Menyetarakan Ijazah

Setelah kelulusan resmi di bulan februari 2012, akhirnya baru kemari (26 Agustus 2012) kedua tanganku mampu menyentuh beberapa lembar kertas berbungkus map biru tua beludru dengan sedikit tulisan timbul berwarna emas di bagian sampul depannya itu.

fuhmmmm….lega rasanya.

seperti kerinduan yang meluap menjadi puas demikian perasaa itu hadir saat bertemu dengan Atta yang membawa titipan dokumen penting kelulusan itu dan menyerahkannya ke pelukan ku dengan mengambil setting persimpangan kotak depok  yang sibuk, temaram dan sedikit kotor udaranya. Ingin berlama-lama berbincang dengan Atta, tapi hal itu kemudian pupus. Sembari menyerahkan barang titipan, Atta memberikan tanda bahwa beliau sedang diburu waktu sesaat sebelum kami saling berjabat tangan.

“Maaf sedang ada tamu” ujar Atta sembari menyerahkan map biru beludru itu.

lepas beberapa kali berjabat tangan. mengenalkan Atta dengan keluarga besar yang mengatarkan aku hingga sampai persimpangan depok itu serta menitipkan kembali sebuah buku kepada Atta untuk diboyong ke negeri gingseng, kami berpisah.

Kini aku meninggalkan depok dengan membawa PR lanjutan terkait dengan dokumen-dokumen kelulusan master ini. langkah lanjutan itu bertajuk PENYETARAAN IJAZAH.

setiap hal yang baru akan sedikit membutuhkan perhatian lebih. demikian yang terjadi dengan perkara yang satu ini. menghabiskan waktu genap 6 bulan hanya untuk memperoleh lembaran foto copy ijazah dengan cap legalisir kedutaan besar RI di Seoul. Dengan bantuan Mas Doddy dan beberapa rekan lainnya di Seoul akhirnya ijaza itu berhasil dilegalisir. Lepas dengan urusan legalisir, semua dokumen perlu dibawa ke Indonesia untuk dipertemukan dengan tuannya. Secara kebetulan, musim panas adalah musim migrasi para mahasiswa ke negara asalanya dibawah modus umum berulang bernama liburan musim panas. Secara kebetulan juga, seorang rekan bernama Atta berkenan membawakan dokumen penting milik ku tersebut. karena beliau tinggal di depok maka aku yang tinggal di jakarta selatan memilih untuk bertemu muka langsung ketimbang menggunakan jasa pengiriman barang. pilihan ini berbeda dengan pengiriman 2 copy tesis milik ku yang juga dititpkan kepada teman yang mudik ke indonesia namun tinggal di sumatera utara. Tesis, alhamdulillah hari ini juga berhasil sampai dengan selamat ke rumah keluarga besar ku di bilangan warung buncit, Jakarta Selatan. semoga semua mereka yang mempermudah urusan ini mendapat balasan pahala yang melimpah dari Allah sang pemberi balasan yang paling adil. amin.

Mumpung masih ada waktu. Aku mencoba sedikit memokuskan perhatian pada urusan penyetaraan ijazah ini. tanya sana sini, seorang rekan memberikan bimbingan singkat melalui ruang chatting jejaring sosial, alhasil aku dipertemukan dengan link berikut. dari link tersebut semuanya menjadi lebih mudah. insyaAllah, dalam waktu dekat akan ku tuntaskan urusan penyetaraan ijazah ini. berkah!!!.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s