Ketika Passport hilang

Kehilangan adalah sebuah peristiwa yang mungkin terjadi pada siapa saja.

Mumpung masih ingat. Kali ini saya ingin berbagi kepada sobat seputar topik penting tidak penting yang satu ini.

Ya….jika hal yang hilang itu amat penting bagi kita, sudah semestinya harus kita usahakan agar kembali menjadi ada. Dokumen penting bagi orang-orang yang sedang berada di luar negeri salah satunya adalah passport. Jadi simpanlah dengan sebaik-baiknya. Jika passport terpaksa dibawa keluar rumah untuk sebuah  keperluan maka pastikan jika si passport tersimpan di tempat yang aman. Jika sudah tidak diperlukan lagi, biasakan untuk menyimpan passport di tempat yang mudah diingat dan aman.

Satu tips dari seorang rekan yang kebetulan mengalami kehilangan passport adalah hendaknya kita selalu mengfoto copy passport dan alien card secara berkala setiap keduanya mengalami update data. Simpanlah kedua copian itu di tempat yang mudah diingat dan aman. mengapa?, karena suatu saat copian passport [1] dan alien card tersebut akan sangat bermanfaat.

Ketika sobat mengalami kehilangan passport hendaknya jangan ditanggapi dengan kepanikan yang berlebihan. Adalah baik jika sobat segera melaporkan kejadian ini kepada polisi setempat. Dari hasil laporan ini sobat akan mendapatkan surat keterangan hilang [2]. Dikorea, untuk mendapatkan surat keterangan hilang sangat gampang. Polisi yang melayani bersifat sanagt kooperatif dan memperlakukan seseorang yang sedang kehilangan dengan semestinya. Dimana-mana, seorang yang kehilangan pasti sedang mengalami sebuah musibah. Jadi perlakuan yang paling pas untuk orang yang sedang sedih karena sedang terkena musibah adalah tidak ditambah bebannya serta hendaklah ditolong semaksimal mungkin. Mungkin inilah yang menjadi alasan mengapa meminta surat kehilangan di korea tanpa biaya dan gampang. menjadi pekerjaan rumah untuk kepolisian kita. ok. jika sobat sudah lakukan hal ini, maka sobat sudah mengantongi dua poin langkah terbaik menghadapi peristiwa kehilangan passport.

Kita lanjutkan ke poin ketiga. Selanjutnya sobat harus segera berkunjung ke consular KBRI [3] dengan membawa kedua poin di atas. Apakah perlu membawa foto cetakan sendiri?. Tidak perlu. Pihak pembuatan passport hanya menerima foto yang diambil secara khusus oleh sebuah salon foto yang berlokasi di sekitar consular. Dengan senang hati pegawai consular akan menunjukkan dimana gerangan sang juru foto bersemayam. Sampai detik ini saya tidak tahu apa perbedaan foto tersebut dengan jenis foto kebanyakan. Sobat akan memperoleh 4 lembar foto [4] dengan membayar 10.000 won. Selain itu untuk pembuatan passpot baru, sobat harus membayar uang administrasi sebesar 60.000 won [5].

persyaratan membuat passport abru di korea

1. Surat keterangan hilang dari kepolisian setempat

2. foto copi passport lama (kebayangkan jika tidak pernah punya inisiatif memfoto copi passport. harus dicari kemana tuh passport. wong kita mau buat karena si passport hilang. dengan demikian kita harus mengikuti tips naras sumber yang menyebutkan adalah baik jiak kita seriang mengcopi passport dan alien card kita setiap terjadi pengupdatean data)

3. foto “khusus”

4. biaya administrasi 60.000 won dengan kembalian beberapa won (karena biayanya dihitung dengan standard dolar. saya lupa berapa tepatnya)

Kabar baiknya, pembuatan passport dapat ditunggu dengan kata lain passport bisa selesai dalam satu hari. Tips lain untuk kunjungan kali ini adalah hendaknya sobat berkunjung ke consular di pagi hari.

demikian sobat, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s