Dimanakah Letak Consular, KBRI, Seoul?.

Saya pernah mengepost tulisan ini. Tulisan singkat tersebut mengulas teknik menuju KBRI dari stasiun subway terdekat.

Namun demikian tulisan tersebut belum membahas satu hal yang penting terkait apa yang kita lakukan ketika kita berkunjung ke KBRI pada jam kerja (kantor). Ayo sobat, coba tebak apa?. Tepat sekali, menuju kantor pelayanan administrasi yang lebih populer dengan sebutan Consular.

dari tulisan yang saya sebutkan di atas, sobat sudah mengetahui cara menemukan gedung KBRI hingga pintu gerbang UTAMA. Apakah sobat akan segera menemukan lokasi kantor Consular?. Saya berani jamin, sudah pasti jawabannya dalah gerak kiri kanan tungkai leher sobat yang berarti TIDAK.

Sudah pasti sobat tidak akan bisa menemukan kantor tersebut secara langsung. Kantor terletak di sisi kanan kompleks gedung. Bagaiman menuju ke sana?. Jangan ikuti jejak saya yang berusaha masuk melalui pintu gerbang utama -Saat itu adalah pengalam pertama saya berurusan dengan kantor Consular. Saya bermaksud untuk melapor diri secara formal, meskipun pada dasarnya sudah lebih dari hitungan puluhan kali saya sudah bersentuhan dengan orang-orang kantoran KBRI. Demia terlaksana dan terpenuhinya hak administrasi, meski sudah amat familiar secara personal, saya harus melaporkan diri secara resmi dengan cara berkunjung ke consular pada jam kerja sembari membawa passport-. Iya….kebetulan saat itu pintu gerbang utama sedang terbuka karena ada tamu kenegaraaan (yang saya dengar adalah mentri Hatta Rajasa) ingin keluar meninggalkan KBRI. Karena biasanya (diluar jam kerja dan ketika ada acara resmi di KBRI) saya masuk ke KBRI melalui pintu gerbang utama, maka saat itu naluri saya langsung menggiring saya untuk segera masuk ketika tanpa diminta pintu gerbang terbuka. Nah….[hal ini yang saya harapkan agar tidak terjadi pada sahabat semua. oleh karena itu sejak awal tulisan, saya mengingatkan sahabat untuk tidak mengikuti jejak saya. cukup saya saja yang merasakan bahwa “yang bukan tamu negara dilarang lewat pintu gerbang utama pada jam kerja” . Sudah tentu saya bukan tamu negara. ibarat kate, saya sudah menjadi tuan rumah negara. jadi dilarang melalukan sesuatu yang hanya pantas dilakukan oleh tamu negara.

Demikian sobat. Meskipun saya mendapatkan bonus dimarahi ajosi satpam dengan gaya marah khas orang korea yang cukup ampuh menciutkan nyali di pengalaman pertama saya berkunjung ke Consular, semua yang terjadi karena adanya aturan yang jelas tersebut dengan ikhlas bisa saya maklumi. Semua ada regulasinya bukan?.

Ok. kembali ke ipad….ups….makasud saya, kebali ke pertanyaan terakhir: dimana letak kantor Consular. Nah dari pintu gerbang, sobat silahkan berjalan lurus terus menyusuri troktoar yang terbentang disepanjang kompleks KBRI. Bertepatan dengan habisnya areal KBRI, silahkan sobat banting strir ke kanan dan diikuti dengan langkah lurus sembari baca bismillah dan…………

temukan tanda ini

tanda panah penunjuk arah.....pintu kantor berada di balik tembok cina ini...ups maksud saya tembok cokelat kompleks KBRI

Jika sobat beruntung, sobat bisa menyaksikan “pameran” sepeda ontel tua yang terpasang jelas di titik sebelum tanda panah tersebut.

Peserta "pameran" tunggal.....:D

Adakah yang tahu modus pemampangan jenis sepeda ini didepan pintu kantor Consular?. Dalam rangka memperkuat kekhasan indonesia seperti banner X yang juga ada di temukan disekitra daerah sanakah?. jujur sobat. saya belum bisa memecahkan misteri ini hingga tulisan ini diturunkna. kita tunggu laporan detektif Conan saja ya….

Nyaris lupa. Jika ingin segera bisa dilayani oleh petugas kantor Consular, hendaknya sobat bisa datang di jam 9.00-11.30 atau 13.30 dstnya. Saya juga masih sangsi dengan jadwal kerjanya secara pasti, karena saya belum sempat bertanya. namun satu yang pasti adalah jam 13 masih termasuk dalam waktu istirahat sehingga kantor tutup.

satu lagi info yang perlu sobat ketahui. Sobat bisa menemukan musholah idaman di dalam kantor Consular. Ini baru hebat. dengan demikian, sobat tidak perlu khawatir urusan sholat karena tidak menemukan tempat yang layak. jadi,  tidak ada alasan untuk absen sholat hanya karena berkunjung ke kantor Consular tercinta kan?.

terkhir sebelum ditutup, ada sedikit bocoran nih. Petuga yang melayani kita di sana juga khas indonesia loh?. Mereka melayani dengan sopan dan ramah……terima kasih petugas consular baik yang berwarga negara Korea maupun Indonesia…sungguh khas Indonesia: Ramah dan santun dalam pelayanan.

Gomawoyo…..

demikian sobat tulisan saya pagi ini…semoga bermanfaat.

Leave a Reply

