Supermoon di Korea.

Kemarin sabtu malam (tanggal 18 maret 2011) telah berlangsung sebuah fenomena alam yang langakh. Peristiwa ini berlangsung setiap 18 tahun sekali. Para astronom menamakan momen ini dengan sebutan “perigee” moon atau supermoon.

supermoon, dinamakan demikian karena penampakan bulan pada tahap ini diklaim memiliki ukuran lebih besar sekitar 14% dan lebih terang sekitar 30% dari bulan penuh diwaktu-waktu lainnya.

saat berkunjung ke apartmen seorang teman di hari jumat, saya sangat menikmati penampakan bulan di sela-sela pepohonan yang masih gundul. Secara jujur, saya sudah jatuh cinta dengan bulan penuh di korea sejak belum menginjakkan kaki di korea. Saya pernah menemukan sebuah foto menakjubkan seputar bulan penuh di Korea. Sebuah foto yang menampilkan suasana malam kota seoul dengan langit yang sedang dihiasi oleh satelit alami bumi tersebut telah mengokupasi tempat khusus dalam alam bawah sadar saya. terlepas ini benar atau tidak, tapi saya merasakan sediri jikalau penampakan bulan di langit korea lebih besar ketimbang di Indonesia.

 

ternyata masih beredar juga foto ini di dunia maya….izin menggunakan foto dari site ini

Bulan, sebuah benda langit ciptaan Allah yang memiliki arti keindahan menurut maknanya sendiri, dan saya menjadi salah satu dari ribuan orang yang terkesan dengan keindahan khas yang dia monopolis sendiri tersebut. subhanallah.

kembali pada supermoon. saat malam minggu kemarin, saya belum tahu sama sekali jika akan terjadi peristiwa langkah bernama supermoon ini. jangankan mengetahui kapan fenomena ini akan berlangsung, mengetahui jikalau fenomena alam ini sudah dikenal secara luas pun barus saya ketahui ketika hari minggu kemarin ketika banyak orang yang membicarakn supermoon di status mereka masing-masing (gak gaul banget ya?).

secara kebetula,  saat pulang dari lab cukup larut dan memang saya sudah merencankan untuk mengambil gambar bulan sejak hari jumat sebelumnya, maka pada hari sabtu malam saya dengan sengaja membawa kamera saat meninggalkan lab. dengan segala keterbatasan alat dan suasana langit yang tidak begitu cerah dibandingkan beberapa malam sebelumnya, alhamdulillah, saya berhasil memframe sang bulan yang ternyata sedang berada di fase supermoon. berikut hasil ala kadarnya.

 

supermoon diatas 백석 University

dan supermoon di atas jalan tol cheonan.

demikian sobat semoga bermanfaat

baik sedang supermoon maupun bulan purnama biasa saja, bulan penuh di atas langit korea selalu memiliki kesan tersendiri bagi saya…….maha suci Allah yang telah menciptakan bulan.

 

 

4 thoughts on “Supermoon di Korea.

Leave a Reply

