MobilePay Danske Bank, alternatif transaksi yang memukau!

MobilePay adalah applikasi pembayaran yang dikeluarkan oleh Danske Bank Denmark. Info lengkap dan sejarah singkat kelahiran MobilePay bisa dilihat di sini. Melalui MobilePay, kita bisa membayar belanjaan di toko yang memiliki fasilitas pembayaran ini (saya belum coba) dan menurut info yang ada bahkan untuk toko atau gerai tertentu membayar dengan MobilePay akan mendapat bonus atau fasilitas tambahan lainnya yang tidak akan diperoleh jika kita melakukan pembayaran dengan cara biasa. Pengoperasian MobilePay pun cukup ramah pengguna atau dengan kata lain mudah untuk dilakukan.

Saya terkesan cara kerja MobilePay dalam hal pengiriman uang. Tidak ada biaya untuk segala jenis pengiriman uang baik sesama Dasnke Bank maupun bank lain di Denmark. Namun saya belum pernah coba jika pengiriman uang dilakukan antar negara. Apakah bisa dan bebas biaya juga? Ngomong2 soal mengirim uang antar bank yang gratis, saya jadi ingat seorang mahasiswa UI yang menemukan applikasi sejenis dan sekarang telah mengembangkannya menjadi applikasi yang tak kalah memukau. Semoga bisa selalu menjadi solusi di tengah banyaknya PR bangsa kita tercinta. Uniknya, kehadiran MobilePay yang banyak gratisnya justru disupport secara serius pengembangannya oleh Bank yang jika nasabah melakukan pengiriman uang antar bank secara langsung di kantor mereka justru dikenakan biaya. lalu kalo hanya mengacu pada hitungan bisnis ngapa applikasi yang membuka peluang besar proses tanpa biaya justru dikembangkan ya? Bukannya bank nanti akan kehilangan sumber pendapatan? entahlah, bukan kapasistas saya membahas soal ini.

Oh ya MobilePay, basis accountnya adalah nomor Hp pemilik account bank. Pemilik wajib menginstal applikasi di telpon genggamnya. lalu melakukan registrasi nomor HP. membuat koneksi antara account MobilePay yang tak lain nomor HPnya dengan account bank yang dimiliki. Setelah itu langsung bisa dilakukan untuk aktivitas transaksi keuangan seperti: membayar belanjaan di toko, saling transfer uang ke sesama pengguna MobilePay (sejauh ini itu yang sudah saya lakukan). Terkait sistem keamanan, MobilePay hanya mengandalkan kombinasi pin layakanya kartu atm. dan pin MobilePay tak mesti sama dengan PIN kartu atm atau cc yang kita koneksikan dengannya.

Sejauh ini, sebagai penggunan MobilePay amatir (baru kurang dari 1 bulan) saya merasa tertolong dengan fasilitas pembayaran aplikasi satu ini. Semoga informasi ini bisa menjadi inspirasi buat teman2 pengembang aplikasi perbankan di Indonesia. Terutama teman2 yang konsen dengan dunia perbankan syariah.

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s