Catatan Camp WSK angkatan ke 4 Epidose I. Hyundai Asan Plant.

Sudah lama ingin menulis pengalaman ini. ada dua alasan utama mengapa tulisan ini baru bisa dibuat: kesibukan yang makin banyak di lab serta foto belum kunjung diterima dari sang pemilik kamera membuat  tulisan dengan judul ini akhirnya baru bisa diposting. Itu pun hasilnya masih jauh dari kesempuranaan sebuah reportase.

***

berikut tulisannya:

Acara lain yang diprakarsai oleh WSK [mudah2an sobat setia pembaca blog ini masih ingat dengan WSK] adalah WSK camp for 4th batch member.

Beberapa anggota WSK angkatan 4 berkumpul di Seoul pada pagi hari sebelum jam 8. Ketika semua anggota yang telah mengkonfirmasi keikutserataan pada acara ini hadir. Bus bertolak menuju Asan di mana lokasi salah satu plant site produksi mobil milik Hyundai berlokasi. Acara camp WSK yang diselenggarakan selama 2 hari satu malam ini akan di mulai dengan kunjungan ke asan plant milik Hyundai.

Pintu Gerbang Asan Plant Milik Hyundai
Pintu Gerbang Asan Plant Milik Hyundai

Meskipun selama perjalanan salju terus menerus turun, para peserta WSK terlihat sangat menikmati perjalanan ini. Sayang sekali kegiatan ini diselenggarakan di hari Jumat. Sebagai seorang muslim, saya semestinya mengikuti sholat jumat di masjid. Ketika program terus bergulir, saya tak mau kalah untuk terus berfikir bagaimana cara mengakali agar sholat jumat tetap terlaksana meskipun saya telah memutuskan untuk bergabung dengan acara WSK. Setelah mendata rekan-rekan anggota WSK secara kasar. Akhirnya saya menemukan satu rekan dari afganistan yang cukup antusias menerima ajakan saya untuk sholat zuhur berjamaah sebagai pengganti sholat jumat. meskipun hari masih berada di pukul 10 pagi, saya telah menginformasikan pihak panitia jikalau saya membutuhkan ruangan khusus untuk melaksanakan sholat zuhur sekitar pukul 12.30 nanti. Alhamdulillah. panitia memberikan respon yang baik dan berjanji akan mengusahakan penyedian ruangan yang diminta.

Setelah mendengarkan presentasi singkat seputar Hyundai kami di ajak berkeliling melihat rangkaian proses produksi mobil agar bisa mengenal perusahan mobil nomor satu Korea ini lebih jauh. Dalam touring kali ini kami dilarang mengambil gambar. Subhanallah. Sungguh canggih proses pembuatan dan perakitan mobil di site plant Asan ini. dari hasil penjelasan yang diberikan sang pemandu, Hyundai mengklaim jikalau sistem yang berlangsung di pabrik mobil ini nyaris 90% bekerja di bawah sistem otomatis.

bird eyes: Komplek Asan Plant Hyundai secara keseluruhan.

Setiap momen dan penjelasan yang diberikan oleh pemandu membuat saya takjub. Satu persatu perkenalan proses pembuatan atau perakitan mobil semakin membuat saya yakin suatu saat Indonesia juga akan mampu memiliki perusahan mobil negara sekelas Hyundai. Mengapa demikian?. Karena ketika bangsa Han yang tidak sekaya Indonesia ini saja mampu melalukannya sesuatu dari tidak ada menjadi ada. maka saya yakin indonesia yang kaya serta memiliki SDM yang jauh berkualitas pasti akan mampu. Semua itu hanya menunggu waktunya saja.

sedikit saja bagian yang dikerjakan manusia
sedikit saja bagian yang dikerjakan manusia

Setiap saya takjub akan sebuah kecanggihan teknologi yang ditunjukkan, meski tak mampu mengabadikannya dalam bentuk gambar, namun saya selalu merekamnya dalam-dalam di hati dengan doa sebagai pembingkainya. Ya. Sebuah doa agar suatu saat indonesia akan menjadi negara  yang mampu bersyukur dengan memanfaatkan SDA dan SDM-nya sebaik mungkin. InshaAllah, bisa.

salah satu sistem lengan robot yang banyak dijumpai di dalam pabrik

Setelah selesai berkeliling kami kembali ke Aula utama Hyundai untuk mengikuti acara terakhir sebelum melanjutkan perjalanan ke lokasi camp selanjutnya. Tepat di pintu keluar lokasi touring pihak Hyundai sudah menunggu kami dengan cendra mata berupa mobil produk Hyundai untuk setiap peserta. Subhanllah. siapa menyangka masing-masing kami akan dibekali mobil dari Hyundai. Saya sungguh senang.

inilah mobil sedan tersebut.😀

meski hanya berupa replika mobil, saya sungguh bersyukur atas pemberian ini. Sungguh ini merupakan sebuah pengalaman yang luar biasa buat saya.

Setelah berfoto bersama dengan latar belakang logo Hyundai. Rombongan  pamit dan bergerak meninggalkan Hyundai menuju rumah makan korea yang memiliki menu andalan bebek panggang. Di korea sebaik apapun restorannya, selama menunya daging maka bagi saya tidak ada nilainya. Sudah pasti saya tidak bisa mengkonsumsi daging yang dipotong dengan jalan yang tidak sesuai dengan cara halal yang saya yakini. untuk kasus ini, dalam kamus saya tidak ada wilayah tawar menawar. Pihak panitia menyediakan menu khusus bagi peserta beragama islam. Alhamdulillah, mereka mengerti. selain itu saya dan teman afganistan bisa mendirikan sholat dengan khusuk di restoran tersebut. sebuah bilik makan atas permintaan panitia disulap menjadi tempat sholat oleh pemilik Restoran. Sekali lagi, Alhamdulillah. hitung-hitung, cara ini juga menjadi peluang da’wah islam bukan?.

Setelah acara makan selesai. kami bergerak meninggalkan Asan menuju Joenju. Waktu perjalanan kali ini cukup lama. Diperkirakan kami akan berada di dalam bus selama 4 jam. Kali ini kami membunuh waktu dengan saling berdiskusi satu sama lain. selain bisa saling mengenal lebih jauh, melalui sebuah diksusi kita juga bisa saling berbagi informasi seputar perkembangan negara masing-masing. subhanallah. kembali saya tersadarkan betapa masih dangkal ilmu pengetahuan yang saya miliki.

demikian catatan cam WSK angkatan ke empat episode satu. sampai jumpa di espisode ke dua.

sumber foto and koleksi seorang teman dari filipina (thank you)

2 thoughts on “Catatan Camp WSK angkatan ke 4 Epidose I. Hyundai Asan Plant.

    1. syahjayasyaifullah says:

      wah..akhirnya antum mampir juga bro….
      tentu tidak, bro MySpace
      Ane tidak suka bebek sejak kecil, jadi dengan bebek bakar halal tidak kangen.
      Tapi kangen dengan yang lain<codeMySpace

      syukron dah mampir bro di rumah maya ini...ditunggu masukkannya.

Leave a Reply

