[Korea dalam kenangan] Dujeong Dalam Gambar dan tulisan

Tulisan di bawah tag [Korea dalam kenangan] adalah kumpulan corat coret atau tulisan bebas, gambar maupun video yang berhasil saya kumpulkan selama 2,5 tahun dalam masa “numpang” menetap di negara Kimchi. Semoga semua materi yang dimasukan dalam kelompok penanda [Korea dalam kenangan] ini bisa memberikan manfaat untuk pembaca.

motivasi awal postingan ini sih untuk menyelematkan semua materi visual yang sekali lagi (numpang) di komputer kantor. Berhubung saya belum memiliki external hardisk, sementara masa numpang tinggal di sini akan segera habis. Dari pada semua material itu dibuang, ya saya simpan saja secara online dalam bentuk postingan.

This slideshow requires JavaScript.

***

Stasiun Dujeong saya sebut beberapa kali dalam tulisan berjudul: How to reach Cheonan Mosque (Al madina Mosque)? dan How reach Indonesian embassy, seoul from Cheonan. Saya berkenalan pertama kali dengan stasiun ini tak kala berusaha menyiasati perjalanan dari Seoul-Cheonan agar menjadi perjalanan yang optimum. Setelah melakukan percobaan dengan pengulangan berpuluh-puluh kali, maka saya menyimpulkan bahwa hipotesis saya : “stasiun Dujeong lebih dekat dengan lokasi kampus dan tempat tinggal saya dibandingkan stasiun Cheonan itu sendiri”, dapat diterima.

Sejak perkenalan itu, perjalanan dari Cheonan ke Seoul atau sebaliknya tak pernah lagi membawa saya “menjenguk stasiun Cheonan”. Serasa sudah tidak tinggal di Cheonan lagi saja. Perasaan saya kala itu. Alah, tidak terlalu berhemat waktu sebenarnya. Jarak tempuh Cheonan-Dujeong itu tak lebih dari 4 menit dengan subway (kereta listrik). tapi sistem transformasi di Korea menjadikan perbedaan jarak 4 menit itu merubah langkah mobilisasi dengan sarana transporatasi umum selanjutnya. Dan jika tujuan saya adalah rumah atau kampus, dalam perjalanan dari Seoul, menjadikan Dujeong sebagai stasiun terakhir adalah pilihan yang paling sempurna. Demikianlah sebuah sistem terencana menjalankan fungsi kerjanya. Begitulah sedikit gambaran betapa sistem transportasi umum di Korea sudah bisa dikatakan sebagai sebuah sistem transportasi terencana dengan baik, rapi dalam struktur integrasinya dan memudahkan para penggunanya. terkait dengan cerita 4 menit tadi, ini namanya, perbedaan yang dimunculkan berdasarkan kebutuhan dan tujuan tertentu. 4 menit yang menentukan.

***

 

Leave a Reply

