Ammar diajari melek buku sejak dini

Pulang dari kantor sore ini saya ditunjukkan istri sebuah oleh-oleh yang diberikan oleh nurse Dorthe kepada Ammar. Coba tebak apa oleh-olehnya? Ya! sebuah buku saku berwarna menarik dengan bahan kertas tebal seperti buku-buku khas untuk para balita di tanah air.

Istri mengulang percakapan yang terjadi antara mereka saat Dorthe memberikan buku ini tadi pagi.

“apakah perpustakaan Dargør telah memberikan buku ini kepada mu?” tanya Dorthe sambil menujukkan sebuah buku dengan cover bergambar seekor anak gajah biru yang sedang bermain cat.

“Ehmmmm….belum saya kira” jawab istri cepat.

“baiklah jika begitu akan saya berikan buku itu untuk Ammar. Saya akan meminta ganti buku yang sama kelak jika punya waktu luang mengunjungi perpustakaan”

“Ammar sudah bisa membaca buku?” istri mulai terpancing rasa ingin tahunya yang selalu menggebu-gebu terkait perkembangan anak kami.

“Eeeee….bukan membaca tepatnya. Tapi ini merupakan usaha kita untuk memperkenalkan buku kepadanya sejak dini. Kamu hanya perlu membuka buku dan menempatkannya di samping Ammar ketika ia berbaring dalam keranjangnya. Tapi dalam beberapa minggu kedepan Ammar baru bisa membedakan kesan hitam dan putih saja. Ini akan sangat baik untuk Ammar”

istri  menganguk-angguk tanda paham apa yang harus dilakukannya.

Saya tersenyum mendengar cerita yang disampaikan istri dan seperti biasa kami selanjutnya akan terlibat obrolan menarik sembari menyantap makan malam.

***

Sebuah buku kecil berjenis buku saku menjadi buku pribadi pertama Ammar. Sedangkan suara rekam pertama yang didengar Ammar adalah tilawah quran yang kami putar saban hari. Semoga Ammar menjadi seorang yang faqih agama dan berwawasan ilmu dunia yang luas ketika besar kelak. Tumbuhlah menjadi hambah Allah yang membawa kedamaian nak. Aamiin.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s