Habis Dingin Terbitlah Bunga

Seperti tulisan-tulisan saya sebelumnya , tulisan kali ini juga tak lepas dari topik musim. Lahir dan besar di negara dua musim seperti Indonesia mejadikan saya memandang musim dingin sebagai sesuatu yang unik dan kaya cerita. Selama di Indonesia, kata dingin hanya memancing saya untuk berfikir langsung pada es dan kulkas. Seputar dua hal itu saja, tak kurang dan tak lebih. Pengkayaan daftar kata-kata yang tiba-tiba berasosiasi dekat dengan kata dingin kemudian terjadi mana kala saya merasakan pengalaman hidup musim dingin secara langsung di Korea. Sungguh, berjuta makna sebuah kehidupan baru kemudian terpatri nyata dalam prastati fikir saya. Makna itu menjadikan saya bisa lebih memahami hakikat arti kata dingin dan filosofi tersembunyi dibaliknya.  Sekali lagi, semua isi dari tulisan ini akan selalu memiliki nuansa subyektifitas yang kuat dari saya sebagai penulis. maka sama sekali tidak dianjurkan menjadikan tulisan ini sebagai rujukan untuk tujuan apapun.🙂

Dahulu, kata dingin tak sama sekali berasosiasi dekat dengan bunga. Saya tidak pernah melihat orang Indonesia memiliki kebiasaan menyimpan bunga mekar di dalam Kulkas yang dingin. karena memang kulkas bukan tempat memajang vas dengan bunga mekar di dalamnya. Saya tak pernah pula menyaksikan peristiwa di mana ada bunga yang tumbuh anomali bermedia tanam batu es atau es serut. Demikianlah, sehingga otak saya tidak pernah menerima stimulasi luar untuk merekam bahwa kata bunga memiliki kekerabatan dekat dengan kata dingin. Tunggu dulu, bukan berarti kali ini saya ingin mengkabarkan kepada sobat bahwa selama tinggal di Korea saya melihat ada orang  Korea yang menaman bunga menggunakan media batu es. Sama sekali tidak ada. Saya hanya ingin mengutarakan kepada sobat bahwa sebuah pengalaman hidup akan mempengaruhi orang dalam membangun cara pandangnya. Cara pandang itu sendiri pada dasarnya merupakan rangkaian kata pembentuk kalimat argumentatif yang memiliki pengaruh kuat atas seseorang untuk mengambil sikap lanjutan terhadap respon luar yang datang kepadanya. Sikap lanjutan ini dapat berupa rangkaian kata yang terutarakan dalam bentuk lisan atau pun dalam bentuk aktivitas motorik yang kita kenal dengan sebutan amal perbuatan. Nah loh…mengapa tulisan ini menjadi serius gini ya?😀.

Kembali ke judul. Di korea, atau negara 4 musim lainnya, kita dapat mengamati fenomena perubahan alam yang amat mencolok. Musim panas dan musim semi menjadi musim semarak bagi semua mahluk Allah. Bunga-bunga bermekaran memancing takjub berjuta serangga. Para serangga mempergiat aktivitas mengumpulkan bekal tahunan mereka. Di kedua musim ini pula kemudian proses-proses penting terkait keberlangsungan hidup menuju generasi selanjutnya di upayakan. Berbeda lagi dengan musim gugur. Musim gugur dikenal khas dengan perubahan warna daun dari hijau menjadi berupa-rupa warna. Musim gugur pula menyajikan tontonan dari ada menjadi tidak ada melalui refleksi pengguguran daun bertahap yang dilakukan tanaman.

bagaimana dengan musim dingin?. Musim dingin membawa manusia merasakan sesuatu hal yang kompleks sedang berlangsung di ruang atmosfer mereka. Ibarat kata, musim dingin merubah ruangan terbuka menjadi sebuah kulkas raksasa sehingga semua jenis cairan yang tak terlindung akan menjadi batu es. Tidak berhenti disana, proses perubahan bentuk tiba-tiba itu kadang kala tak lepas dari peristiwa pelukaan yang sedikit memberi kesan sakit. Kulit berdarah bagi manusia dan cairan yang merembes keluar karena sel yang pecah bagi tanaman. Musim dingin juga memperlihatkan bentuk keunikan cara mahluk-mahluk Allah yang lain bertahan hidup. Musim dingin menampilkan kerasnya perjuangan setiap mahluk untuk tetap bertahan. Dingin memiliki makna perjuangan untuk terus bertahan hidup. Dingin adalah kata lain dari frase bersiaplah untuk berkorban lebih banyak.

Dingin mengajarkan semua makna lain seputar keoptimisan hidup. Dingin menampilkan cara berakhirnya sesuatu dengan tragis ataupun dengan cara bertahap namun pasti. Namun dingin juga mengajarkan makna setelah kesusahan, inshaAllah akan diikuti sebuah kebaikan yang berlimpah.

Demikian, habis dingin terbitlah bunga. meskipun dingin mengikis pertahanan pelaku kehidupan hingga sampai titik pertahan terkahir. meskipun dingin memudarkan hijaunya daun menjadi tak berwarna karena kematian. kering. meskipun dingin memeluk erat rangkaian kelopak bunga hingga lunglai dan terburai. dan meskipun dingin membanting perangkap tak terperi hingga butian air yang sedikit bebas bergerak kesana kemari mendadak terbatas geraknya hingga mengalami perubahan bentuk dari cair menjadi padat. Dahsyat. Namun dinginlah yang merayu sistem tubuh atau kehidupan untuk bertindak lebih bijak. Bijak melihat prioritas. Bijak memanfaatkan simpanan selama masa istirahat yang panjang. dan akhirnya musim dinginlah yang mengantarkan terbentuknya cikal bakal keindahan bunga-bunga yang akan melimpah setelah peristirahatan panjang itu. dan bunga adalah representasi dari alat penyambung kehidupan/ generasi bagi tumbuhan. Bunga adalah sumber rezeki bagi berjuta serangga. Bunga adalah kabar gembira menuju buah. dan bunga adalah pemanja mata dan hidung melalui aroma dan keindahan kelopaknya.

demikian sobat, habis dingin terbitlah bunga.

Kini saya melihat ada berjuta kata-kata positif sarat makna yang berkorelasi dekat [mendekat] degan kata dingin yang relatif baru akrab dengan kehidupan saya ini. dengan demikian, bilamana Allah mengundang dingin untuk menyapa kembali ke dalam musim kehidupan saya kini ataupun kelak, maka  [inshaAllah] saya akan menyambutnya dengan keluasan samudra kata-kata positif yang saya miliki di dalam dada lautan kesabaran dan syukur yang terus dan tak pernah berakhir untuk saya bangun dan pelihara.

lalu adakah persepsi baru sobat terkait frase pendek yang menjadi judul tulisan saya kali ini?.

mari berbagi, karena dengannya kita akan temui sesuatu yang mungkin belum pernah kita lihat sebelumnya.

waulahu’alam..

One thought on “Habis Dingin Terbitlah Bunga

  1. cyntia says:

    waduuuh..cari2 info tentang korea, malah mampir ke blog ente…hehe.

    Bagus om pengalamannya.. oya, coba deh om kirim cerita pengalamannya ke fesbuk Korea Tourism Organization Indonesia. Sekarang lagi ada lomba bikin cerita, lumayan hadiahnya free tiket ke Korea. saya lihat pengalaman2 om menarik semua.. siapa tau menang..hehe..
    nama event nya: my winter story, coba langsung cek aja di : Korea Tourism Organization Indonesia semoga berhasill…. Hahhaa

Leave a Reply

