How reach Indonesian embassy, seoul from Cheonan

Bagaimana menjangkau Kedutaan besar Indonesia,

Seoul dari Cheonan.

Baru-baru ini santer terdengar isu kepindahan kedutaan Indonesia dari alamat sekarang. Setelah melakukan klarifikasi dan menemukan dokumen ini di situs resmi KBRI maka saya ingin menyampaikan pesan bapak dubes jikalau itu tidak benar

Dengan ini diumumkan bahwa Pemerintah RI tidak berencana maupun berniat untuk pindah atau merelokasi KBRI-Seoul dari lokasi sekarang, yaitu 55 Youido-dong, Youngdeungpo-gu, Seoul, Korsel……

Seoul, 3 Januari 2011

TTD

Duta Besar RI Seoul

Jika demikian saya kira tulisan ini masih relevan ya?.

Baiklah sobat. Saya akan memulai perjalanan ini dari Cheonan, sebuah kota yang dijuluki heart of Korea karena secara geografis merupakan titik paling tengah dari negara korea

Sistem transportasi darat di Korea bisa dikatakan sudah cukup baik. Fungsi utama layanan transportasi untuk memberikan layanan masal dan kenyamanan sepertinya sudah negara ini capai. Secara umum seluruh daerah di penjuru Korea bisa dicapai dengan angkutan darat berupa bus dan kereta api. hanya beberapa daerah yang dipisahkan laut atau beruapa pulau seperti jeju dan dok do saja yang mungkin tidak bisa dicapai dengan kedua jenis transportasi ini.

Pada kesempatan ini saya akan mengajak sobat semua melakukan perjalan menuju KBRI dengan kedua moda transportasi utama korean tersebut.

Dari rumah, saya tidak perlu membuang waktu dan tenaga berlebih untuk menemukan bus. Saya termasuk orang yang beruntung karena memiliki tempat tinggal di sebuah daerah yang dilewati banyak bus, meski pun tinggal di kota kecil seperti Cheonan. Sistem regulasi bus dengan nama BIS, Bus Information System, bisa membantu saya untuk mengetahui kapan bus mulai beroperasi, berakhir dan periodik kedatangannya di sebuah halte tunggu.

Mungkin hal yang patut menjadi contoh untuk kita adalah sebuah fakta terkait waktu. Untuk perkara (yang bagi kita acap kali dianggap) kecil namun penting ini, sistem transportasi di korea secara umum bisa dikatakan sudah memenuhi persyaratan untuk dinobatkan sebagai negara yang tepat waktu.

Di beberapa terminal antar kota masih bisa kita jumpai sistem ngetem yang identik dengan fleksibelitas waktu a.k.a jam karet.  Namun demikian, jenis-jenis terminal seperti ini sudah menginformasikan kepada para konsumennya jikalau mereka memang bus yang beroperasi dengan jadwal tidak ketat. Sedangkan jika keterlambatan terjadi di sebuah terminal bus yang dikenal sebagai terminal express dan bekerja dengan memperhatikan pola ketepatan waktu, maka sang sopir tidak akan sungkan-sungkan membungkukan badan lebih dalam sebelum berangkat sebagai wujud pengakuan salah atas sebuah ingkar janji. Untuk fenomena terakahir pernah saya temukan sesekali di Terminal Bus expres Cheonan dan Seoul. Fakta-fakta menarik seputar penghargaan terhadapa waktu ini saya temukan di Korea.

halte di depan apate

Dengan berjalan sebentar melintasi kompleks apartemen, saya akan segera menemukan halte bus. Di korea, bus tidak bisa berhenti berdasarkan kemauan sopir dan penumpang. Sistem mengatur agar bus bisa menurunkan dan menaikkan penumpang di tempat-tempat yang telah ditentukan. Selepas pulang dari sholat jumat minggu kemarin, saya menyaksikan sebuah bus tidak mau berhenti meski dua orang remaja korea berusaha menyetop bus dengan aba-aba secara berulang. Bus itu lewat begitu saja, meski jarak tempat kejadian tersebut tidak terlalu jauh dari sebuah halte bus yang telah terlanjur dilewati bus. Padahal dua pemuda tersebut baru saja menyeberangi jalan.

Dari halte ini saya akan menggunakan bus 14 yang akan membawa saya menuju stasiun Dujeong (두청).

Stasiun Dujong. Stasiun alternatif selain Cheonan yok untuk keberangkatan saya menuju seoul dengan menyusuri line 1
Stasiun Dujong. Stasiun alternatif selain Cheonan yok untuk keberangkatan saya menuju seoul dengan menyusuri line 1

Setelah saya menindai kartu pasca bayar voucher subay way sesaat di alat penindai, saya kemudian bergerak menuju koridor kiri yaitu koridor 3 dimana lokomotif pembawa gerbong menuju stasiun Seoul akan singgah. Karakter khas stasiun di luar seoul dengan debit tumpahan penumpang yang tidak sebanyak Seoul adalah pintu stasiun meuju koridor tunggunya hanya terdiri dari pintu kanan dan kiri saja.

pintu masuk dengan alat penindainya. terlihat pintu menuju koridor kiri di sudut kiri tengah foto
koridor tunggu 3

Ringkasan petunjuk rute menuju KBRI, Seoul dari beberapa stasiun terdekat

Apabila dengan Subway jalur 9, turun di Saetgang Station (셋강 역) dan keluar melalui exit 3.
Dari exit 3, silakan jalan lurus melewati Ankara Park (Ankara Kongwon) dan akan menemukan KBRI yang gedungnya persis di sebelah Ankara Park.

Jika naik Subway jalur 1, bisa turun di Daebang Station (대방 역) dan keluar di exit 6.
Dari exit 6, naik bis desa warna kuning nomor 61, dan turun di Ankara Kongwon (Halte bis Ankara Kongwon/Ankara Park adalah persis 1 halte setelah stasiun Daebang).

