Memantau ketersedian sepeda dari jauh

Pernah lihat iklan mesin pencari google yang sempat viral diklaim sebagai kemajuan paling mutahir dalam dunia persepedaan di Belanda? Iklan dibuat begitu meyakinkan. Dibuka dengan sebuah sepeda yang bergerak sendiri dan berjalan dalam keadaan stabil. Saking stabilnya, kelak akan dijumpai pengendara bisa melakukan aktivitas melibatakan kedua tangan seperti mengetik dengan laptop dll sembari mengendarai sepeda. Bahkan video juga dilengkapi dengan wawancara singkat dari beberapa tokoh yang memiliki kaitan langsung dengan dunia persepedaan Belanda. Saya sempat ikut menyebarkan video ini karena takjub. Namun setelah mendapat komen yang meminta saya untuk mengecek kebenaran video itu. Saya langsung bergerak cepat mengikuti saran dari seseorang yang saya kenal dan hasilnya tak perlu menunggu waktu lama video itu saya remove. Benar saja! Video itu memang dibuat Google namun sayangnya semua materi video adalah rekayasa. Google membuatnya dalam rangka merayakan april mop 2016. Ada-ada saja, berbohong dirayakan secara suka cita di dunia ini sekarang dan naasnya tak sedikit mereka yang muslim merayakan hal serupa tanpa mengerti maksudnya. Atas nama having fun semua jadi serba boleh. 

Pada tulisan kali ini saya ingin mengobati sedikit rasa kecewa terkait video bohongan tadi. Ekspektasi kemajuan penggunaan sepeda di dunia masih menarik minat saya. Dan sedikit demi sedikit saya dengan mudah menemukannya Di Denmark.


Kita mulai dengan sistem GPS pada sepeda sewaan.  Di Denmark sudah terdapat sepeda rental yang memiliki sistem digital cukup mapan. Sepeda ini dilengkapi layar di bagian stangnya. Layar ini berguna untuk melakukan aktivasi penyewaan yang terdiri dari pembukaan kunci, aktivasi kode, dan mencantumkan informasi identitas sepeda dan hal-hal penting lainnterkait penyewaan sepeda. 

Selain itu, sepeda ini juga dapat dipantau keberadaannya dari jarak jauh. Jadi calon konsumen dapat mengetahui ketersediaan sepeda sewaan di titik pool parkir sepeda sewaan terdekat dengan titik dimana dia berdiri sejak masih berada dalam stasiun metro. Seakan menjunjung tinggi prinsip integrasi transportasi umum dan karena sepeda juga telah masuk daftar tetap opsi transportasi publik di Denmark, maka lokasi penyewaan sepeda akan selalu mudah ditemui di titik-titik strategis keramaian. Biaya sewanyapun terbilang murah, hanya 25 kron selama satu jam penyewaan sebuah sepeda kota yang nyaman. Jika sudah demikian, siapa sih yang tak tertarik menikmati Copenhagen dengan bersepeda. Kota besar di Indonesia, tiru yuk!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s