[sehari 1 tulisan] Cerita pendek Rumah Sakit Kanker Dharmais, RSKD, Jakarta

Rumah Sakit Kanker Dharmais, RSKD.
Rumah Sakit Kanker Dharmais, RSKD.

Rumah sakit ini sudah saya kenal secara sekilas sejak zaman pemerintahan pak Harto beberapa tahun silam. RSKD bertetangga dengan Rumah Sakit Jantung Harapan Kita. Sekarang RS Jantung Harapan Kita lebih dikenal dengan sebutan RS Harapan Kita karena tak lagi hanya memberikan pelayanan untuk penderita penyakit jantung secara khsus  melainkan untuk semua penyakit. Sebuah kemajuan pelayanan.

Berulang kali pulang balik Curup-Bogor, RSKD juga selalu saya lewati. RSKD berlokasi di seputaran Slipi tepat di sisi Jalan utama penghubung Bandara dengan Jakarta Selatan.

RSKD dikenal juga sebagai pusat penelitian kanker Indonesia. Berbeda dengan tetangganya, RSKD masih konsisten menspesialisasikan diri untuk kanker saja. Setiap kali berkunjung ke RSKD yang menjadi bagian wilayah jelajah saya hari ini, keadaan selalu ramai. Banyak sekali pasien yang datang silih berganti didampingi para sanak dan keluarga. Ada nuansa khas tiap kali berkunjung ke tempat satu ini. RSKD sepertinya menjadi salah satu tempat yang baik untuk kita melakukan kontemplasi dalam menjalani kehidupan ini.

Pagi ini RSKD terlihat masih sepi., amun kondisi RS terlihat sudah siap untuk memberikan pelayanannya secara maksimal. Susana lahan parkir terlihat bersih hingga lobi. Terlihat beberapa post front line RS sudah menunjukkan aktivitas pelayanan. Seperti kebanyakan RS pada umumnya, pelayanan RSKD tak mengenal istilah libur kiranya.

Saya memiliki kesempatan untuk menjadi salah satu anggota tim peneliti yang memberikan perhatiannya kepada salah satu penyakit paling mematikan ini. Saya merasa bersyukur dengan perjalan karier ini. Meski hanya bersifat sementara saya akan berusaha memaksimalkan kontribusi di dunia yang amat dekat dengan nilai-nilai emosional kemanusian ini.

Hari ini saya akan melanjutkan penelitian yang sempat tertunda di minggu kemarin. Baru beberapa minggu saja saya secara resmi bergabung dengan RSKD. Di bagian litbang RS, terdapat beberapa lab yang menjadi motor pendukung pelayanan RS. Secara umum litbang membagi area kerjanya menjadi dua bagian besar: 1) bagian pelayanan dan 2) bagian penelitian. Saya kebetulan berada di bagian penelitian.

Masuk ke dalam lab molekular RS, memutar ulang kenangan saya saat berada di lab  di negara Gingseng dahulu. Resik, Rapi dan berusaha menerapakan standar Good Laboratory Practice yang ada. Selain itu alat sekelas PCR tersedia tak kurang dari 5 unit. Beberapa instrumen molekular lainnya termasuk yang tercanggih di kelasnya. Sungguh sebuah model lab idaman para peneliti. Alhamdulillah, Allah beri saya kesempatan untuk bersentuhan langsung dengan atmosfir lab seperti ini.

Saya bermimpi ingin sekali bersentuhan dengan dunia biomedis. Allah memberi jalan itu saat saya sedang melanjutkan studi S3 di Indonesia. Setiap pilihan ada kosekuensi memang. Terlibat dalam penelitian di Dharmais menajdi tantangan tersediri bagi saya. Dharmaisi di Jakarta, sementara saya menempuh studi di Bogor. Kadang saya harus menghabiskan waktu sekitar 6 jam perjalan untuk rute pulang dan pergi. Sesekali terasa cukup penat. Mengingat sebuah mimpi dan cita-cita, semua harus dinikmati.

semoga saya bisa melewati ini semua dan menuai hasil yang menjadi sunahtullahnya. amin

 

Leave a Reply

