PT. PERINUS cab Bitung, Sulawesi Utara

Ceritanya saya sekarang mau merapikan banyak file di laptop. Maka file yang dirasa kurang penting dan tidak terpakai lagi akan dihapus atau dipindahkan ke HD.

Saya menemukan file foto teman-teman Prinus cabang Bitung. Saya jadi ingat beberapa cerita yang saya temui ketika beberapa kali kunjungan ke Bitung untuk keperluan riset. Alhamdulillah Allah memberikan kesempatan kepada saya untuk mengenal dunia perikanan Indonesia lebih jauh melalui BUMN satu ini. Sebagai lembaga mitra penelitian, saya memiliki akses yang cukup luas ke Prinus. Di sela-sela tugas, saya dan rekan dari Prinus sering berbagai cerita seputar apa saja yang kami anggap menarik ketika itu. Oh ya Prinus itu adalah BUMN perikanan. Jadi selain ada kementrian perikanan yang dikomandoi Ibu Susi. Untuk urusan perikanan, Indonesia juga memilikiĀ sarang jawaranyanya bernama Perikanan Nusantara. Dalam pengamatan saya di lapangan, Perinus ini lebih spesifik amanah kerjanya. Mereka memiliki pelabuhan ikan yang jenisnya dispesifikan dengan lokasi cabang yang ada. Untuk cabang Bitung, Sulawesi Utara, Prinus menjagokan Tuna ekor kuning dan Biru. Bisa sobat lacak sendiri di dunia maya ada berapa banyak cabang Prinus di seluruh Indonesia. Selain itu Prinus juga mengelolah bengkel dock kapal, pelabuhan dan manajemen nelayan terkait dengan usaha pengumpulan ikan untuk diolah menjadi produk atau dijual langsung nantinya. Dengan demikian Prinus juga memiliki kapal penangkapan ikan komersil yang cukup banyak.

Berikut ini beberapa dokumentasi Perinus cabang Bitung.

Kantor sedehana Prinus Bitung. Kantor ini bertetanggaan dengan DKP, bahkan beberapa bagian tanah Prinus yang cukup luas sebagian akan dibeli DKP untuk pengembangn pelabuhan perikanan yang merka kelolah. Pihak Prinus pun merasa perlu melalukan efisiensi kepemilikan aset tak bergerak guna melakukan pengmbangan BUMN jangka panjang. Kabarnya Perinus juga memiliki mimpi untuk membangun kawasan pengelolaan pelabuhan tangka ikan yang merujuk standar sistem Eropa. Good Luck!

Leave a Reply

