Bagaimana menuju masjid Masjid Ammar & Osman Ramju Sadick Islamic Centre (Masjid Wan Chain, Hong Kong) dari KJRI

seperti perjalanaan LN lainnya, sholat di masjid lokal adalah menu wajib yang harus dilakukan.

sebelum masa jatah jamak bagi musafir habis, biasanya saya akan mulai sibuk bertanya sana sini di mana lokasi masjid terdekat. alhamdulillah pengalaman sholat berjamaah di masjid lokal negara tujuan saya melancong atau perjalanan dinas selalu menjadi pengalaman paling tak terlupakan.

bagaimana dengan sobat?.

insyaallah juga ya!🙂

dalam tulisan kali ini, saya ingin berbagi cerita narasi dengan tajuk menuju masjid wan chain dari KJRI.

Oh iya, di Hong Kong (HK) negara kita belum memiki kedutaan besar. kita hanya memiliki KJRI yang mengambil peran 100% sama dengan peran dan fungsi KBRI. memang ada sedikit perbedaan dan batasan kerja karena status hubungan kedua negara secara diplomatik. untuk jelasnya mengapa ada KBRI dan KJRI di sebuah negara asing. sobat bisa lacak dan cari tahu di mesin pencari ya.🙂.

ngandalin ilmu sedikit dari bangku sekolah dulu, setahu saya KJRI itu ada karena hubungan antara negara asing dan negara kita masih sebatas bidang tertentu. sedangkan KBRI, menandakan bahwasanya hubungan diplomatik antar negara asing dan negara kita sudah 100% dan lebih dari satu bidang saja. kurang lebih begitu CMIIW

lanjut….

KJRI kita, beralamat di pusat kota HK, seputaran Causeway bay tepatnya. Causeway bay sepertinya terkenal dengan pusat perbelanjaannya. ya bisa dikatakan, causeway bay adalah jantungnya kota HK. oh iya, HK bisa dikatakan negara kepulauan. perbedaannya dengan indonesia yang juga mengklaim diri sebagai negara kepulauan adalah HK adalah kepulauan seuprit tak lebih besar dari pulau jawa. sedangkan negara kita adalah truly archipelago country: besar, ribuan pulau plus indah dan sejuk tentunya.

panjang sekali pembukaanya. bisa bias fokus nanti tulisan ini.

kita kembali ke topik.

KJRI bermarkas di jalan Keswick. Nama gedung KJRI tercinta kita adalah ” Indonesia building”Image

bukan. Gedung yang ada di dalam gambar di atas, bukan gedung KJRI yang saya maksud. gedung KJRI berada di seberang jalan gedung ini.

Image

tak kalah megahkan?. hahaha. saya tidak yakin betul apakah gedung yang menjulang di atas tulisan Indonesia building itu juga merupakan bagian dari KJRI. kita lewatkan saja pembahasan ini. tapi untuk kebanggaan nasionalisme kita, kita anggap saja satu blok gedung yang di lantai dasarnya bertuliskan Indonesia building itu adalah gedung KJRI secara keseluruhan.

mari siap-siap berpetualang menuju masjid.

kita mulai perjalanan dari tanda jalan Keswick tadi. susuri troktoar yang membentang dari tanda jalan tadi hingga bertemu percabangan tiga. di sepanjang jalur ini kita akan banyak menemukan merek khas indonesia berjejer di sebelah kanan kita. mereka berjajar bersisian dalam bentuk kantor yang tidak berbeda dengan kantor dan toko milik orang HK. pertama kita akan bertemu dengan salah satu operator tertua indonesia dilanjutkan dengan beberapa bank besar indonesia mulai dari swasta sampai negeri.

saat bertemu pertigaan T, kita berbelok kanan. sejak mulai belokan pertama kita akan melihat satu bank lain yang berposisi di sebelah kiri kita. susuri trotoar setelah kita berganti jalur kanan tadi. mata akan melihat sebuah lampu lalul lintas dan zebra cross

Image

bersiap untuk menyebrang. tapi pastikan lampu pejalan kaki menunjukkan warna hijau. jangan tergoda oleh beberapa warga HK yang menyebrang meski lampu masih berwarna merah. kata istri saya, jika sedang apes ada polisi melihat kita melakukan tindakan kriminal menyebrang sebelum lampu pejalan kaki berwarna hijau, kita bisa dikenalan denda kurang lebih sebesar 5.000 HK (kurang lebih begitu nilainya. saya malah ingat denda merokok sebesar 5.000 HK dan buang sampah sebesar 1.500 HK). untuk cerita menyebrang belum yakin 100%, karena hingga 3 hari di HK ini saya belum menemukan dengan mata kepala saya sendiri stiker atau papan peringatan soal pelanggaran pejalan kaki itu. kalo soal merokok dan buang sampah, sudah saya baca sejak pertama kali keluar bandara, tepatnya di dalam bus bertingkat. tinggal kalikan saja 1.300. gede banget ya. suatu kali saya iseng bertanya.

