[JADI korea] Takraw di Korea

Tahu Sepak Takraw?

kalau lupa mari kita lihat

sumber gambar: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/d1/Sepak_takraw.jpg

 Ingat?

Bola dari rotan yang ditendang tak asal-asalan namun dengan gaya indah yang memukau?.

Masih lekat dalam ingatan ketika masih kecil dahulu. Kami sering mengahabiskan sepotong hari menjelang maghrib untuk manyaksikan para pemuda kampung bermain sepak takraw. Mereka bermain apik dengan gaya asli yang lebih menitiktekankan pada kemampuan dan keindahan mengendali sibundar anyaman rotan dari pada bertanding adu nilai.

Jika melihat sejarah permainan takraw yang bermula dari kerajaan malaka maka menjadi tak heran jika nuansa melayu yang penuh “seni mendayu” juga menjadi separuh dari ruh bermain takraw. Takraw dalam pandangan saya sebuah permainan bola dan kaki yang unik.

Dengan perkembangan zaman, sepak takraw pun mengalami modernisasi. Takraw telah menjelma menjadi salah satu cabang olah raga yang diakui dengan seperangkat aturan yang ada. Sepak takraw bisa dikatakan sebagai olahraga percampuran antara bulu tangkis dan voli dengan aturan mengikuti bola voli. Hal yang paling terlihat berbeda antara sepak takraw kuno dan modern adalah penggunaan net.

Meskipun belum merambah seluruh dunia. Namun setidaknya takraw amat mudah ditemukan di sepanjang dataran asia tenggara (mungkin terkait denggan wilayah kekuasaan kerajaan malaka di masa lampau). Sepak Takraw itu merupakan nama olah raga ini dalam bahasa Indonesia. Takraw memiliki nama-nama berbeda di beberapa negara yang berbeda. . Di Filipina permainan ini disebut sipa, di Burma chinlone, di Laos kator, dan di Thailand takraw (wikipedia indonesia).

Bagaimana sepak takraw di korea?.

dalam rubrik [JADI korea] kali ini, sesuai judulnya saya ingin berbagai dengan sobat seputar si bola bundar rotan ini di korea. Korea memiliki olah raga yang terlihat mirip bernama Jok ku (족구). Jok sendiri berarti kaki sedangkan Ku berarti menendang. Olah raga ini termasuk banyak peminantnya di korea. Kita bisa menemukan banyak para pemuda korea melakukan permainan ini di berbagai pusat olah raga terbuka. Kebetulan saat berbmain di sebuah pusat aktivitas olah raga terbuka di depan kampus , saya menemukan beberapa pemuda korea sedang bermain Juk Ku. Berikut saya sajikan foto khusus untuk sobat semua.

Mirip sepak takraw bukan. apakah sobat menemukan perbedaannya?.

saya menemukan perbedaannya yaitu net yang mereka gunakan dipasang lebih pendek.

keutungannya?.

kita lihat gambar berikut

terlihat jelas bukan perbedaan yang saya maksud.

keuntungannya semua orang bisa terlibat tidak peduli apakah mereka dari kalangan ekonomi atas dan pejabat maupun masayrakat biasa-biasa saja.:)

pasti semua pahamkan?

demikian sobat [JADI korea] kali ini…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s