Jika naik Subway jalur 5, bisa turun di Youido Station (여의도 역) dan keluar di exit 6.
Dari exit 6 silakan naik bis biru no 162 or bis hijau no 5012 (sebetulnya ada juga bis-bis lain yang menuju KBRI tapi saya lupa nomornya). Turun di halte Ankara Kongwon juga.

***

Kereta akan membawa sobat menuju stasiun Daebang yang juga berada di line 1 . Kebetulan Daebang merupakan salah satu stasiun yang cukup dekat dengan KBRI. Dengan demikian perjalanan ini tidak akan memiliki ritual transfer ke line lain. Waktu tempuh Dujeong-Daebang adalah 104 menit dengan biaya 2300 won.

Ketika sampai di Daebang, sobat dapat keluar melalui pintu 6 dan berbelok kiri hingga menemukan jalan raya dan mampu melihat perlintas kereta api yang berada di atas jalan raya yang dimaksud di sisi kiri sobat.

 

jalan yang dimaksud. ikuti jalan lurus yang memiliki arah mendekati pembaca

Dari titik ini (titik di mana mobil sedan hitam berhenti), sobat bisa berjalan lurus dengan arah mendekati pembaca. Sobat akan melewati sebuah koridor pejalan kaki yang berada di atas sebuah jalan raya lainnya.

 

koridor pejalan kaki yang berada di atas sebuah jalan raya. Terlihat pada foto sebuah gedung yang seolah-olah berada di ujung koridor. Gedung ini adalah Gedung KBS word.

Sobat silahkan terus berjalan lurus mengikuti arah “bapak yang mengendong anak” hingga sobat temukan sebuah gedung tinggi putih seperti yang ditunjukkan gambar yang merupakan gedung KBS word (terlihat di foto sebagai titik terjauh foto di atas ). Secara faktual di lapang, gedung KBS (berwarna putih dan berspanduk promosi film) ini terletak di wilyaha sisi jalan yang berseberangan dengan sisi jalan di mana  KBRI berlokasi. Dengan demikian sobat tidak perlu berpindah ke sisi jalan gedung KBS. Sobat hanya terus berjalan menyusuri sisi jalan yang sama hingga gedung KBS berposisi di sebelah kiri sobat.

Setelah melampaui koridor yang ditunjukkan gambar di atas, sobat akan menemukan sebuah taman terbuka hijau bernama Ankara Park di sebelah kanan. Tepat di bawah Angkara Park terdapat stasiun sub way bernama Saetgang. Jika sobat berasal dari daerah yang lebih dekat dengan jalur 9 maka pilihan berhenti di Saetgang adalah alternatif lain selain Daebang (seperti yang ditujukkan ringkasan rute menuju KBRI di awal tulisan ini) . Sobat dapat keluar melalui pintu keluar 3 di stasiun Saetgang ini.

 

Ankara Park dengan land mark-nya
Ankara Park dengan land mark-nya

[mulai dari taman Angkara ini, narasi yang saya tulis dapat digunakan sebagai petunjuk bagi sobat yang menggunakan jalur daebang maupun saetgang]

Jika sudah menemukan Ankara park , ini pertanda sobat sudah berdiri tidak jauh dari gedung KBRI. Sama seperti petunjuk terdahulu sobat hanya berjalan lurus, kali ini susuri koridor yang terlihat pada gambar dengan arah memenjauhi  sepeda dan mobil.

 

di dalam gamabr terlihat pintu exit 3 stasiun Saetgang.

dan bergembiralah bersama teman-teman Indonesia di dalam gambar  karena sebentar lagi sobat akan menemukan gedung KBRI selepas lokasi Ankara dan sebuah lapangan tenis terlewati.

 

Alhamdulillah…sudah sampai dan tidak tersesat

Dan inilah gedung Akhir tujuan kita…..KBRI, SEOUL

 

pintu gerbang gedung kream si gedung KBRI. Mungkin sobat mau ambil gambar dahulu seperti sample?🙂

Mari kita ucapkan Alhamdulillah karena telah sampai di KBRI, Seoul.

***

Demikian Sobat semoga tulisan ini bermanfaat.

Sampai jumpa di tulisan selanjutnya.

*terima kasih untuk semua sobat yang terekam dalam gambar-gambar yang digunakan pada tulisan kali ini. jika ada yang tidak berkenan bisa langsung mengirimkan keberatannya ke penulis. InshaAllah akan ditindak lanjuti dengan damai dan tuntas

 

 

 

 

 

4 thoughts on “How reach Indonesian embassy, seoul from Cheonan

  1. bibib dubu says:

    Mas, saya mau tanya boleh? kalo dari Cheonan-Seoul pake kereta bisa? makan waktu berapa jam? kalau naik mobil pribadi bisa makan waktu berapa lama?

    terima kasih, semoga berkenan menjawab ^^

    1. syahjayasyaifullah says:

      wah jawabannya kelamaannya?.
      sudahlama tidak buka wp.
      dari cheonan ke seoul (lokasi terdekat adalah bus terminal express atau nambu bus terminal) kurang lebih 1.30 menit, itu dengan moda bus. tapi klo pakai subway bisa lebih lama (kurang lebih 2 jam)

      klo pakai mobil pribadi bisa. tinggal masuk dan keluar tol aja.

      emang sekarang di cheonan?.

  2. Husein says:

    Asslalamualaikum mas, saya mau nanya, kami sekelompok mahasiswa dari makassar yang nyusun anggaran lomba di Cheonan, biaya bus travel dari seoul (incheon airport) ke cheonan berapaan yah mas…. Terima kasih sebelumnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s