NemID, sistem sekuritas dunia maya untuk semua

Di Indonesia kita mengenal istilah token untuk sistem sekuritas perbankan. Namun token hanya berguna dan memang dikeluarkan oleh bank untuk nasabahnya. Berbeda dengan Indonesia, Denmark memiliki sistim sekuriti aktivitas penting dunia maya yang multifungsi atau satu sistem sekuriti untuk semua aktivitas penting dunia maya yang meliputi perbankan, post digital yang berbasis self-service dan aktivitas koneksi lain dari berbagai pelayanan publik yang mensyaratkan nemID sebagai pintu aksesnya (sejauh ini yang saya tahu adalah pelayanan rumah sakit ketika kita melakukan korespondensi tidak langsung atau kontak selain menggunakan telpon)

Seperti yang saya sebutkan di atas, NemID ini prinsip kerjanya mirip dengan sistem token di Indonesia. Kita memiliki username, password dan sepaket kombinasi nomor yang pengoperasiannya mirip dengan sistem kerja token. Bedanya, jika token sudah digital namun NemID masih menggunakan sistem manual. Sehingga kita akan dibekali sebuah kertas berlaminanting rapi yang berisi kode idetifikasi kartu NemID kita dan serangkaian angaka kombinasi yang kita perlukan setiap melakukan aktivitas dunia maya di beberapa pelayan yang saya sebutkan di paragraf sebelumnnya. Seingat saya, salah satu bank syariah di Indonesia masih menggunakan sistem token manual yang cara kerjanya mirip dengan NemID di Denmark ini.

nemid

Dari mana NemID bisa diperoleh?

Secara resmi NemID dapat diperoleh dari Commune atau Municipality (kantor administrasi kotamadya). Kita harus datang secara langsung ke Commune untuk memperolehnya. Iya! pengajuan pebuatan NemID tidak bisa diwakili! Adapun persyaratannya adalah selain datang secara langsung, kita wajib membawa passport, kartu CPR dan Kartu izin tinggal. Berdasarkan pengalaman saya, NemID dikirimkan ke alamat rumah secara langsung beberapa hari setelah kita datang ke Commune untuk mengajukan dikeluarkannya NemID. Pengalaman berbeda dijumpai istri saya. Beliau langsung bisa membawa pulang nemID dihari yang sama ketika beliau datang ke Commune untuk membuat NemID. Asusmi saya perbedaan ini terjadi karena kami memiliki perbedaan kondisi administrasi. Saya, saat mengajukan nemID masih belum memiliki kartu fisik CPR karena memang baru mendarat sedangkan Istri sudah mengantongi NemID karena memang sudah 6 bulan tinggal di Denmark. Selain Commune, NemID juga bisa didapatkan di bank dimana kita membuka account. Jadi selain memiliki fungsi yang beragam NemID kelihatannya juga dikelolah secara bersama oleh pihak-pihak yang memiliki kepentingan tehadapnya. Benar-benar mencerminkan integrasi sistem admistrasi yang matang, menurut saya.

Ingin tahu lebih banyak tentang NemID?  Siapa tahu bisa menjadi inspirasi bagi rekan2 yang mengeluti sistem sekuritas pelayanan publik berbasis internet. Silahkan kulik secara bebas informasi detilnya di sini.

terima kasih atas perhatiannya.

Salam dari negeri paling bahagia di dunia, Denmark🙂

5 thoughts on “NemID, sistem sekuritas dunia maya untuk semua

    1. syahjayasyaifullah says:

      assalammu’alikum wrwb.

      Brother! apa kabar? masih di Tasik? saya baru pulang sekitar bulan Mei kemarin. Ngomong2, gimana saya bisa kontak antum secara pribadi? mau ngobrol sama Sendi nih

      mudah2an balasan ini Sendi baca lagi

  1. sendi says:

    waalaikum salam warohmatulloh wabarokatuh .. baik .. email sj akh … mau komentar kan diminta email … pasti ada di dashboard wordpress

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s