Lapor diri di KBRI Denmark yang semakin praktis

Langkah praktis lapor diri

1. Foto/ scan halaman passport yang berisi data pemegang passport (laman depan yang memuat foto pemegang passport) dan laman belakang berisi alamat. Pastikan foto yang dikirimkan memiliki kwalitas yang baik.

2. Kirim foto tersebut ke email konsuler@kbricph.dk dengan subjek: Lapor Diri_nama pelapor

3. Membawa passport ketika memiliki kesempatan ke kbri pada jam kerja. Passport akan dibumbuhi cap sebagai tanda resmi lapor diri, tak lebih dari 1 bulan pengiriman poin 1. Pada kesempatan ini, pelapor juga diminta untuk mengisi formulir lapor diri yang disiapkan pihak kbri.

4. Lapor diri tidak dikenakan biaya apapun.

Setiap WNI yang memasuki wilayah Denmark dan berniat untuk menetap dalam kurun waktu cukup lama memiliki kewajiban untuk melapor diri ke KBRI. Hal tersebut sesuai dengan UU no 23 tahun 2006 tetang administrasi kependudukan pasal 18.

Lapor diri diperlukan agar perwakilan RI di Denmark dalam hal ini KBRI memiliki data yang senatiasa terupdate sehingga dalam kondisi darurat dan bila ada informasi penting untuk diketahui WNI dapat disebarkan secara langsung tanpa kendala yang berarti. Untuk itulah data-data yang diisikan dalam proses lapor diri dianjurkan selalu diperbaharui bila terjadi perubahan.

Seyogyanya lapor diri dilakukan WNI yang baru datang dengan cara langsung mengunjungi KBRI di Hellerup. Warga datang membawa passport dan mengisi formulir yang disediakan KBRI. Untuk WNI berdominsili di Denmark dalam rangka kerja dan belajar diharapkan memberikan informasi yang lengkap terkait aktivitasnya tersebut. Informasi itu akan berguna bagi KBRI dalam membuat pemetaan sebaran SDM WNI potensial di Denmark yang bagi negara merupakan aset tak ternilai.

Bagian konsuler KBRI sedang melakukan pengembangan sistem pelayanan online. Meskipun sistem masih dalam tahap persiapan, khusus proses lapor diri, konsuler telah menyiapkan prosedur temporer yang dapat digunakan oleh WNI agar tak lagi menunda-nunda proses lapor diri karena alasan jarak dan terbatasnya waktu.

Adapun proses lapor diri versi online sementara itu dapat dijelaskan sbb:

1. Foto/ scan halaman passport yang berisi data pemegang passport (laman depan yang memuat foto pemegang passport) dan laman belakang berisi alamat. Pastikan foto yang dikirimkan memiliki kwalitas yang baik.

2. Kirim foto tersebut ke email konsuler@kbricph.dk dengan subjek: Lapor Diri_nama pelapor

3. Membawa passport ketika memiliki kesempatan ke kbri pada jam kerja, tak lebih dari 1 bulan pengiriman poin 1. Pada kesempatan ini, pelapor juga diminta langsung mengisi formulir lapor diri yang di siapkan pihak kbri.

4. Lapor diri tidak dikenakan biaya apapun.

Demikian informasi ini dapat saya rangkumkan buat sobat semua dan semoga bermanfaat.

Bagaimana? Lapor diri segampang posting status di FB kan? Tak ada lagi alasan menunda lapor diri jikalau begitu!

Catatan: Tulisan ini adalah hasil obrolan pribadi penulis dengan pak Arya selaku Pelaksana Fungsi  Konsuler KBRI Denmark

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s