POM bensin: Fuel Station, di korea

Pom bensin atau stasiun pengisian bahan bakar kendaraan di Korea tidak begitu berbeda dengan di Indonesia. Hanya saja jarang sekali saya melihat atau bisa dikatakan nyaris tidak bisa ditemukan perusahaan asing yang beroperasi di bidang usaha ini. Pemain lokal seperti GS dan SK oil menjadi pemain yang mendominasi. Satu dua POM bensin di jalankan sebagai usaha pribadi. Jadi di korea sistem perusahaan pribadi juga memungkinkan untuk menjalakan kegiatan bisnis di bidang ini.

Hal yang menarik terkait Pom Bensin di korea adalah selama saya menjadi penumpang bus atau angkutan umum antar kota lainnya, saya tidak pernah menemani sang supir dan bus “minum” dahulu di tempat ini. Dengan kata lain, aktivitas mengisi bahan bakar bagi kendaraan umum dengan penumpang berada di dalamnnya nyaris menjadi peristiwa langkah. Jika pun ada, hal tersebut pasti tidak lebih dari satu dari seribu peristiwa. Setelah dilakukan penyelidikan (yaelah), ternyata di setiap pangkalan angkutan umum, stasiun pengisian bahan bakar merupakan fasilitas wajib bagi sebuah pangkalan.  

saya melihat sebuah keteraturan demikian tidak lebih karena disebabkan adanya sistem manajeman yang baik dari pengelolah. Sistem manajemen yang baik memungkinkan satu sistem dengan sistem yang lain dapat diselaraskan. Salah satu contohnya adalah sistem pengaturan pangkalan angkutan umum yang baik bertemu dengan sistem regulasi pengisian bahan bakar yang baik bagi angkutan umum. Alhasil, sistem tepat waktu keberangkatan angkutan umum berjalan mulus tanpa harus khawatir dengan perkara kehabisan bahan bakar saat bus beroperasi. indahnya sistem yang baik.

demikian sobat. mudah2an bisa menjadi isnpirasi bagi perbenahan kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s