejak saya menulis ini….maklum korea lebih cepat koneksi inetnya…jaditahu lebih awal….wkwkwkwk, gak nyambung ya.
      soal baru jawab…maaf sobat albashir, kerjaan utama saya bukan nongkrongin blog, melainkan mengokrongi lab…..:), anyway. thak you for your curious sense🙂.

  4. albashir says:

    maaf sobat albashir, kerjaan utama saya bukan nongkrongin blog, melainkan mengokrongi lab…..:),

    iya mas,,dimaafkan..heheehhehe..
    Saya jg minta maaf terlalu byk tanya,,^^V

    Mas, klo boleh bagi2 cerita dong kok bisa sampe tembus kuliah ke korea..
    padahal kan cuma anak petani.. Luar biasa loh itu mas.. Very inspiring.. Klo anak pejabat bisa kul ke luar itu biasa..sama sekali ga keren.. Tp klo anak petani, wah luar biasa itu..

    Klo ga mau diekspose kirim ke email saya saja mas.. Siapa tahu sy bisa ketularan kuliah ke sana. he he he.. Amin..

    Thank you..

  5. someone says:

    tanya apapun g mas, nyante aja. jangan takut salah.

    scholarship yg KGSP-KAIST memand sudah tutup. klo keterima disini berangkat nya masih tahun depan karena harus mengikuti kuliah bahasa korea 1 tahun. ini termasuk beasiswa darah biru. klo dugaan saya mas syaiful ini mungkin keterima lewat kgsp, sehingga kaist welcome banget, intinya sudah percaya.

    klo kaist scholarship dugaan saya ini kayaknya susah, apakah prof. kaist percaya begitu saja dengan omongan & tulisan kita. klo udah dapat rekomendasi prof. sini, segala urusan kayaknya lancar jaya.

    pertanyaan yg menanyakan gimana cerita bisa diterima kaist bagus. karena maksuda mas albashir bisa jadi role model. saya dulu pernah mengirimkan email ke prof. kaist, padahal sy cukup yakin dengan experience sy yg cukup lama & lumayan keren yah g dibales. lebih enak lagi klo anda punya kenalan orang indo di dalam, itu akan lebih mudah.

  6. albashir says:

    To: Someone
    1. lho memangnya klo keterima lewat KGSP itu pasti dapat kepercayaan yg luar biasa ya mas dr KAIST??Kok bs?

    2. klo kaist scholarship dugaan saya ini kayaknya susah, apakah prof. kaist percaya begitu saja dengan omongan & tulisan kita. klo udah dapat rekomendasi prof. sini, segala urusan kayaknya lancar jaya.
    –> Jd maksud someone, klo dpt rekomendasi dr prof di Indonesia lbh mudah dftr di KAIST gtu kah maksudnya?? Tp kan memang persyaratan daftar di KAIST hrs punya surat rekomendasi dr profesor di negara asal.. Is it??

    3. Oh dulu pernah daftar di KAIST juga ya??Skg sudah kuliah di KAIST kah??
    Wah bisa berart someone n mas syaiful jadi link nih ke dalam.. Klo gak keberatan sih.. Minta bantuannya..He he he..

    Gomawo..^^a

  7. Nungky says:

    Assalamualaikum wr.wb, pak, mau tanya soal beasiswa kgsp undergraduate, saya tertarik dengan dunia farmasi, dan saya bersekolah di jurusan farmasi, saat ini saya menjadi mahasiswa jurusan farmasi di sebuah universitas, apa saya mempunyai kesempatan untuk mendalami jurusan tersebut di Korea, karena saya tertarik dengan obat, dan apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar, juga tolong rekomendasi bapak untuk apa saja ynag harus saya persiapkan. maaf dan terima kasih sebelumnya.

    1. syahjayasyaifullah says:

      wa’alikum salam wr wb.
      jika anda sudah tercatat sebagai mahasiswa S1, bisa saja anda mengambil ulang s1 di sini namun mulai dari awal lagi. namun bisa juga anda mengikuti program exchange. untuk program exchange jarang sekali berupa study speseifik bidang tertentu, paling hanya seputar pertukaran budaya dan belajar bahasa. saya sarankan lanjutkan study anda untuk jenjang s2 saya, mungkin akan lebih baik. seluruh persyaratannya bisa dilihat pada link posting yang saya sertakan dalam tulisan saya. secara singkat persyaratan untuk memperoleh beasiswa adalah sama: TOEFL minimal 550, IPK 3,00 dan kemampuan berbahasa korea akan menjadi nilai tambah yang baik jika anda mampu. namun jika tidak ini hanya bersidat opsional. demikian. semoga bermanfaat.

      wasalammu’alikum wr wb

  8. arif tfn says:

    assalamualaikum wr.wb.
    maaf mas sebelumnya ganggu,saya mahasiswa di STTN BATAN,jurusan teknofisika nuklir,diploma 4.kalo mau nyari info beasiswa di KAIST khususnya bidang nuklir langkah2y gmn mas terus hal apa saja yang harus menjadi bekal saya?apakah d4 yang merupakan gelar say nanti ada masalah bwt ngelanjutin s2 disana.terima kasih atas perhatiannya,besar harapan saya mas berbagi infonya…..
    wassalamualaikum wr.wb

      1. Ivan Aryo says:

        assalamualaikum wr.wb.
        sorry mas nyempil, saya juga mahasiswa STTN BATAN mohon djlasin mas soalnya saya juga bngung karna saya D4. saya cma sedang mencari info saja untuk ke depannya karena saya baru masuk kuliah. saya juga berniat ambil program nuklir seperti saudara arif diatas
        selain di KAIST univ mana lagi ya yg buka program nuklir
        mohon infonya sejelas2nya ya mas

        wassalamualaikum wr.wb.

