Ketika Musim dingin akan tiba di Korea

Saat masih kecil, saya sering nonton film Coboy di sebuah stasiun tv nasional. Tak jarang dalam film serial itu saya sering melihat banyak tumpukan gelondongan berukuran besar di kandang-kandang kuda dan sapi sang Coboy.

sapi memakan jerami kering: sumber gambar

Ketika tinggal di Korea saya baru memahami, apa gerangan manfaat gelondongan-gelondongan yang berbentuk seperti tutup gabus termos zaman dahulu ini.

si gelondong "gabus penutup termos". Pernah melihat tutup termos berbahan gabus yang saya maksud. Dulu Ibu saya sering membeli jenis tutup gabus ini sebagai tutup stok, mengingat jenis termos ini sangat awet meski tutup gabusnya rusak berkali-kali.

Mengapa saya katakan demikian, karena memang demikian faktanya. Ketika pertama kali menyaksikan proses pengumpulan jerami hingga pengemasannya dengan bahan plastik berwarna putih dari dalam gerbong subway, dua hal seperti yang saya sebutkan tadi: film Coboy dan tutup gabus termos zaman dahulu, seketika hadir dalam otak saya. Jelas, sejelas saat saya melihat si gelondongan tergeletak di lahan persawahan. Mereka seolah-olah menyatakan diri kepada saya jika mereka berdua memiliki ikatan kekerabatan bentuk yang erat dengan gelondongan cadangan makanan ternak selama musim dingin tersebut. alhai…lebai.

di ujung kanan gambar tampak jerami kering yang siap di kemas..

demikian sobat, bagaimana para petani di negara empat musim (hal ini juga terdapat di dataran eropa dan negara-negara 4 musim lainnya) mempersiapkan cadangan makanan ternak selama musim dingin yang berat.

Leave a Reply

