Koneksi internet dengan Apple

Hari ini menemukan kejutan baru dari Apple yang sudah menemani saya nyaris satu tahun ini. Sebenarnya sudah berharap sejak dulu sih, tapi baru kesampaian hari ini. Dulu saya membayangkan jika laptop bisa terkoneksi internet hanya dengan menyambungkannya ke handphone yang memiliki koneski internet.Sempat mencari tutorial bagaimana mengupayakan hal tersebut. Tapi mungkin karena belum jodoh ya tidak berhasil juga. Akhirnya baru kesampaian hari ini dan itupun tanpa mengotak atik apa-apa 🙂 Alhamdulillah.

Bagimana caranya?

Saya cukup menghubungkan device ke laptop dengan menggunakan kabel data seperti saat kita akan mengcharge hp ke laptop atau komputer. Lalu izinkan sistem dari device bekerja secara otomatis. Tak beberapa lama, kita akan melihat ikon gambar screen dan kabel di pojok kiri bawah layar (lihat gambar 1)

ikon-kokenksi-internet-dengan-device
Gambar 1. ikon yang memberikan info bahwa laptop sudah terkoneksi internet kerena tersambung device yang memiliki koneksi internet (simbol diapit simbol bendera dan simbol warna hijau

 

Dengan fasilitas ini, saya tidak perlu repot-repot lagi menyalahkan personal hot spot yang biasanya akan sangat menguras muatan batere hp (karena mengandalkan fasilitas wifi dan bluthooth secara bersamaan). Fasilitas ini sangat membantu terutama saat saya melakukan perjalanan dan saya ingin menghubungkan laptop ke jaringan internet sementara bus yang digunakan tidak menyediakan wifi gratis.

Selanjutnya muncul pertanyaan di benak saya. Apakah fasilitas ini bisa juga digunakan saat saya menggunakan operator layanan (atau kartu sim) yang secara kemampuan memang tidak bisa personal hot spot. Jika bisa, maka hal ini bisa menjadi solusi bagi rekan2 di Denmark yang sudah terlanjur menggunakan operator yang dikenal tidak menyedia fasilitas personal hot spot.

Demikian tip dan trik hari ini. semoga bermanfaat sobat!

Mungkin sobat yang mengerti bagaimana sistem teknologi informasi bekerja bisa meberikan tamabahan penjelasan bagaiman sistem koneksi internet atar hp dan laptop ini bekerja.

Salam sinergi!

Leave a Reply