  9. Tunjung says:

    assalamualaikum wr.wb.
    maaf mas saya ingin bertanya bilaman budget saya hanya sekitar 20jt
    apakah ada kemungkinan saya bisa kuliah di korea
    jika ada requirements-nya itu…. pa ya mas requirement-nya untuk mendapatkan beasiswa tersebut
    thanks before.. ^_^

    1. syahjayasyaifullah says:

      wa’alikum salam wr wb
      silahkan berkunjung ke link yang saya sertakan. Tunjung bisa pelajari dari sana. saya kira dilink tersebut dijelaskan dengan rinci terkait dengan pertanyaan tunjung.
      pun demikian dengan persyaratan yang dibutuhkan.
      secara umum persyaratan tersebut berupa TOEFL/TOIEC, IPK dll.
      silahkan dipersiapkan. setahu saya untuk hasil untuk keberangkatan atau mulai kuliah september telah dikeluarkan siapa saja yang lolos, kamu bisa mencoba di kesempatan di semester selanjutnya (kuliah mulai bulan april). intinya, pendaftaran dibuka setiap 2 kali dalam setahun.
      selamat berburu informasi di link-linknya langsung.
      terkait budget, jika ditanya mungkin, ya semua bisa saja atau mungkin. tapi jika tidak ditunjang beasiswa, dana sebesar itu belum bisa digunakan untuk sekolah di sini. Rata-rata biaya kuliah di korea sekitar 50 juta lebih (ini baru biaya persemesternya saja). demikian. semoga membantu.
      selamat berjuang.

  10. Melyza says:

    Mas, bisakah anda mengirimkan info terupdate kepada email saya mengenai beasiswa KAIST ? karna saat ni saya masih menmpuh S1 , saya sangat tertarik S2 di KAIST, bisakah mas jaya membantu menginfokan mengenai hal tersebut..terima kasiuh sebelumnya mas jaya… Kalau blh tau mas jaya ngambil jurusan apa mas di KAIST?
    Sukses Slalu.🙂.

  11. arif says:

    assalamualaikum,
    mas mw tanya, denger2 untuk toefl ITP gak berlaku ya,mohon infonya.insyaallah saya april mau coba yang RCA cm masih terkendala toefl.
    trimakasih

    Wassalamualaikum

    1. syahjayasyaifullah says:

      wa’alikum salam wr wb.
      relatif. TOEFL diberbagai jenis peluang beasiswa apapun merupakan syarat wajib. TOEFL ITP tidak berlaku?, relatif. bahkan ada seorang adik kelas dari bandung sudah sampai KAIST dengan tidak menyertakan sertifikat TOEFL. tetapi selalu saja “pengecualian” itu memiliki probabilitas yang kecil. jika ingin peluang diterima lebih besar, semakasimal mungkin saja penuhi syarat-syarat yang diminta. Semua syarat dipenuhi akan semakain menjadi baik.

      “kalo yang rekomendasi universitas, apakah kita hanya perlu menghubungi prof saja? tlg dijelaskan langkah2nya”

      mencari beasiswa juga bak seorang pedagang yang ingin menjual dagangannya. Seorang pedagang baru yang belum memiliki “nama” sudah pasti harus mengemas dagangannya dengan baik. Pasar tidak akan tahu siapa pedagangan jikalau tidak ada usaha dari pedagang untuk memperkenalkan dirinya ke pasar target (dalam hal ini professor yang di incar). Siapkan strategi komunikasi yang baik. Buat “amunisi” pemasaran yang baik (dalam hal ini CV, rencana penelitian, dan personal statement (atau tulisan ringkas yang menyatakan motivasi diri untuk sekolah lago)). kalo sudah siap, tinggal lakukan langkah2 merebut hati calon pasar kita. Caranya?. bisa dengan cara apa aja selama itu baik. dan yang terakhir namun sering orang melupakannya adalah berdoa kepada Allah. insyaAllah. Allah akan berikan yang terbaik untuk kamu.
      itu dulu ya…..wasalammu’alikum wr wb.

  12. Ratna says:

    Assalamualaikum wr wb.
    Maaf sebelumnya saya mau tanya, sekarang saya naik kelas 3 sma, saya mau tanya persyaratan untuk dapat beasiswa s1 KAIST apa saja? saya juga mau tanya setiap negara itu kuotanya berapa ya?
    terimaksih mohon pencerahannya
    wasalammu’alaikum wr wb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s