Alat penyimpan makanan tanpa listrik, inspirasi alam yang mengesankan!

windchill 1.jpg
Alat ini diikut sertakan dalam ajang lomba tahunan berjudul Biomimicry Global Design Challenge 2015 dan berhasil meraih gelar sebagai pemenang untuk kategori mahasiswa. Gagasan ide terlahirnya alat ini diotaki oleh 4 orang mahasiswa dari Universitas Caligary, Canada. Mereka prihatin dengan fakta secara global tentang makanan yang selalu mengalami kerusakan selama proses penyimpanan.

Mereka mencoba mencari inspirasi di alam dan mereka menemukan jawabannya dari Koral, Serangga, Kangguru dan Gajah. Mereka berhasil mempersembahkan alat penyimpan makanan bersuhu 40 derajat farenhit tanpa menggunakan listrik sama sekali. mereka memanfaatkan angin dan tanah sebagai aktor  utamanya. Mungkin prinsip ini amat dasar dan semua orang pernah tahu. Tapi mereka menjadi orang pertama yang mampu melihat peluang dengan kaca mata kreatif dan applikatif. Mereka berhasil dan berhak mengantongi uang senilai $ 5.000 (sumber).

windchill 2.jpg
Perhelatan perlombaan sain dunia yang menitik beratkan pada ide-ide inspiratif dari alam ini disponsori dan digagas sejak kelahirannya oleh yayasan Ray C. Anderson. Pak Ray (1934-2011) sendiri adalah sosok pelaku bisnis dunia industri yang cukup memiliki nama di masanya. Cerita yang terkenal tentang beliau adalah terkait dengan sepenggal pernyataan sarat nilai kontemplasi praktisi industrialisasi akan sebuah pengakuan bahwa industri selalu saja lebih banyak membawa efek negatif kepada lingkungan ketimbang melindunginya, “Spear in the chest”!. Sebuah titik balik bagi sosok Pak Ray yang selepas membaca buku Paul Hawken berjudul The Ecology of Commerce, akhirny mendedikasikan sisa hidupnya untuk lebih peduli dengan alam melalui jalan profesionalnya: dunia industri. Dan perhelatan Biomimicry Global Design Challenge serta yayasan Ray C. Anderson adalah sedikit dari peninggalannya yang bercerita tentang bagaimana ia memiliki keinginan yang besar berkontribusi dalam rangkaian gerakan kembali mengahdirkan lingkungan yang baik untuk anak cucu manusia (sumber)

berikut ini bagaimana alat penyimpan makanan yang terinspirasi dari serangga, koral, kangguru dan gajah ini divisualisaikan. selamat menyimak. selamat memancing pertanyaan lebih jauh. dan semoga kita terinspirasi untuk berkreatifitas melalui cara yang sama. Bukankah bangsa kita memilik padang yang amat luas terbentang dan mejadi guru sejak ratusan tahun lalu?

windchill 3.jpg

deskripsi dalam video (sumber)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s