Jenis Jeruk Baru yang saya temukan di Korea

bismillah….

pagi ini mumpung ada waktu saya ingin menulis sedikit saja seputar jeruk.

Siapa yang tak kenal jenis buah yang satu ini?. Setiap orang bahkan tak hanya sekedar mengenal namun juga menjadi penikmat jeruk sekaligus pencinta budidayanya. selama pertengahan musim gugur sampai musim dingin akhir, jeruk merupakan buah primadona (karena jumlahnya yang melimpah) di Korea. Bisa saja saban hari jeruk menjadi buah konsumsi wajib bagi saya jikalau harga jeruk sudah relatif sangat murah.  Bilamana ada kesempatan untuk menyuplai kebutuhan vitamin C dari sumber alami mengapa  harus menggunakan bahan kimia kan?.

Selama saya di korea ada beberapa jenis jeruk yang baru saya temukan di sini. Saya tidak terlalu mengerti apa faktor yang menyebabkan mereka menjadi “barang” baru bagi saya. bisa jadi karena saya yang kurang gaul dalam dunia perjerukkan selama di Indonesia. Atau bisa juga karena memang mereka jeruk khas Korea yang belum terlalu merakyat di indonesia karena orang lebih suka menikmati K-drama dari pada K-jeruk.

Baiklah sobat. Mari saya kenalkan sobat dengan 3 jeruk yang baru saya temukan di Korea.

1. Jeruk mini kulit bisa di makan.

saya termasuk penggemar jeruk jenis ini. meski sedikit asam. murah?.

Saya tidak tahu nama asli jeruk ini. Awal perkenalan saya dengan jeruk ini saat saya berkunjung ke rumah seorang senior di seoul penghujung musim salju tahun 2009. Lucu juga saat saya berusaha mengupas jeruk ini seperti mengupas jeruk2 yang lainnya. Saya yang bucolic, berusaha keras membuka kulit jeruk yang super tipis. Jeruk ini kecil seperti jeruk masak. Kulitnya tipis seakan menyatu dengan daging buah. Sayang sekali jeruk ini masih berbiji meski dalam jumlah kecil, sehingga kita tidak bisa menikmati jeruk ini sekali lahap. Rasa jeruk relatif manis dengan kesan rasa asam yang masih dominan. Sulit saya temukan 100% jeruk ini berasa manis.

tak jarang jeruk ini juga dijadikan tanaman hias

2. jeruk manis isi dan kulit mirip jeruk bali versi kecil

maniezznya

Kalau rindu jeruk manis disela-sela menikmati jeruk nomor 1, biasanya saya membeli jeruk ini meski dengan harga sedikit lebih mahal. jeruk ini manis dan nikmat. saya suka sekali jeruk ini. Secara fisik jeruk ini mirip jeruk manis di indonesia, tepatnya seperti jeruk mandarin namun memiliki kulit tebal dan isi bersekat jelas seperti jeruk balinya indonesia. saat mengkonsumsi jeruk ini biasanya saya lebih suka dengan cara dibelah 4 terlebih dahulu dengan pisau. dengan cara ini kenikmatan rasa jeruk akan lebih terasa (karena kita tidak bersusah-susah terlebih dahulu dalam mengupas kulitnya yang keras).

bersama jeruk nomor 1.

3. terakhir jeruk jeju

Jeruk ini sangat terkenal dan kebanggaan orang Korea. sayang sekali saya belum pernah mengkosumsinya secara langsung. saya baru melihat gambar dan mencicipi produk olahannya saja. saya juga kurang paham akan kontradiksi ini, di satu sisi dikatakan terkenal di korea dilain sisi, kok saya belum pernah mencicipi  jeruk ini ya?. Hmmmm….entahlah yang jelas jeruk jeju ini unik. monggo kita lihat sama-sama gambar berikut ini yang saya peroleh dari sini.

unik ya?.

setelah di amati dengan seksama ternyata saya sering juga melihat jeruk ini. kalau begitu jawaban kontradisksi ini terasa langsung jelas jawabannya. mungkin harga jeruk ini mahal dan ini sudah menjadi alasan yang cukup bagi seorang mahasiswa seperti saya. mari kita cek suatu saat.

demikian sobat. pagi-pagi saya suguhkan jeruk…..:D

salam  hangat.

6 thoughts on “Jenis Jeruk Baru yang saya temukan di Korea

  1. Jihan Az-Zahra says:

    apa biaya hidup di korea termasuk mahal untuk seorang mahasiswa? bagaimana dengan yang berkerudung jika hendak kuliah di korea selatan? ada semacam rasis tidak?

    1. syahjayasyaifullah says:

      biaya hidup di korea cukup tinggi, terutama seoul. jika mau jadi mahasiswa, melalui beasiswa lebih baik, agar kurs tidak menjadi masalah karena nilai rupiah lebih kecil dari Won. Kerudung bukan menjadi masalah di Korea. Alhamdulillah mereka tidak rasis dan offensif. jadi jangan pernah buka kerudung kalo mau kuliah di Korea. lagian orang indonesia aja yang kadang suka buka dan tutup kerudung….aneh memang.

  2. Arief says:

    Hi Pak Syahjaya,

    Jeruk Jeju sudah dijual di Lotte Mart Hypermarket Indonesia.
    Di Korean Fair periode 17 September – 1 Oktober 2012 ini dijual seharga Rp 21,450/100 gr. Harga cukup mahal karena masih menggunakan Air Freight.
    Mudahan saya berkesempatan ke Jeju untuk sourcing awal bulan depan. Semoga biasa memperkaya buah bervitamin C tinggi yang sangat diperlukan kita semua.

    Salam,

    Arief

Leave a Reply

