Ada Mie SHIN RAMYUN berlabel halal di Indonesia: Tinggalkan yang haram!.

Kemarin saya sempat berkunjung ke Pejaten Village, menunggu istri yang masih berada di perjalanan. Saya memilih masuk ke dalam Hypermart. Saya ingin menikmati makanan ringan dan duduk di pojong ready to eat. Berjalan dari Musholah menuju lokasi yang saya maksud, mengharuskan saya melewati sejumlah meja pembayaran yang sesak oleh antrian para konsumen. Sebagian dari mereka menunggu giliran untuk membayar sedangkansebagian lainya sibuk bertransaksi dengan kasir: membayar barang belanjaan sebelum bisa dengan bebas dibawa pulang.

Tak sengaja saya melewati sebuah meja pembayaran dengan seorang ibu sedang memindahkan barang belanjaannya ke meja kasir untuk ditindai satu persatu. kebetulan saat itu sang ibu baru saja meletakkan sebuah bungkusan mie instant yang cukup familiar dan memberikan kesan yang kuat bagi saya ketika tinggal di Korea beberapa bulan yang lalu. Ya, mie instant itu adalah tokoh utama dalam tulisan saya di sini. Yang menarik, ternyata apa yang saya temukan kemarin adalah mie instant yang 100% mirip dengan mie instant berlabel HALAL dalam tulisan tersebut. Saya mengamati mie itu seksama, berulang-ulang, mencoba untuk memastikan apakah itu” tipuan optik” atau benar adanya. Alhasil, saya pastikan mie ramyun dengan kemasan merah bertulisan Hanggul dan Hanja hitam itu nangkring di kemasan bersamaan dengan logo hijau KMF yang 100% kembar identik dengan gambar yang saya cantumkan dalam link tulisan tadi.

Subhanallah, lepas berulang-ulang menemukan mie-mie korea tanpa label halal dan penerjemahan berkesalahan fatal terkait urusan HALAL-HARAM, dimana tulisan “돼지 고기” diartikan menjadi BEEF dalam bahasa inggris, padahal arti sesungguhnya adalah PORK. Akhirnya saya menemukan mie yang sama dengan apa yang saya harapkan sebelumnya. Mie instant Shin Ramyun berlebel halal Korean Muslim Fondation (KMF). Mudah-mudah kehadiran mie ini bisa menjadi pilihan wajib bagi saudara-saudara kita yang kadang kala kegilaan mereka pada Korea membuat mereka mengenyampingkan urusan dunia akhirat: halal-haramnya makanan yang di makan tersebut. Yok mari sobat, islam itu mudah dalam mengatur urusan makanan. tapi jangan kita remehkan karena kemudahannya. Jangan sampai deh, ibadah kita tidak diterima dan doa kita tertolak hanya kerena kita memperturut hawa nafsu berupa kefanatikan kita pada apa-apa yang berbau korea mengalahkan kepekaan kita dalam memilih makanan.

demikian sobat.

semoga bermanfaat.

6 thoughts on “Ada Mie SHIN RAMYUN berlabel halal di Indonesia: Tinggalkan yang haram!.

  1. tania says:

    terimakasih infonya.. saya pernah baca, di Korea daerah yg banyak muslimnya itu di Itaewon ya?? Kemarin saya liat di komunitas blog Kompasiana/vivalog pernah ada tentang restoran halal di Korea. Korea Tourism Organization Indonesia juga pernah bahas tentang ini. Jadi gak takut jalan-jalan ke Korea karena makanan. Oya, kunjungi blog saya ya: http://lestaritania.blogdetik.com/ lagi ikut lomba blog gratis ke Korea nih… semoga bisa ke Korea gratis… klo mau, ikut aja..rame2.hehe

  2. Diane Im says:

    Hello.
    I’m PR management staff of ‘Korea’ brand being executed by presidential Council.
    I knew that you are related with Korea brand.
    Therefore I’m writing to ask your help.

    ‘Han-Book'(e-BOOK about Korea’s everything) will be released soon.

    Do you mind if I ask you to write a posting on your blog about ‘Han-Book’?
    It should include some pictures and informations connected with ‘han-Book’.
    Moreover at the end of posting, it should have button or url linked to ‘han-Book’.
    Of course we will offer enough references about that and, you can require also.

    This is a sort of pre research for preparing ‘han-Book’ PR.
    I just want to know your opinion.

    I’m expecting to receive your reply as soon as possible.
    Thank you.

Leave a Reply

