Main “merakit puzzle atau blok”

Siapa tak kenal Lego? Mungkin semua tahu. Siapa yang tahu kalo Lego memiliki rumah kelahiran di Denmark? Mungkin sedikit saja yang menyadarinya. Ya…Lego, produk mainan bongkar pasang dan taman bermain atau amusement park adalah dua contoh produk ciptaan perusahaan yang menjadi kebanggaan sekaligus salah satu perusahaan raksasa milik negara jembatan area Nordik dan Eropa daratan ini. Sejarah bagaimana pendiri Lego melahirkan Lego hingga menyebar ke seluruh pelosok dunia dapat sobat tonton secara bebas di internet. Cukup menginspirasi terkait membangun spirit wirausaha mandiri, menurut saya.

Tulisan kali ini, saya bukan ingin membahas soal Lego. Saya ingin cerita singkat soal aktivitas saya beberapa hari terakhir karena baru pindahan. Selama ini kami tinggal di sebuah rumah sewa indah dan full furnished di daerah Dargør. Karena beberapa pertimbangan awal tahun 2017 ini kami memutuskan pindah lebih mendekat ke kampus. Allah perkenankan doa kami. Kami mendapat sebuah rumah yang bertetangga dengan Great Mosque of Copenhagen dan rumah ini disewakan dalam kondisi kosong alias unfurnished.

Jadi, sesaat setelah pindah kami harus memikirkan langkah apa yang akan dilakukan untuk memasukkan barang2 ke rumah agar rumah secara optimal memenuhi perannya: pusat aktivitas keluarga yang nyaman.

Setelah melalukam mini riset, istri merekomendasikan saya untuk memebeli perabotan koleksi IKEA. Saya menyetujui. Kami sepakati jadwal mengunjungi IKEA dan pengalaman pertama penuh sensasi “menakjubkan” belanja perabotan di IKEA Denmark dapat saya buatkan listnya di bawah ini:

1. Biaya kirim barang belanjaan dengan jasa IKEA dapat seharga satu perabotan. Hari pengiriman sama dengan hari belanja akan bernilai sepertiga dari harga jika kita inginkan pengiriman beberapa minggu setelah hari belanja. Waduh…lumayan…hitungannya tekor.

2. IKEA menyediakan jada simpan barang.  Mungkin ini alasan dibalik fakta no.1. Barang nginap, diperlakukan seperti tamu di hotel. Ahay. Keren sekali barangnya!

3. Konsep belanja dan toko IKEA Denmark persis seperti beberapa IKEA di Dunia: HK, MLY, dan IND. Kan satu payung, IKEA ya…khasnya itu! Selain disain juga konsep dispay yang asyik buat background foto keluarga.

4. Nah ini yang beda! Di sini semua tenaga manusia mahal! Jadi saat belanja jangan berharap mau “manja-manja” kepda shop keepers atau sales atau apapun namanya. Mereka melayani kita seperluhnya. Dapat yang mau berlama-lama adalah bonus! Pertanyaan pamungkad mereka “ada hal lain yang Anda ingin tanyakan” jika kita jawab tidak, dia akan kabur langsung!

Selain itu jangan harap barang belanjaan kita diambilkan. Dari petugas per kategori produk kita akan dibekali selembar kertas berisi lokasi produk pesanan kita. Dan silahkan berburu sendiri! Jika barang2 kecil kita bisa ambil di sekitar display. Kebayang barang besar seperti lemari ya? Dengan troli khusu silahkan berburu harta karun yang tidak gratisan!

Keunikan belum habis saudara2! Barang IKEA adalah produk knock down atau bongkar pasang. Jadi ketika akan membeli lemari kita akan dapatkan produk dalam bentuk bagian2 lemari yang belum dirakit! Nah kerjaan merakit inilah yang menarik. Kita yang sudah gede ini akan merasakan manfaatnya permainan rakit merakit (apapun jenisnya) saat masih ingusan dulu. Pangilan masa lalu aktif kembali :).

Jadilah saya dan istri bahu membahu menghabiskan waktu diantara serakan papan, perlatan merakit, bekas kardus dll. Istri yang suka penasaran tidak mau menyerah sampai waktu batas resmi dihentikannya aktivitas menimbulkan suara gaduh yang diatur pengelolah apartemen saja akhirnya menghentikan kami.

Sudah menjelang 2 hari penuh, rumah belum rapi juga. Repot dan mengahabiskan waktu, tapi main sambil belajar dan nostalgia masa kecil siapa takut!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s