Bagaimana memasukkan gambar ke dalam tubuh (body) emali: studi kasus email berdomain yah**

Saat saya harus mengirim email dengan menghindari semaksimal mungkin penyuguhan tahap download bagi penerima ketika ia ingin mengetahui isi dari email yang saya kirim. Karena penerima email saya kali ini memang terbilang belum kenal saya dan teramat sibuk. Saya harus berpikir keras dan sedikit bertindak kreatif agar meskipun baru sekali klik, si penerima langsung bisa mengetahui isi email saya secara umum dan yang terpenting, ia terpancing untuk tahu lebih jauh dan kemudian membalas sesuai dengan harapan dan makusd pengiriman email tersebut.

Saya berinisiatif menyajikan gambar yang memiliki kesan yang mendalam bagi si penerima  ke dalam body (badan) email. dengan demikian diharapkan bilamana sang penerima (baik secara kebetulan maupun dengan niat) berkesempatan melongokkan matanya untuk singgah sejenak ke email yang saya kirimkan ia akan sesegera mungkin menyadari bahwa email ini penting untuk beliau tindak lanjuti (minimal membalasnya dengan pemberitahuan bahwasanya email yang saya kirim sudah ia baca). Jika hal ini terjadi, peristiwa selanjutnya antara saya dan sang penerima akanh mudah untuk diperkirakan.

Memasukan gambar ke dalam tubuh email?. Sebuah pengalaman baru buat saya. Saya bernostlagia,  beberapa kali saya sering menerima email serupa di banyak grup milis yang saya ikuti. tapi sejauh ini saya belum pernah menjadi pengirim jenis email yang dimaksud, melainkan penerima saja. Saya segera mampir ke mesin pencari di internet dan saya ketikan kalimat yang mirip dengan judul posting saya kali ini. hasilnya?. belum terdapat penjelasan yang lengkap dan sederhana terkait dengan pertanyaan saya kali ini. untuk itu saya ingin berbagai pengalaman kepada sobat semua,

bagimana memasukkan gambar ke body email dengan basis account email di yah**:

langkah praktisnya adalah sebagai berikut:

hal-hal yang perlu kita persiapkan sebelum mengetik email:

1. file foto yang akan dimasukkan ke dalam tubuh email

2. laman internet pribadi seperti blog dan album foto online seperti photobucket atau flickr yang akan kita gunakan sebagai tempat memasukkan file foto ke dunia maya. tujuan dari langkah ini adalah agar kita bisa memperoleh alamat penyimpanan file foto kita di dunia maya (ada yang menyebutnya sebagai alamat URL). Saya menggunakan blog di wordpress.com.

(jika foto yang akan kita gunakan adalah foto bebas (bukan milik sendiri) kita bisa langsung menggunakan semua jenis foto yang sudah diposting ke dunia maya oleh orang lain dengan carayang akan saya jelaskan selanjutnya (lihat langkah dalam penjelasan di bawah ini). tapi jika kita melakukan tindakan ini, jangan lupa minta izin dan mencantumkan sumber gambar.

3. Internet browser apa saja (IE dan Mozilla atau lainnya dapat digunakan. IE dan Mozila sudah saya uji coba dengan memberikan hassil yang baik). jadi pendapat sebagian tulisan mengatakan bahwa metode ini hanya bekerja dengan menggunakan IE saja adalah salah besar besar.

pembuatan email:

Buat email seperti biasa. Pembuatan email lebih baik dilakukan dengan menggunakan metode copy dan paste dari file berbasis word: kita ketik isi email secara lengkap di word microsoft office –> copy dan paste semua tulisan perparagraf kecuali gambar (jika ada) dari word ke kotak ketik email –> masukkan gambar dengan cara:

PASTIKAN mode pengetikan email sudah diubah ke mode “RICH TEXT”. Mode “PLAIN TEXT” tidak mendukung penyisipan gambar ke dalam tubuh email (gambar 1).

Gambar 1. Lokasi Pengaturan tipe mode teks

jika menggunakan gambar sendiri:

*masukkan (post) file foto ke dalam blog atau jenis penyimpangan foto atau gambar gratisan lainnya di dunia maya –> seperti cara memblok teks di word microsoft office kita blok gambar yang kita posting tadi –> klik kanan dan pilih “copy” –> pindah ke kotak ketik email –> kilk kanan dan paste dilokasi di mana kita ingin sisipkan gambar –> pastikan kursor berada di sisi gambar–> atur posisi teks: rata kiri, di tengah. atau rata kanan –> gambar akan berposisi sesuai dengan mode orientasi teks yang kita pilih –> gambar berhasil di masukkan ke dalam tubuh email. (SUKSES, insyaAllah)

Gambar 2. Gambar yang terblok dengan cara didrag serupa dengan cara memblok text di word. setelah gambar terblok kita dapat mengcopynya dengan cara klik kanan dan plik "copy"
Jika menggunakan gambar yang sudah ada di dunia maya (contoh kasus dari sebuah blog)

*kita langsung bisa loncat ke langkah berikut: seperti cara memblok teks di word microsoft office kita blok gambar yang kita posting tadi –> klik kanan dan pilih “copy” –> pindah ke kotak ketik email –> kilk kanan dan paste dilokasi di mana kita ingin sisipkan gambar –> pastikan kursor berada di sisi gambar–> atur posisi teks: rata kiri, di tengah. atau rata kanan –> gambar akan berposisi sesuai dengan mode orientasi teks yang kita pilih –> gambar berhasil di masukkan ke dalam tubuh email. (SUKSES, insyaAllah)

Gambar 3. Gambar yang sudah tersisipkan ke dalam tubuh email.

demikian sobat, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

One thought on “Bagaimana memasukkan gambar ke dalam tubuh (body) emali: studi kasus email berdomain yah**

  1. Azk Hs says:

    Bisa juga menggunakan Ms Paint yang dibuka di jendela baru..
    Foto di buka dgn Ms-Paint
    Select All (ctrl+A) atau select sesuai keinginan
    Copy (Ctrl+C)
    Lalu di halaman Email depan, klik kanan mouse, pilih paste…🙂

Leave a Reply

