[sehari 1 tulisan]

bismillah.

Terpancing oleh sebuah aktivitas salah satu adik tingkat saya di IPB yang ternyata mampu menjaga konsistensi untuk menulis setiap hari, saya bertanya sekaligus menyimpan kagum pada nya. Bertanya seputar bagaimana beliau bisa terus menulis, meski amat sedikit tulisan beliau yang saya sempatkan baca. Dan kagum akan sikap beliau sehingga bisa memiliki sikap disiplin dalam menulis. Kagum atas sikap bajanya dalam menaklukkan proses yang sudah tentu tak ringan ini. Kegaguman saya menyisahkan tanya. Saya bertanya soal bagaimana dia bisa seperti itu. Saya pernah coba, dan sampai hari ini saya gagal belum berhasil. Saya paham sekali, apapun yang melibatkan sikap kontinuitas itu amat berat.Tak hanya dalam urusan menulis. Termasuk terkait sifat baik lainnya. Istiqomah memiliki tantangan tersendiri.

Saat di Korea dahulu saya memulai untuk menanam tekad terlibat dalam dunia blog. Ruh tekad itu hakikatnya adalah tulis menulis. Maka lahir lah blog ini sebagai wujud tekad tadi. Ini bukan merupakan blog pertama dan terkahir. Untuk urusan blog saja, saya sudah beberapa kali pasang dan surut. sudah entah berapa nama blog yang saya buat tak jelas nasibnya kini. Saya memulai aktif blog. Sibuk dengan tampilan. Letih kemudian tak mengupdate konten. Lalu lupa password hingga blog tutup buku dan tak terpelihara lagi. Ditinggal merana!. Sedikit saya menguatkan tekad. Kemudian saya merasakan tekad itu berbuah dengan terpilihnya blog ini sebagai best blog atas beberapa blog milik mahasiswa asing yang berkompetisi dalam program bernama World Student in Korea (WSK). Lepas perhelatan tahun ke 3 program tersebut. Semangat saya sedikit surut. Maka penyakit lama kembalih kumat. Saya menjadi malas untuk menulis atau menambah konten blog. Ada saja alasannya. Ya, memang alasan tidak pernah absen untuk membela diri. Sikap ini baiknya tak diberikan tempat untuk tumbuh di dalam diri kita.

Selepas proses terpancing tadi Saya ingin mencoba untuk menantang diri melakukan hal yang serupa dengan adik kelas saya tadi. Saya ingin melatih diri konsisten pada satu kebiasaan baik. Dan menulis menjadi salah satu aktivitas yang masuk dalam pilihan saya. Saya ingin menulis apa saja dalam satu hari. Saya yakin akan memetik banyak manfaat jika saya bisa berlaku serupa dengan apa yang adik almamater saya lakukan. Saya akan memperoleh banyak hal baik, bahkan Lebih dari sekedar dipuji orang atau mengundang komen orang banyak dari proses menulis 1 tulisan setiap hari ini. insya’allah.

Selain motivasi yang saya sebutkan tadi. Saya ingin kembali membuka manfaat diri melalui proses berbagi. Dan menyebarkan tulisan yang bermanfaat, setidaknya, menjadi cara yang paling mudah untuk dilakukan.

Dengan semangat yang sama untuk memberikan manfaat sekaligus melatih banyak sikap positif atas diri saya, maka dengan sadar hari ini saya nyatakan saya meresmikan program [sehari 1 tulisan] di rumah maya saya ini. Semoga bermanfaat dan tunggu tulisan selanjutnya di bawah category [sehari 1 tulisan].

Bismillah…..Semangat!!!.

Salam

Jaya

Leave a Reply

