Membuat ID iTune tanpa Credit Card (Kartu Kredit)

Sejak bersentuhan dengan dunia per-apple-an, saya merasakan satu perasaan dominan diatas perasaan minoritas lain yang mungkin ada ataupun sama sekali tidak ada: ribet!. Ya, berurusan dengan Ipod touch itu ribet. Jika dahulu, menggunakan produk gagasan Steve Jobs ini unggul dalam hal kecanggihan teknologi layar sentuhnya. Hari ini, semua itu tinggal kenangan. Hanya tertinggal cerita dan prestisius bagi pengguna lambang apple tergigit itu saja.

Untuk memulai penggunaan piranti produk ini harus memiliki ID iTune. ID akan berguna untuk aktivasi awal dan proses-proses lanjutan pengoperasian produk dikemudian hari.

Malang bagi saya, pengalaman buruk sejak awal saya jumpai. Tak kurang dari setengah hari diantara kesibukan ngelab di kantor, saya memutar otak untuk sekedar bisa membuat ID iTune tanpa modal credit card (cc). Opsi untuk memasukan data cc secara lengkap selalu saja muncul berulag-ulang setiap kali saya mencoba registrasi dari langkah awal dengan harap agar ada opsi lain yang memungkinkan cc tidak menjadi kemestian. bertanya pada rekan yang telah berpengalaman terlebih dahulu seputar persoalan ini, membuat saya makin pusing tujuh keliling karena justru mereka menguatkan fakta bahwa di tahap pengisian metode pembayaran justru terdapat pilihan none, yang menandakan kita tidak membutuhkan cc dalam proses registrasi ID tersebut. Sebaliknya, dalam pengalaman saya, opsi none yang dimaksud tak kunjung tampil.

Saya nyaris putus asa. Saya mencari peluang lain untuk mengatasi permasalahan tersebut, berakhirlah pada ide menggunakan data cc milik istri secara terpaksa, tanpa meminta izin terlebih dahulu (sudah izin setelah berhasil dipakai dan menjamin tidak akan muncul tagihan dari Apple sekecil apapun).

Setelah dipikir-pikir lebih sering disetiap proses mengundu software gratis dari iTune store muncul kekhawatiran soal keamanan cyber. Apakah cc akan aman saat digunakan untuk proses registrasi dan mengundu software gratisan?. Perkara ini relatif baru bagi saya. Nihil, saya baru bisa menduga-duga. Untuk menghilangkan kekhwatiran itu. Saya berinisiatif untuk membuat ulang ID setelah beberapa kali mencari informasi di dunia maya terkait pembuatan ID tanpa cc. Sedikit banyak saya punya gambaran. persis seperti apa yang banyak artikel jelaskan, demikian langkah yang saya lakukan. alhasil, saya masih gagal. Hal serupa ternyata terjadi pada banyak pengguna produk Apple seantero dunia (hal ini saya ketahui dari beberapa sampel komen di banyak artikel terkait hal ini, contohnya)

Akhirnya, baru kemarin saya berhasil membuat ID baru tanpa cc. Dari pengalaman yang saya peroleh, saya bisa menarik satu kesimpulan. Meski hal ini termasuk dalam persoalan kecil dari keseluruhan proses pendaftaran, namun menetukan proses selanjutnya.

1. Pastikan kita benar-benar membuat ID baru. Email yang pernah dipakai dan sempat dimasukkan dalam proses registrasi, walaupun belum berhasil terdaftar, tidak dianjurkan untuk dipakai lagi. sistem akan mengenali email dan tetap dianggap lama.mungkin akan memunculkan kecurigaan sistem dan berakibat hilangnya opsi none

2. Selama proses membuat ID, pastikan data di isi dengan benar dan mengikuti default isian saja.

3. Jika sistem tidak mendapati tindakkan yang mencurigakan, maka pilihan none akan muncul otomatis saat masuk ke proses pemilihan metode pembayaran.

4. Lakukan verifikasi email secepatnya. Saran saya gunakan email yang memang kita peruntuhkan untuk urusan remeh teme seperti ini, jangan gunakan email resmi kita.

demikian, pengalaman saya. semoga bermanfaat. selamat mencoba sobat.
Saya berhasil. Semoga demikian dengan sobat !.

 

Leave a Reply

