[JADI korea] Hal dan benda statis di Korea

Sobat semua, slamat pagi Jumat berkah. Salam semangat full syukur dan sabar.

sudah lama kita tidak bersuamelalui rubrik ini ya?.Hmmmm…baiklah saya ingin menjumpai sobat  melalui rubrik [JADI korea] kali ini.

Melihat judul tulisan saya pada kesempatan ini mungkin alam pikir sobat  langsung membangun ruang tanya yang luas seputar apa gerangan maksud yang ingin saya sampaikan melalui frase judul yang sedikit ke-fisika-fisika-an itu. Apa pula “hal dan benda” statis ini :D?.

Ha…ha….tidak sobat. Tulisan kali ini sama sekali jauh dari hal-hal rumit nan kompleks dunia fisika. Tulisan ini hanya akan membahas topik ringan seperti tulisan sebelumnya yang saya masukkan ke dalam kategori rubrik [JADI korea] ini.

Tulisan ini sebenarnya terinspirasi dari kumpulan foto seorang senior di Korea. Saya meminjam istilah statis yang secara sederhana diartikan sebagai lawan kata dinamis.  Ternyata di Korea yang terus berubah secara dinamis menuju fase kehidupan modern menurut definisi dunia kebanyakkan, juga memiliki sisi statis alias tidak berubah dari tahun ketahun.

Dalam tulisan (meski pada faktanya akan didominasi foto) ini saya akan terus melakukan update karena sudah pasti akan banyak hal-hal yang tak terduga bisa saya temukan selama tinggal di Korea dan memenuhi kriteria tulisan ini. Sebagai informasi bagi sobat semua, pada tanggal 29 Agustus nanti, usia tinggal saya di Korea akan genap 2 tahun. Cukup lama juga ya?. Semoga semua akan berakhir dengan baik. Amin.

sekali lagi parameter statis itu akan mengikuti opini saya. Ya…hanya atas pertimbangan saya saja karena memang saya yang menulis. jadi seperti halnya tulisan yang lain, sangat tidak saya anjurkan dijadikan rujukkan ilmiah bagi sobat semua. Jika terdapat hikmah dan kebaikkan dari tulisan ini, silahkan diambil. Sebaliknya, jika ada kesalahan di sana-sini, maka mohon diingatkan.

Baiklah. mari kita langsung mulai membuat list panjang apa-apa saja (hal dan benda) yang masuk dalam kategori statis di tanah gingseng ini. Yuk mari mulai mebuat daftar. Kali ini saya akan mulai dengan……

1. Piagam.

tampilan luar dengan balutan bahan beludru. statis dalam hal pilihan warna, bahan beludru dan kertas kaku.
tampilan luar dengan balutan bahan beludru. statis dalam hal pilihan warna, bahan beludru dan kertas kaku.

Saat kali pertama menempati meja kantor kira-kira 1,5 setengah tahun yang lalu saya mendapati sebuah piagam berangka tahun 2006. Tampilannya ciamik dan sudah pasti menunjukkan bahwa si pembuat piagam amat menghargai alasan mengapa piagam itu dikeluarkan. Piagam disimpan di dalam sebuah map (bukan peta ya :D) khusus. Bagian luar map dibungkus kain bahan beludru yang memunculkan kesan elegan. Map terbuat dari bahan kertas yang cukup keras. Nah. si piagam disisipkan di dalam map dengan proposional. Uniknya, selain bentuk map ini terkonservasi hingga sekarang, ini terbukti saat saya mendapat piagam dari One Asia Club tahun 2011. Saya mendapatkan map yang serupa persis dengan map yang saya jelaskan terdahulu. Ternyata map ini juga bersifat statis dalam selera warna yang dipilih pembuat map. sungguh, map ini hanya berwarna satu jenis dari tahun ketahun, yaitu warna biru dongker saja.  Mungkin sobat juga akan menemukan pilihan warna lain. tapi hingga tulisan ini dibuat, saya belum pernah menemukan warna lain untuk jenis map yang benar2 statis setidaknya dari tahun 2006 tersebut.

aksesoris bagian dalam yang juga tak kalah statis :d

Saya temukan fakta statis seputar piagam ini lebih detil. Ternyata format penulisan piagamnya pun tak kalah statis 100%. Saya menemukan fakta bahwa format penulisan piagam berangka tahun 2006 itu sama persis dengan format piagam terbaru yang saya peroleh. padahal piagam tahun 2006 itu dikeluarkan dengan tujuan berbeda dengan pengeluaran piagam yang saya terima. dengan fakta tersebut saya dapat simpulkan jika piagam di seantero korea berhasil kita nobatkan sebagai salah satu benda statis di Korea.

format piagam yang statis sekaligus singular digunakan seantero Korea.

berhubung saya harus sholat jumat di masjid maka kita akan sambung di lain waktu…..

One thought on “[JADI korea] Hal dan benda statis di Korea

Leave a Reply

