[Tutorial sederhana] Mudahnya menindai (scanning) dokumen kertas menggunakan si Apel tergigit dan sambungan wifi di Korea.

bismillah…..

Saya tak tahu atas pertimbangan apa sehingga mesin penindai adalah satu-satunya peralatan kantoran yang tidak kami miliki di lab. Jika amat ingin menindai sebuah dokumen, rekan sekantor saya hanya menggunakan kamera DSLR nikon untuk mengambil gambar dokumen tersebut. Sudah tentu proses dan hasil penindaian dengan alat fotografi itu tidak semudah dan sebagus hasil tak kala kita menggunakan alat penindai secara khusus. Sejauh  ini memang bisa hampir dikatakan mereka (teman lab dan prof.) tak pernah menindai dokumen kertas. Berbeda dengan saya yang setidaknya sekali dalam sebulan menindai dokumen yang saya anggap penting untuk disimpan sebagai replika berbentuk pdf file. mungkin kenyataan terakhir ini ya yang membuat saya merasa sedikit “aneh” terkait fakta penindaian. ternyata memang saya saja yang merasa bahwa mesin penindai itu penting, sedangkan mereka tidak😦.

aplikasi pdf reader for ipod
aplikasi pdf reader for ipod

Suatu hari saat saya memiliki waktu luang. Saya mengotak-atik sebuah applikasi gratisan yang sudah cukup lama terinstal di dalam Ipod saya. Nama aplikasi tersebut adalah pdf reader lite. Semula aplikasi ini saya instal hanya dengan tujuan untuk menyimpan dan membaca file pdf. namun ketika saya mengotak-atik fungsi si aplikasi lebih jauh, saya menemukan satu fungsi bermanfaat lainnya. Iya. aplikasi ini bisa berguna sebagai mesin penindai. Cara kerjanya sama dengan mesin penindai lainnya. Namun proses memasukkan input file tidak dilakukan dengan menindai dokumen melainkan dengan cara dipotret menggunakan kamera yang dimiliki si apel tergigit. Melalui menu penindaian ini kita bisa mengedit file dan mengubahnya menjadi file berbentuk pdf. File dapat disimpan atau pun dikirim secara langsung menuju email dan siap digunakan untuk keperluan selanjutnya.

tak lebih dari 2 menit file sudah sampai di dalam inobox email kita.

berikut langkah detil dan sederhana penindaian menggunakan perangkat lunak pdf reader dari sebuah Ipod 4G.

1. siapkan dokumen yang akan ditindai

2. ambil gambar dokumen dengan menggunakan kamera

3. edit berupa crop, pengaturan gelap terang, rotasi dll.

4. simpan dengan nama file yang dikehendaki

5. file dapat dikirim menuju email kita secara langsung dengan 3 pilihan ukuran file yang berbeda.

hail penindaian dokumen cukup baik.

contoh file hasil tindai menggunakan Ipod dan aplikasi yang dimaksud

selamat mencoba.

Leave a Reply

