catatan pilu untuk peristiwa itu…

bismillah…

baru saja membaca berita yang menyedihkan. Jika harta hilang bisa dicari, manakala kejujuran telah mati, bisakah ia kembali dibangkitkan?. entahlah. saya tidak bisa membayangkan apa yang terjadi 5,10 atau 20 tahun lagi ke depan, jika generasi yang berdemo mengusir orang yang tidak patut diusir itu tetap memandang bahwa kejujuran adalah sebuah kenistaan sehingga tak patut hidup berdampingan dengan mereka. Ya Rabb ada apa dengan bangsa hamba. tindakan pengusiran yang dilakukan warga kepada ibu Siami dan keluarga adalah tindakan simbolis betapa masyarakat kita telah muak dengan kejujuran oleh karena itu mereka mengusirnya. Mereka bukan ditinggal pergi kejujuran tapi mereka membuangnya. saya tak punya kata-kata ketika berusaha mengungkapkan perasaan saya akan peristiwa ini. inikah fitnah besar itu?.

Saya mengerti betul perasaan ibu Siami, Al dan keluarganya. Mereka merasakan sebuah kegamangan yang dahsyat, merasa tak menginjakkan lagi kaki di bumi. Mereka seakan terjebak dalam rimba hutan yang tak mengenal nilai dan aturan kebaikan lagi. Mereka bahkan bisa jadi, menjadi lupa sesaat apakah tindakan mereka memelihara kejujuran adalah sebuah kepatutan atau malah sebuah aib yang nista?. bisa jadi semua perasaan kontradiktif bergulir naik pentas dalam batin mereka. Mereka butuh dukungan. Mereka butuh senyum dan teriakan dari kita, bahwa yang mereka lakukan adalah hal yang sepatutnya dilakukan. Karena mereka beragama dan agama mereka memuji perbuatan yang mereka pilih. Ya Rabb, kuatkan keteguhan iman dalam batin pelaku kejujuran itu. Dan bukalah hati mereka yang menistakannya.Kami berlindung dari perbuatan demikian.

Ingin aku katakan pada mereka: ibu Siami dan keluarga. jangan pernah takut menghidupkan kejujuran dalam batin. ia akan menjadi jalan kalian ketika orang lain tersesat pada jalan-jalan mereka. Kalian akan merasakan manisnya buah kejujuran suatu saat nanti. Semoga Allah menjaga kalian semua, semoga Allah semakin kokohkanpendirian kalian. ingatlah, kalian tidak sendiri.

saya hanya bisa mengambil banyak pelajaran dari itu semua. Ya rabb, maaf kan kami.

***

 

3 thoughts on “catatan pilu untuk peristiwa itu…

  1. esthy says:

    kak .. gmn caranya yah agar saya bisa kuliah di Korea . saya sangat suka Korea . sekarang saya baru lulus SMA . susahkah kuliah disana ?

Leave a Reply