“lalu, si orang HK yang bandel gimana donk. bebas hukum?” pertanyaan penasaran saya.

“gak. semua sama di depan hukum!. bedanya, kalo merekan tahu kapan ada polisi dan kapan tidak. selain itu jika pun apes. ya kecil bagi mereka nilai segitu. ya gak kerasa-kerasa amat jika dibandingkan kita yang memiliki nilai mata uang bernilai tukar rendah”

ya…ya… saya mengerti. kesimpulan saya, di mana saja banyak juga orang jahil yang hobi sekali melanggar peraturan.

kita lanjutkan perjalanan.

setelah lampu hijau. segera menyebrang. dalam garis lurus kita lanjutkan saja penyisiran troktoar yang ada di depan kita saat menyebrang.

sepanjang troktoar kita akan menemunkan toko makanan yang sesak. tidak hanya  penuh dengan tumpahan pengunjung, namun memang sudah sesak karena setting toko yang pada sekali.

Image

habis jalur ini. kita akan bertemu toko pakaian forever 21 di sebelah kiri

dan gedung pusat perbelanjaan SOGO yang berada sedikit menjauh di sebelah kanan kita.

Image

kita siap-siap untuk berbelok kiri menyusuri toko forever 21 yang memang berlokasi di hook jalan.

langkah selanjutnya akan disambut dengan tanjakan tunggal ringan. terus saja kita berjalan lurus hingga bertemu toko apple besar sekali di sebelah kanan sebelum kita menemukan percabangan 4.

Image

toko brand populer yang di bidani oleh steve job ini berloksi di jalan Kai Chiu (wah. saya promosi-in si apple dapat apa ya?. mudash2an dapat mac pro :))

jangan mulai berpikir belok kanan hanya karena tergoda oleh lambang besar apple tergigit pada atap toko.

untuk ke masjid kita harus berjalan terus pada jalur lurus🙂.

selanjutnya kita akan bertemu zebra cross lagi. namun titik kali ini lebih padat dan ramai baik oleh manusia maupun kendaraan umum seperti taxi, tram dan bus bertingkat.

Image

terus berjalan lurus. lewati time square di sebelah kiri.

dan temukan jalan kecil di bawah jalan layang sebelum kita menemukan pasar jalanan atau pasar tradisional BOWRINGTON ROAD MARKET.

terus saja berjalan lurus di bawah jalan layang. masuk dan susuri pasar. temukan persimpangan 4 di dalam pasar dan terus berjalan lurus.

Image

masuk ke jalan yang bertanda forbidden dalam foto di atas.

sobat akan temukan (lagi-lagi) penyebrangan.

penyebrangan ini insyaallah yang terakhir. terus konsentrsi dan pilih jalan lurus  yang mulai menanjak. untuk mengecek kebenaran jalur yang sobat pilih: pastikan sobat menjumpai Volkwagennya HK di sebelah kiri lepas menyebrang.

terus menanjak hingga menemukan gedung dengan nama THE CARTER HOUSE. jika sudah melihat tulisan nama gedung tersebut jangan malah takjub dan mengira jika masjid tujuan kita adalah gedung tersebut. kita kebagian jalur parkirnya saja🙂.

Image

masuk ke bawah gedung (terowongan yang terlihat pada gambar) yang berarti sobat akan melewati parkiri kecil gedung, dan…….

masjid yang kita tuju sudah menunggu sobat dengan setia di belakang gedung.

tak kalah gagah dengan gedung sekitar termasuk si gedung rumah sewa, masjid Wan Chai atau masjid Ammar Osman juga terbilang mewah. gedung masjid terdiri dari 8 lantai. dikelolah mendiri dan tidak berbagi dengan pihak lain. artinya, keseluruh lantai digunakan 100% untuk keperluan aktivitas masjid. masyaallah, alhamdulillah.

SAM_3561

kita sudah sampai masjid, alhamdulillah.

kita akan disambut oleh suasana masjid yang bersih dan nyaman. untuk sobat pria bisa sholat di lantai 3 dan muslimah di lantai 4. semua dapat melakukan wudhu terlebih dahulu di lantai 2.

SAM_3582

SAM_3583

alhamdulillah.

semoga bermanfaat dan sampai ketemu di sana sobat semua.

causeway bay, 2 agustus 2013, 23 ramdhan.

Note: masjid juga dapat ditempuh dengan menggunakan tram. berjalan sedikit ke arah jalan utama dari KJRI. tanpa menyebrang atau berpindah sisi jalan kita cari halte tram. hanya degan berhenti 3 kali, kita langsung dapat menjangaku lokasi masjid setelah melewati gang kecil tak lebih dari 10 menit. tampilan yang akan kita temui dari akses alternatif ini seperti pada gambar di bawah.

SAM_3564

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s