[JADI korea] Pisang tumbuh menghijau di Korea

Bismillah….

Sobat. bertemu lagi dalam tulisan dibawah rubrik [JADI korea].

kali ini saya hanya ingin sekedar berbagi gambar. Melalui gambar ini saya ingin menunjukkan sebuah hal yang menarik di kampus saya secara khusus dan di Korea pada umumnya.

Bagi kita orang tropis, indonesia, pisang merupakan hal yang tidak asing, bukan?. Buah pisang tidak memiliki nama asli dalam bahasa korea atau hanggul. Sehingga dalam segala jenis produk yang mengandung pisang atau nama buah pisang itu sendiri akan kita temui tulisan hanggul seperti di bawah ini pada produknya.

바나나 (banana)

Tidak ditemukannya nama pisang dalam bahasa Korea sudah menjadi bukti yang cukup bagi kita bahwa pisang di korea adalah hal yang baru. Dengan kata lain, buah pisang tidak dikenal oleh masyarakat kuno bangsa korea.

Lain dulu lain sekarang. Sekarang orang korea sudah kenal pisang. Tak sekedar kenal, mereka sekarang pun sudah sangat suka dengan pisang. untuk memenuhi kebutuhan pisang warga korea, pemeritah korea mengimpor pisang dari negara asia tenggara. sayang sekali untuk kasus ini, indonesia bukanlah menjadi negara mitra yang baik untuk memenuhi kebutuhan pisang orang Korea. Padahal di negara kita pisang sangat melimpah. Orang korea lebih kenal pisang filipina dari pada jenis pisang-pisang lain di dunia. sayang sekali.

Di sebuah taman kampus, saya menemukan posong pisang tumbuh dengan subur. Pokok pisang ini tumbuh hijau dan kokok tak berbeda ketika mereka tumbuh di habitat aslinya. Namun kondisi tersebut berlangsung singkat selama musim semi hingga panas saja. Selebihnya pohon pisang akan menguning dan “mati”.  selama musim dingin biasanya pohon pisang akan dibungkus jerami agar  mampu bertahan hidup hingga musim semi tahun berikutnya. satu koloni pisang di taman DANDE

sejauh ini saya belum pernah melihat pohon pisang tersebut berbuah. dari informasi yang saya peroleh, kampus saya memiliki sebuah rumah kaca yang berisi berbagai jenis tanaman tropis. Saya berspekulasi, keseriusan mereka mengoleksi tanaman tropis dalam sebuah rumah kaca khusus sudah menjadi bukti yang cukup jika bangsa korea sudah menaruh minta yang serius pada kekayaan alam negara tropis.

Mungkinkah suatu saat nanti produk 바나나 di pasar senatero korea akan bertulis 대한민국바나나 atau pisang asli orang korea?.  tak ada yang tahu. yang saya tahu, sekarang pisang sudah bisa tumbuh di korea dengan suburnya.

demikian perjumpaan kita sobat.

semoga kita bisa semakin bersyukur karena telah mengenal pisang sejak awal bangsa kita ada.

2 thoughts on “[JADI korea] Pisang tumbuh menghijau di Korea

  1. yaya says:

    semakin saya mengenal korea, semakin kagum saya, semoga indonesia bisa mengambil hal-hal positif dari pertumbuhan dan cara berfikir orang-orang dinegara gingseng tersebut.

    1. syahjayasyaifullah says:

      terima kasih sudah mampir di rumah maya saya…

      semakin mengenal, akan kelihatan sisi lainnya biasanya mbak. sudah ketemu?. saya sudah mulai ketemu🙂.

      semua kebaikkan bisa kita ambill dari mana dan siapa saja…..semoga suatu saat indonesia menjadi salah satu sumber yang di maksud. ketika negara lain bisa, mengapa kita tidak?. jawabannya adi di diri kita masing-masing😀

      Indonesia, insyaAllah, bisa maju………………..

Leave a Reply

