Ketidakpastian, Ciri Khas Nuansa Tradisionalitas Kita

Dulu saat Pak Saiful Bahri menjelaskan tetang ciri-ciri pasar dunia dalam pelajaran ekonomi di bangku SLTP aku tertarik dengan pasangan sifat antara kata “tradisional” dan “ketidakpastian”

dalam kesempatan lain kata ketidakpastian bermodifikasi menjadi tidak termanajemen dengan baik, tidak memiliki spesifikasi, serta frase-frase lain yang ujung-ujungnya memuat nilai-nilai ketidakpastian dalam berbagai bentuk ungkapan dan penggunaananya diberbagai kesempatan.

maka kemudian kata ketidakpastian inipun bisa kita temukan dibanyak kesempatan dalam  kehidupan kita sehari-hari.

dulu seorang sahabat bertanya kepada saya mengapa bangsa Korea Selatan yang memiliki usia kemerdekaan selisih dua hari dengan proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia versi lapangan IKADA itu mampu mengatur sistem transportasi publiknya dengan sistem yang amat rapi dan terkontrol. Saat itu aku sedikit bingung ingin menjelaskannya. Sudah tergambar sih jawabannya, tapi aku merasa tidak prkatis dan simpel.  Aku mencari jawaban singkatnya. Saat itu aku belum menemukannya. Hari ini aku bertemu jawabannya.

Mari kita kaitkan penjelasan guru Ekonomi SLTP ku dengan pertanyaan seorang sahabat tadi. Apakah sahabat bertemu titik temunya?.

tepat sekali.

Bangsa Han telah menjadi bangsa yang lebih modern dibandingkan bangsa kita, itu jawaban singkat dari pertanyaan seorang sahabat tadi. Dengan kemodernannya, bangsa korea mampu mengatur dan menghadirkan kemudahan transportasi untuk rakyatnya. secara parsial, memang nyatanya bangsa Korea memiliki sistem transportasi yang jauh lebih maju dibandingkan dengan negara kita.

terkait dengan ketidakpastian didalam bidang transportasi aku ingin sedikit berbagi

Leave a Reply

